Inilah Alasanku Mengikuti 12 Days Blog Challenge

By HAERIAH SYAMSUDDIN - Wednesday, May 29, 2019




Alhamdulillah, tantangan 12 hari ngeblog yang diadakan Indscript Writing Group hari ini tiba di penghujungnya. Senang banget rasanya, kali ini bisa menuntaskan tantangan tersebut. Selama ini, saya selalu gagal memaksa diri sendiri untuk ikut tantangan ngeblog hingga finish. Biasanya sih, saya hanya semangat di awal, tetapi di pertengahan tiba-tiba malasnya nongol dan membuatku tak lagi melanjutkan tantangan tersebut.

Nah, di episode terakhir ini, Indscript memberikan tema "Alasan Mengikuti 12 Days Blog Challenge". Jadi, sesuai tema tersebut, kali saya akan memaparkan 12 alasan mengapa ikut dan bertekad untuk menaklukkan tantangan ini. Lalu, mengapa saya memilih 12 alasan? Enggak apa-apa sih, cuma biar matching aja dengan tema terakhir ini.




Berikut 12 alasan mengapa saya mengikuti 12 Days Blog Challenge ini.

 1. Merasa Bagian dari Keluarga Besar Indscript

Saya mengenal Indscript pertama kali (kalau tidak salah ingat) di tahun 2012. Waktu itu, saya tergabung dalam komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN) dan setelah beberapa kali mengikuti tantangan yang diberikan Ibu Indari selaku Funder waktu itu, akhirnya saya diundang untuk bergabung ke group Indscript Copywriting (kalau gak salah, seperti itu namanya dulu).

Sejak bergabung di Indscript, yang kala itu bertindak sebagai agensi naskah,  saya beberapa kali ikut dalam seleksi penulis. Alhamdulillah, Indscript kemudian berhasil membidani lahirnya buku solo pertama dan keduaku, yakni Para Abdullah di Sekitar Rasulullah dan Tiket ke Surga, 1001 Amalan Ringan Berpahala Besar Untuk Perempuan. 



Tidak hanya itu, beberapa kali saya juga terlibat dalam pembuatan buku antologi, di antaranya serial Storycake of Life dengan tema  Mompreneur (Kisah-Kisah Seru dan Inspiratif tentang Kehebatan dan Keuletan Para Ibu yang Berbisnis) dan Catatan sang Pemenang (Kisah-Kisah Motivasi Menjadi Pemenang Kompetisi).



Kelahiran buku-bukuku lewat tangan dingin Indscript akhirnya membuyarkan stigma yang selama ini kupertahankan bahwa saya tak bisa menulis buku. Alhamdulillah, Indscript telah membantuku mewujudkan sesuatu yang tak pernah kuduga sekaligus membuatku menjadi salah seorang penulis buku.

Oleh karena itu, saya selalu ingin mengambil bagian dalam setiap program yang diadakan Indscript. Sedapat mungkin, saya ikut mengambil peran meski mungkin hanya sedikit. Namun, saya tak peduli karena bagiku, Indscript adalah pembuka gerbang bagi langkah-langkahku di dunia kepenulisan saat ini. Pokoknya, I love U, Indscript.

2. Sarana Meng-Update Blog

Dalam berbagai kesempatan, sering kali saya mengaku sebagai blogger. Meski demikian, ada beberapa masa yang membuatku malas untuk menjamah blog yang pertama kali kubuat di tahun 2012 ini. Tak heran, bila blogku sering berdebu dan berjamur akibat jarang di-update.

Nah, lewat tantangan 12 hari ngeblog ini, blogku akan terhindar dari debu-debu yang membuatnya tidak ter-update secara rutin. Blogku pun bisa terlihat senantiasa fresh karena rajin diisi. Ini tentu saja menjadi kabar baik bagi blogku karena akan disukai oleh Google.

3. Suka Tantangan
Apa yang terlintas dalam benak teman-teman ketika mendengar kata "Tantangan atau Challenge"? Kalau saya, seketika andrenalinku bergejolak. Saya tak suka ditantang karena pastinya akan saya jabani. Begitu juga ketika melihat fliyer Challenge ini. Siapa takut?

Sejak itu, saya sudah bertekad untuk menaklukkan tantangan ngeblog kali ini. Dan, Alhamdulillah, bisa sampai di garis finish juga akhirnya. Lega banget rasanya.

4. Suka Menulis

Saya suka menulis sejak kecil. Bak orang pacaran yang putus nyambung-putus nyambung, keterlibatanku di dunia tulis menulis juga mengalami pasang surut. Beberapa kali aktif, tetapi beberapa kali juga nonaktif.

Namun, sejak menjadi salah seorang pemenang undangan menulis yang diadakan di tahun 2011, sejak itu pula saya bertekad untuk maju terus dan tidak mundur lagi.

