Semarakkan Ramadanmu di Aplikasi Muslim Umma.id

By HAERIAH SYAMSUDDIN - Wednesday, May 20, 2020



Saat ini, kaum muslimin sedunia kembali dipertemukan dengan bulan mulia, bulan suci Ramadhan. Di bulan ini, banyak sekali keutamaannya yang sangat sayang jika disia-siakan kehadirannya. Untuk itu, sudah sepantasnya jika di bulan ini kaum muslimin memanfaatkannya dengan lebih banyak beribadah dan mendekatkan diri kepada-Nya.

Alhamdulillah, satu kesyukuran tersendiri bagi kita semua  adalah hadirnya satu aplikasi yang dipersembahkan untuk kaum muslimin di tanah air, yakni Umma.id. Umma merupakan social media muslim #1 di Indonesia yang memenuhi semua kebutuhan untuk menjadi muslim yang lebih baik.


Platform muslim ini memiliki visi untuk membangun komunitas muslim online terbesar di Indonesia. Saat ini aplikasi terbaik ini telah diunduh  lebih dari 3.000.000 pengguna dan berada  stabil di posisi 5 besar Top Free Lifestyle Google Apps. Semoga kehadiran Umma ini dapat mendampingi umat Islam dalam menjalankan ibadah sehari-hari.


Fitur-Fitur Unggulan Umma.id



Keunggulan suatu aplikasi tentu saja tidak bisa dilepaskan dari sajian fitur-fitur unggulan dan utama yang ada di dalamnya. Adapun fitur utama yang ada di Umma.id yang dapat diakses gratis adalah:

1. Fitur Penunjang Ibadah 


Lazimnya sebuah aplikasi muslim, tentu saja yang paling banyak dicari pengguna adalah tools Al Qur’an. Demikian juga dengan aplikasi ini, Al Qur’an juga merupakan salah satu tools yang paling banyak dicari dan dimanfaatkan.

Di sini juga terdapat  fitur pengingat waktu salat. Dengan memanfaatkan fitur ini, pengguna tidak perlu khawatir akan melewatkan waktu salat karena Umma telah menyesuaikan jadwal salat harian mengikut kepada  zona waktu dan lokasi pengguna. Dengan demikian, waktunya pun menjadi lebih akurat. Jadi, sesibuk apa pun kita, Umma.id siap mengingatkan seorang hamba akan kewajiban salat lima waktunya.

Terdapat juga fitur kompas yang bisa digunakan untuk menentukan arah kiblat. Dengan memanfaatkan fitur ini pengguna yang sedang berada di perjalanan dapat menemukan arah kiblat dengan tepat sehingga dapat menunaikan ibadah salat dengan lebih tenang tanpa takut salah arah. 

2. Fitur Konten 


Keunggulan aplikasi ini ialah ketika pengguna membukanya, mereka akan langsung dibawa ke halaman utama (homepage) berupa sajian beragam artikel yang senantiasa up to date. Artikel-artikel yang disajikan tentu saja bermanfaat untuk menambah pengetahuan serta wawasan keislaman pengguna.  


Selain itu, pengguna juga bisa mengikuti kajian keislaman melalui beragam video pilihan berisi tausiyah dari ustaz-ustaz pilihan. Tidak hanya itu, terdapat juga beragam video berisi informasi dunia Islam, gaya hidup, info wisata, dan sebagainya.

3. Fitur Komunitas 


Fitur komunitas merupakan fitur unggulan sekaligus menjadi keunikan aplikasi ini. Fitur ini berisi grup chat (percakapan) yang dimoderasi oleh ustaz pembina group. Fitur ini dimaksudkan sebagai ruang komunikasi dan diskusi sekaligus ajang pertemuan antar berbagai komunitas muslim di nusantara. 

Di sini, pengguna bisa saling berbagi informasi dan ide-ide menarik, melakukan tanya jawab kepada ustaz, serta saling memberi nasihat yang berguna bagi semua. Dengan kata lain, fitur ini juga bisa menjadi forum kajian online bagi para penggunanya.

Channel Ramadhan #diummaaja


Khusus di bulan Ramadhan tahun ini, Umma.id juga tidak mau ketinggalan untuk berpartisipas. Aplikasi ini juga ikut  menawarkan dukungan kemudahan bagi umat Islam dalam beribadah, belajar, berinteraksi serta berbagi informasi antar sesama selama bulan suci ini. Terlebih, saat ini dunia tengah dilanda wabah pandemic virus COVID 19 sehingga kebanyakan penduduk bumi berada di dalam rumah sebagai upaya terbaik agar tidak terkena dampak virus ini.
Begitupun dengan kaum muslimin, bahkan ibadah yang biasanya dilakukan di masjid kini dilakukan di rumah saja. Untuk itulah, Umma Ramadhan meluncurkan  fitur spesial yang dihadirkan untuk memaksimalkan ibadah umat muslim di rumah selama bulan Ramadan kali ini, yakni Fitur Jurnal Ibadah Harian, Fitur Klinik Baca Al- Qur’an,  dan Fitur Live Streaming Kajian. 
Diharapkan fitur-fitur ini bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin mengingat saat ini kaum muslimin dianjurkan untuk berada di rumah saja karena  tidak memungkinkannya melakukan pertemuan atau ibadah di tempat-tempat umum, seperti ikut kajian keislaman di majelis-majelis ilmu.

Selain itu, masih banyak lagi tawaran menarik yang ditawarkan kepada para pengguna setia maupun pengguna baru Umma.id sepanjang bulan Ramadhan ini. Jadi, segera download aplikasi Umma.id di gawai Anda dan dapatkan berjuta manfaatnya.

Umma.id, satu aplikasi untuk semua kebutuhan umat Islam. 
*

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak yang baik. Happy Blogging