Kaum Muslimin Wajib Tahu. Inilah 10 Keutamaan Sedekah

By HAERIAH SYAMSUDDIN - Thursday, May 23, 2019




Bersedekah merupakan amalan saleh yang sangat dianjurkan dikerjakan di bulan Ramadhan. Pada dasarnya, seorang muslimin haruslah dermawan dan tidak pelit. Nah, sikap mulia ini harus lebih lagi di bulan Ramadhan. Hal ini sebagaimana yang dicontohkan nabi kita, Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam.

Dari Ibnu Abbas radhiallahu’anhuma, 

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang paling dermawan. Dan beliau lebih dermawan lagi di bulan Ramadhan saat beliau bertemu Jibril. Jibril menemuinya setiap malam untuk mengajarkan Al Qur’an. Dan kedermawanan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melebihi angin yang berhembus. (HR. Bukhari)

Salah satu hal yang membuat seseorang termotivasi melakukan sesuatu adalah setelah mengetahui akan keutamaan sesuatu tersebut. Demikian juga dengan sedekah. Nah, agar kita semakin bersemangat bersedekah, berikut beberapa keutamaan amalan saleh tersebut.



1. Sedekah Dapat Menghapus Dosa

Bersedekah yang dilakukan dengan ikhlas dan hanya mengharapkan rida Allah semata dapat menjadi sarana penghapusan dosa. Ibarat air, sedekah adalah pemadam dosa-dosa tersebut.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya:

Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.”(HR. Tirmidzi)


2. Mendapatkan Naungan di Hari Akhir

Kelak, akan ada 7 golongan manusia yang akan mendapatkan naungan di hari kiamat. Saat itu, tak ada naungan selain naungan dari Allah Azza wa Jalla. Nah, salah satu dari 7 golongan tersebut adalah mereka yang senantiasa bersedekah dengan ikhlas. 

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Tujuh golongan yang dinaungi Allâh dalam naungan-Nya pada hari di mana tidak ada naungan kecuali naungan-Nya:
(1) imam yang adil,
(2) seorang pemuda yang tumbuh dewasa dalam beribadah kepada Allâh,
(3) seorang yang hatinya bergantung ke masjid,
(4) dua orang yang saling mencintai di jalan Allâh, keduanya berkumpul karena-Nya dan berpisah karena-Nya
(5) seorang laki-laki yang diajak berzina oleh seorang wanita yang mempunyai kedudukan lagi cantik, lalu ia berkata, ‘Aku benar-benar takut kepada Allâh.’
(6) seseorang yang bersedekah dengan satu sedekah lalu ia menyembunyikannya sehingga tangan kirinya tidak tahu apa yang diinfaqkan tangan kanannya, serta
(7) seseorang yang berdzikir kepada Allâh dalam keadaan sepi lalu ia meneteskan air matanya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

3. Memberi Keberkahan Pada Harta yang Dimiliki


Banyak orang yang enggan bersedekah karena meyakini bahwa sedekah hanya akan menghabiskan atau mengurangkan hartanya. Akibatnya, ia enggan berbagi dan memberi kepada orang lain dari harta yang dimilikinya.
Padahal, jika ia mengetahui akan hakikat bersedekah, ia akan membuang jauh-jauh pikiran salah tersebut. Bukankah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.” (HR. Muslim)

Harta yang disedekahkan akan memberikan keberkahan pada harta ataupun kehidupannya. Keberkahan dapat berupa dijauhkannya kita dari marabahaya, dimudahkannya rezeki kita, dan sebagainya. Inilah keberkahan yang berlipat-lipat ganda nilainya.

4.  Masuk Surga Lewat Pintu Khusus

Setiap manusia pasti menginginkan masuk surga kelak. Tahukah kita, surga memiliki beberapa pintu. Pintu-pintu ini kelak akan memanggil siapa saja yang berhak untuk melewatinya. Nah, salah satu dari pintu itu adalah pintu sedekah.