Salah satu cara saya untuk terus konsisten di dunia ini adalah dengan rajin mengikuti lomba-lomba menulis. Dan, karena pada dasarnya saya suka menulis, jadi urusan menang kalah bukanlah hal yang utama. Yang penting, saya bisa menulis. Itu saja.

5. Melatih Keterampilan Menulis dengan Berbagai Tema

Di 12 Days Challenge ini, para peserta diberikan tema yang berbeda setiap harinya. Cara pemberiannya pun unik. Jadi, setiap sore, para peserta akan diberikan satu tema yang harus ditulis dan hasilnya disetorkan keesokan harinya. Paling lambat pukul 21.00 WIB.

Nah, tema yang berbeda-beda ini membuat para peserta terlatih untuk bisa menulis dengan berbagai tema. Latihan ini juga sekaligus dapat membuat kita menjadi penulis yang tangguh dan serba bisa. Jadi, bukan hanya bisa menulis tema yang itu-itu saja.

6. Durasi Challenge yang  Tidak Terlalu Panjang


Salah satu faktor yang membuat saya sering gagal mencapai garis finish saat ikut lomba ngeblog adalah durasi waktu yang panjang/lama. Bukan apa-apa, sebagai seorang ibu dari 5 orang anak plus saat ini merangkap sebagai baby sitter, terkadang saya tidak bisa full menghabiskan waktu di depan laptop. Amanah dan urusan domestik harus lebih diutamakan karena itulah tugas utama saya sebagai seorang istri dan ibu.

Oleh karena itu, saya mantap mengikuti challenge ini karena  yakin bisa memenuhi durasi waktu selama 12 hari tersebut. Dan, Alhamdulillah, kita semua telah tiba di garis finish pada hari ini.

7. Memiliki Waktu Luang

Seperti saya telah sebutkan pada poin di atas, terkadang kesibukan membuatku tak bisa berleha-leha terlalu lama di depan laptop.  Namun, di kesempatan saat ini, waktu luangku cukup banyak. Salah satunya karena saat challenge ini diadakan bertepatan dengan waktu libur anak-anak, jadi bayi yang  dititipkan setiap hari padaku juga ikutan libur karena ibunya seorang guru. So, saya bisa bercengkarama lebih lama di depan laptop kesayanganku.

8.  Suka dengan Tema-temanya

Sama seperti challenge yang lain, 12 Day Blog Challenge juga mempunyai tema yang berbeda setiap harinya. Kebetulan, tema-tema yang diberikan semuanya kusukai dan selalu ada ide tulisan untuk itu. Jadi, tambah semangat deh mengikuti tantangan ngeblog ini. 

9. Bisa Mempromosikan Blog
Dengan rajin meng-update blog, saya punya bahan untuk mempromosikan blog-ku di media-media sosial yang kumiliki. Kebetulan, di beberapa group mensyaratkan untuk hanya men-share tulisan terbaru yang ada di blog. 

10. Berbagi Ilmu, Pengetahuan, dan Pengalaman

Menulis hakikatnya  adalah berbagi ilmu pengetahuan serta pengalaman yang dimiliki. Mungkin, apa yang ditulis terlihat sangat sederhana dan receh banget. Namun, boleh jadi apa yang kita anggap recehan tersebut justru sangat berguna bagi orang lain.

Oleh karena itu, tetaplah menulis. Tetaplah berbagi ilmu, pengetahuan, dan pengalaman lewat tulisan karena tulisan akan lebih abadi. Bahkan, dibanding umur kita sendiri.

11. Melatih Ketelitian dan Kesabaran

Mengikuti sebuah challenge, akan memaksa kita untuk menjadi lebih teliti dan sabar. Teliti dalam membaca dan menyimak apa-apa saja yang menjadi syarat dan ketentuan challenge tersebut. Tentu saja, kita tidak ingin ada satu pun syarat dan ketentuan yang terlewatkan. Risikonya, bisa-bisa kita kena diskualifikasi, deh. Rugi, kan?

Di sisi lain, kita juga “dipaksa” untuk sabar menjalani hari demi hari dan menuliskan tema demi tema yang diinginkan. Kalau tidak sabar, dijamin bakal menyerah di tengah jalan.

12. Ingin Menjadi Pemenang


Siapa sih yang tidak ingin memenangkan sebuah kompetisi? Menjadi seorang pemenang merupakan impian semua orang, termasuk juga saya tentunya. Bisa menaklukkan sebuah kompetisi dan  mengungguli para peserta yang lain akan menghadirkan rasa bangga dan bahagia. 

Keuntungan lainnya, memenangkan sebuah kompetisi juga dapat menjadi portofolio yang bisa mengangkat branding kita sebagai seorang blogger.

Nah, demikian 12 alasan mengapa saya mengikuti 12 Days Blog Challenge ini. Kalau teman-teman, apa sajakah alasannya mengikuti challenge ini? Yuk, berbagi cerita di sini.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak yang baik. Happy Blogging