Oli Mesin Kendaraan Harus Diganti Secara Berkala. Inilah 5 Alasannya

By HAERIAH SYAMSUDDIN - Thursday, May 14, 2020



Saat ini kebutuhan akan kendaraan merupakan satu hal yang sangat penting, terutama untuk menjalankan dan melancarkan aktivitas sehari-hari. Pasalnya, untuk bisa beraktivitas maupun bepergian, Anda membutuhkan motor atau mobil sebagai alat transportasi.


Banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan dengan adanya kendaraan bermotor, seperti untuk berangkat ke tempat kerja, berangkat ke sekolah, pergi ke pasar, dan kemana pun yang Anda butuhkan. Dengan semua kegunaannya,  tentu saja kendaraan harus selalu dalam kondisi yang baik. Dengan kata lain,  memperhatikan kondisi kendaraan Anda merupakan hal yang penting, termasuk memperhatikan waktu penggantian oli mesin.



Penggantian oli mesin harus dilakukan secara berkala. Fungsi oli sendiri  tidak hanya sekadar sebagai pelumas mesin, tetapi juga bisa berfungsi lebih dari itu. Kondisi mesin kendaraan Anda harus selalu diperhatikan sehubungan dengan penggunaan oli. Jika tidak, performa  mesin kendaraan akan menurun, bahkan bisa rusak jika tidak diperhatikan dengan baik.

5 Alasan Pentingnya Mengganti Oli Mesin

1. Mengurangi Gesekan


Mengganti oli mesin secara rutin juga berguna untuk mengurangi terjadinya gesekan pada kendaraan Anda. Oli dapat mengurangi gesekan yang terjadi di dalam mesin yakni antara komponen yang satu dengan yang lainnya. Apabila oli tidak diganti secara berkala,  mesin akan menjadi cepat aus atau terkikis sehingga tenaga yang dihasilkan oleh mesin akan berkurang. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan betul  waktu untuk mengganti oli kendaraan Anda.

2. Sebagai Pendingin

Mesin pada kendaraan selalu bergerak sehingga bisa menyebabkan suhunya menjadi naik atau tinggi. Inilah yang menyebabkan pentingnya mengganti oli mesin  kendaraan Anda. Hal ini disebabkan  oli bisa berfungsi sebagai pendingin dari panas yang dihasilkan akibat  proses pembakaran di dalam silinder dan panas yang dihasilkan dari gesekan antar komponen. Panas dan suhu tinggi sebagai hasil dari proses gesekan bisa diturunkan dengan penggunaan oli.

3. Perapat Celah Antara Piston Dengan Silinder

Penggunaan oli mesin juga berfungsi untuk mengurangi risiko terjadinya kebocoran kompresi serta tekanan hasil pembakaran. Hal ini terjadi dengan membuat lapisan oli yang mengisi celah antara piston dan silinder sehingga untuk mendapatkan kompresi yang padat, oli juga memiliki fungsi sebagai perapat celah antar piston dengan silinder. Inilah manfaat penting mengapa Anda harus mengganti oli Anda secara berkala.


4. Sebagai Peredam Getaran dan Suara Bising



Suara bising pada kendaraan dapat terjadi karena adanya benturan piston, batang piston, dan poros engkol. Di sinilah oli berfungsi sebagai peredam getaran dan suara bising dari hasil benturan tersebut. Penggunaan oli akan membuat suara mesin menjadi lebih halus karena oli akan melapisi antara bagian tersebut serta meredam benturan yang terjadi. Dengan kata lain,  mengganti oli secara berkala sangat penting  agar suara mesin menjadi lebih halus.

5. Menjaga Performa Mesin


Salah satu bagian terpenting dari kendaraan adalah mesin. Jadi, Anda harus ekstra dalam melakukan perawatan pada bagian ini. Agar performa motor tetap stabil, penggantian oli secara rutin sangat penting untuk dilakukan. Setidaknya, Anda harus mengganti oli setiap dua  bulan sekali atau setiap kali kendaraan Anda menempuh jarak sejauh 2.000 kilometer. 

Namun, hal ini juga bergantung pada intensitas pemakaian kendaraan Anda dan kondisi jalan yang dilalui setiap hari. Jika perjalanan dan aktivitas sehari-hari Anda membutuhkan perjalanan jauh, kualitas oli pada kendaraan Anda akan berkurang. Inilah pentingnya untuk mengganti oli mesin dengan yang baru agar performa mesin dan kendaraan tetap optimal. 

Agar lebih mudah dan nyaman, Anda bisa mengunjungi mobil.co.id untuk mendapatkan informasi seputar perawatan kendaraan dan berbagai hal yang berkaitan lainnya. Dengan begitu, kendaraan Anda bisa terawat dengan baik dan Anda akan tetap nyaman dalam melakukan berbagai aktivitas dan perjalanan.

Selamat beraktivitas.

  • Share:

You Might Also Like

24 Comments

  1. pas banget dah aku mamppir di mari, jadi ingat jadwal ganti olie, so kapan nih kita gas tipis tipis bareng kak hahaha. salam satu aspal

    ReplyDelete
  2. Udah deh. Kalo Ngomongin otomotif, Tahunya cuma make. Begitu kenapa-kenapa tinggal bawa bengkel. Apalagi kalo Ada bagian yg harus rutin diganti.