Orang memberikan menyumbangkan dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga: “Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan”. Jika ia berasal dari golongan orang-orang yang suka mendirikan shalat, ia akan dipanggil dari pintu shalat, yang berasal dari kalangan mujahid, maka akan dipanggil dari pintu jihad, jika ia berasal dari golongan yang gemar bersedekah akan dipanggil dari pintu sedekah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

5. Pembebas Dari Siksa Kubur

Kaum muslimin percaya pada adanya siksa kubur. Siksa kubur adalah siksaan yang diberikan kepada seseorang yang telah meninggal dunia. Siksa kubur ini amat pedih. Oleh karena itu, kita diperintahkan untuk berlindung darinya. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan banyak-banyak bersedekah. 

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, yang artinya:
Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur.” (HR. Thabrani)


6. Dijauhkan Dari Api Neraka

Siapa pun, pasti tak ingin merasakan pedihnya siksa api neraka. Oleh karena itu, bersedekahlah! Senantiasalah melakukan perbuatan ini, meski hanya sedikit. Sesungguhnya, semakin banyak sedekah yang dilakukan, semakin jauh kita dari jilatan api neraka. 

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, yang artinya:

Jauhilah api neraka, walau hanya dengan bersedekah sebiji kurma. Jika kamu tidak punya, bisa dengan kalimah thayyibah” (HR. Al Bukhari dan Muslim)

7. Merasakan Kebahagiaan 

Bagaimana rasanya bersedekah? Apa yang kita rasakan ketika memberikan sesuatu yang menurut kita biasa-biasa saja, tetapi ternyata sangat bermanfaat bagi orang lain?

Saya yakin, saat itu kita pasti merasa sangat berbahagia. Tentang keadaan ini, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah menjelaskannya dengan memberi perumpamaan antara orang dermawan dan kikir.

Perumpamaan orang yang pelit dengan orang yang bersedekah seperti dua orang yang memiliki baju besi, yang bila dipakai menutupi dada hingga selangkangannya. Orang yang bersedekah, dikarenakan sedekahnya ia merasa bajunya lapang dan longgar di kulitnya. Sampai-sampai ujung jarinya tidak terlihat dan baju besinya tidak meninggalkan bekas pada kulitnya. Sedangkan orang yang pelit, dikarenakan pelitnya ia merasakan setiap lingkar baju besinya melekat erat di kulitnya. Ia berusaha melonggarkannya, tetapi tidak bisa. (HR. Bukhari)

Benar sekali, bukan? Ketika kita bersedekah, akan hadir rasa senang, bahagia, serta lapang dada. Kita seolah bisa merasakan kebahagiaan yang dirasakan orang yang telah kita bantu. Sebaliknya dengan rasa kikir. Semakin kita kikir, rasanya semakin sulit untuk memberi dan merasakan kebahagiaan. Bukan begitu?

Poin-poin di atas adalah keutamaan sedekah di luar bulan Ramadhan. Nah, ternyata bersedekah di bulan Ramadan, keutamaannya jauh lebih besar. mau tahu apa sajakah itu ? Langsung cuss....

8. Jaminan Surga Bagi Yang Menggabungkan Sedekah dengan Shalat Malam

Sesungguhnya di surga terdapat ruangan-ruangan yang bagian luarnya dapat dilihat dari dalam dan bagian dalamnya dapat dilihat dari luar. Allah menganugerahkannya kepada orang yang berkata baik, bersedekah makanan, berpuasa, dan shalat di kala kebanyakan manusia tidur. (HR. At Tirmidzi dan Ibnu Hibban)


Dalam hadits di atas, ada tiga amalan kebaikan yang biasanya kita lakukan di bulan Ramadhan, yaitu memberi buka puasa (bersedekah makanan), berpuasa, serta shalat malam (tarawih/tahajud)

Nah, ketika amalan-amalan ini semuanya dikerjakan, balasannya adalah surga.

9. Tambahan Pahala Puasa Orang Lain


Maukah kita mendapatkan pahala orang yang sedang berpuasa Ramadhan, tanpa mengurangi pahala orang tersebut? Jika iya, bersedekahlah dengan cara memberi makan orang yang berbuka puasa. 

 Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Orang yang memberikan hidangan berbuka puasa kepada orang lain yang berpuasa, ia akan mendapatkan pahala orang tersebut tanpa sedikitpun mengurangi pahalanya. (HR. At Tirmidzi)

10. Lebih Mudah Bersedekah di Bulan Ramadan

Ketika bulan Ramadhan tiba, rasanya kita mendadak menjadi orang yang dermawan. Dengan mudah kita berbagi apa saja, sesuatu yang mungkin sulit dilakukan di hari-hari biasanya.

Hal ini merupakan makna dari hadits berikut,

“Jika datang bulan Ramadhan, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup dan setan-setan dibelenggu.” (HR. Bukhari  dan  Muslim)

Ya, ketika Ramadan datang, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan-setan dibelenggu. Dibukanya pintu surga dapat bermakna dimudahkannya orang-orang melakukan amal kebaikan di waktu tersebut. Ini adalah nikmat dan karunia dari Allah untuk hamba-hamba-Nya yang beriman. 

Demikianlah 10 manfaat bersedekah, baik secara umum maupun khusus di bulan Ramadan. Semoga kita semakin terpacu untuk senantiasa bersedekah, sesuai kemampuan kita. Ingat, sedekah tak harus menunggu kita kaya raya bak Princess Timur Tengah. Se-missqueen apa pun kita, sedekah tetap bisa diberikan.

Semangat berbagi dan bersedekah.

***


Referensi:


muslim.or.id


  • Share:

You Might Also Like

20 komentar

  1. MasyaAllah, semoga kita termasuk orang yang mampu bersedekah dengan tangan kanan tanpa terlihat oleh tangan kiri, semoga ke ikhlasan selalu ada dlm hati kita, Amin:)

    ReplyDelete
  2. Manfaat bersedekah begitu melimpah..Terima kasih sudah mengingatkan. Semoga kita semakin terpacu untuk senantiasa bersedekah, sesuai kemampuan kita.

    ReplyDelete
  3. Setuju banget. Menurutku, sedekah sebenarnya bukan hanya membahagiakan orang lain, tetapi membahagiakan diri kita sendiri karena Allah sudah janjikan balasan bagi yang senantiasa gemar bersedekah. InsyaAllah nilainya jauh lebih besar daripada yang kita sedekahkan. Bentuknya seperti apa dan kapan diberikan, biarkan menjadi rahasia-Nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar banget, Mba. Setiap kali bersedekah pastinya akan timbul rasa bahagia yang tak terkira. Orang lain bahagia, kita juga bahagia.

      Delete
  4. Sedekah memang bikin tenang dan entah keapa rasanya bahagia. Kadang nggak bener2 niat, "aku mau sedekah" tapi ya sudah niat saja mau berbagi ini itu untuk siapa saja. Itu pun sudah bikin lega.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masya Allah, baru niat aja bahagianya udah tak terkira, ya, Mba.

      Delete
  5. Terimakasih remindernya Mbak. Semoga semakin ringan tangan untuk selalu bersedekah nih. Apalagi keutamaannya banyak...Rasanya engga ada ya yg berat hati untuk sedekah...

    ReplyDelete
  6. Masya Allah begitu banyaknya keutamaan bersedekah ya mbak. Semoga kita dapat menngamalkan keutamaan yang satu ini, ya mbak. Kalo bisa mah, membiasakan. Bismillah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Semoga kita semua dimudahkan untuk senantiasa bersedekah

      Delete
  7. Yup, sedekah itu banyak sekali manfaatnya. Baik bagi kehidupan dunia maupun di akhirat kelak.
    Dan perlu diingat, sedekah tidak hanya menggunakan harta saja. Kita juga bisa bersedekah dengan hal yang mudah, seperti tersenyum.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, banyak cara yang bisa digunakan untuk bersedekah. Yang penting, ikhlas dari hati.

      Delete
  8. Manfaat sedekah sangatlah banyak ya mbak. Semoga semakin banyak kaum muslim yg memanfaatkannya. Sehingga banyak kaum muslim yg sejahtera. Aamiin Ya Robb

    ReplyDelete
  9. Ya Allah nikmat banget bisa bersedekah ya apalagi di bulan Ramadhan. Wow manfaatnya berlipat-lipat. Mkasih mba untuk pencerahannya.

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah banyak ya pahala & manfaat bersedekah

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah banyak ya pahala & manfaat bersedekah

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak yang baik. Happy Blogging