    ReplyDelete
  3. Aku nggak pernah ngerti tentang dunia otomotif seperti ini. Tapi kalau lagi service mobil dan disarankan ganti oli pasti aku ganti. Pernah suatu kali aku mobilku mati di kantor karena akinya soak. Zonk banget rasanya karena nggak ngerti apa-apa. Hahaha...

    ReplyDelete
  4. sebagai pengguna kendaraan bermotor, aku rutin banget sebulan sekali gantiin oli. Kalau ngga rutin bisa membuat mesin rusak dan merembet kemana mana sih.
    Jadi mending rutin ganti biar aman terkendali

    ReplyDelete
  5. Sebenernya sebelum Corona udah seneng karena di sekolah mulai ada tefa semacam dunia industri motor buat SMK lengkap dengan pelayanannya sayang Corona jadilah malas lagi ngurus motor

    ReplyDelete
  6. Yuni biasanya nggak perhatian sih sama waktu penggantian oli. Bapak dan adikku yang biasa ngurusin. Yuni mah tinggal naik aja.

    Hehee

    Tapi, rasanya juga penting deh ngerti tentang ini. Iya kan?

    ReplyDelete
  7. Aku pernah lupa ganti oli motor, bunyinya pas dinyalain kok suaranya beda. Aku bingung sendiri, teman hidup bilang kalau itu salah satu tanda olinya minta diganti.

    ReplyDelete
  8. Masalah ganti oli, aku yg sering ingatkan suami buat ganti oli motornya. Kalau aku lupa, eh dia lupa juga. Padahal motornya sdh memberi kode. Hadeeh ....

    ReplyDelete
  9. gampil sekali sekarang, cari info seputar perawatan mobil bisa langsung cus ke mobil co id Yeayy, enggak pusing lagi.

    ReplyDelete
  10. ow jadi ganti oli utk kendaraan itu 2 bulan sekali atau 2 km. Nah, kalo mobil berapa kali pergantianya atau harus berapa km dulu?

    ReplyDelete
  11. Aku ngertinya cuma pake aja sama beliin bensin mba hahahaha. Mamak-mamak antiribet deh pokoknya. Kalo Ada masalah, tinggal suruh paksu buat beresin ... Tapi emang oli mah bagian penting dalam perawatan kendaraan ya.

    ReplyDelete
  12. Yes, setuju. Poin2 di atas mirip2 yg disampaikan misua. Yaa, urusan ganti oli baik itu jadwalnya ataupun praktiknya, ditangani beliau, dong ;) so, ganti oli memang jadi anggaran rutin tiap batas waktu tertentu. Ga boleh terlewat agar mesin kendaraan kita tetap josss ya

    ReplyDelete
  13. ganti oli salah satu rutinitas yang sering lupa. Makanya kadang harus ditulis di dinding kapan terakhir ganti oli kendaraan.
    Kendaraan yang dirawat secara berkala emang beda, pasti nyaman dipake ya.

    ReplyDelete
  14. Aku nggak pernah mengenai otomotif termasuk apa-apa saja yang harus diperhatikan untuk perawatannya. Kecuali bayar pajak, ding. Kalau ini paham, hihihi ...

    Berarti kita nggak boleh mengabaikan oli dong, ya. Kalau sudah biasa pakai kendaraan yang itu-itu lagi, biasanya terasa sih kalau ada sesuatu yang mulai terasa nggak nyaman. Mungkin sudah waktunya ganti oli ya, Bun.

    ReplyDelete
  15. Kalo' pake Shell emang seru banget ya mba'. Mobil jadi syuung..syuung meluncur mulus di aspal. Jaman gadis dulu aku emang suka balapan. Pernah dong pas keluar kota nyalip 3 (tiga) truk gandeng sekaligus. Wuuuih, berasa jadi Dominic di Too Fast Too Furious deh. Hahahhaaha.. Cuma sejak jadi emak-emak sekarang lebih kalem, ngga berani ngebut lagi. Apalagi aku single parent. Safety first !

    ReplyDelete
  16. Artikel ini mengingatkanku dengan oli motor. Udah berapa bulan ya motorku sejak ganti oli.. Wabah corona meneyebabkan motor lebih banyak nganggur di rumah. ��

    ReplyDelete
  17. Memang ya, salah satu cara biar mesin kendaraan tetap awet dan kendaraan pun tetap nyaman digunakan, termasuk si kendaraan jadi nggak sering masuk bengkel, salah satunya karena kualitas oli yang dipakai dan seringnya oli diganti secara teratur.

    ReplyDelete
  18. Memang ganti oli mesin secara teratur itu bagus utk mesin. Saya ngalamin sendiri, sepeda motor saya sudah 15 tahun tapi masih bagus mesinnya krn rutin servis dan ganti oli

    ReplyDelete
  19. Makanya nih pak suami selalu ngingetin terus aja kalau udah telat ganti oli. Ternyata fungsi oli banyak ya. Makanya harus rajin ganti oli

    ReplyDelete
  20. betul banget, kalau lupa diganti alamatlah menyiksa saat tiba2 mati mendadak. kapok, kemarin udah dorong di jalan hehee

    ReplyDelete
  21. Wah aku paling ga ngerti soal mesin.. tapi sering ngerasa-rasa gitu, duh kok ga enak ya motornya hari ini. Baru pas kayak gitu aku bawa ke bengkel, terus minta tolong di cek-kan hehe

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak yang baik. Happy Blogging