Penyebab Bulu Kucing Rontok yang Wajib Diketahui Cat Lovers

By HAERIAH SYAMSUDDIN - Sunday, May 17, 2020

Penyebab Bulu Kucing Rontok yang Wajib Diketahui Cat Lovers


Kucing merupakan salah satu hewan yang paling banyak dipelihara manusia. Penampilannya yang menggemaskan dengan bulu-bulunya yang lembut merupakan satu hal yang membuat kucing selalu menarik perhatian. Sayangnya, terkadang bulu-bulu tersebut mengalami kerontokan sehingga kucing tak lagi menarik dan juga membuatnya menjadi tidak sehat. Lalu, apa sajakah penyebab bulu kucing rontok?

Ada banyak hal yang bisa menjadi pemicu kerontokan bulu kucing. Nah, berikut ini 10 di antaranya.

Penyebab Bulu Kucing Rontok



Sedih rasanya bila bulu-bulu lebat dan lembut kucing peliharaan kita ini mengalami kerontokan. Selain tak sedap dipandang, khawatirnya juga bisa menganggu kesehatan kucing tersebut.


Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan bulu kucing mengalami kerontokan.

1. Kurang Gizi

Eits, jangan salah, kucing juga bisa kurang gizi, lo. Akibat kekurangan gizi ini, bulu kucing bisa mengalami kerontokan disebabkan kekurangan Vitamin A dan E serta protein. Padahal, nutrisi tersebut sangat dibutuhkan dalam pembentukan bulu kucing. 

2. Kelebihan Gizi

Selain tak boleh kekurangan gizi, kucing kesayangan juga tidak boleh mengalami kelebihan nutrisi. Akibat kelebihan nutrisi dapat membuat bulu kucing rontok serta kulitnya menjadi kering, mengelupas, dan berkerak. Jadi, berikan nutrisi dalam takaran yang tepat, ya.

3. Alergi



Alergi pada kucing bisa disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya adala pemberian makanan yang salah, pemberian obat maupun vaksin yang tidak cocok, makanan, atau parasit. Akibatnya, bulu-bulu kucing pun berpotensial untuk mengalami  kerontokan.

4. Kutu dan Tungau

Kutu dan tungau paling suka hidup di bulu dan kulit kucing. Kehadiran ektoparasit ini sangat berpotensial mengambil nutrisi yang ada di dalam tubuh kucing. Akibatnya, bulu kucing akan rontok karena kekurangan nutrisi. Bahkan, jika terus dibiarkan, kulit kucing bisa terinfeksi.

Meski kucing bisa membersihkan dirinya sendiri dengan cara menjilati bulunya, pemilik kucing harus tetap memandikan hewan kesayangannya itu secara rutin. Hal ini untuk memastikan taka da kutu atau tungau yang menempel di bulu dan kulit sehingga kucing selalu sehat dan menggemaskan.

5. Jamur


Bulu kucing yang tumbuh panjang juga rentan terkena jamur, terlebih bila kondisi di sekitarnya lembab. Kehadiran jamur ini juga bisa mengakibatkan bulu kucing mengalami kerontokan.

6. Sampo yang Tidak Cocok

Penyebab pertama bulu kucing rontok adalah pemilihan sampo kucing yang salah. Boleh jadi, ada beberapa kandungan sampo tersebut yang tidak cocok dengan kulit dan bulu kucing. Akibatnya, rontoklah bulu-bulu indahnya.

Jadi, segera ganti sampo kucing dan carilah yang cocok untuk hewan peliharaan tercinta tersebut. Karen ajika terus dibiarkan, kulit kucing bisa iritasi dan bulunya bertambah rontok. Sekadar saran, jangan pilih produk shampo kucing yang busanya banyak karena sampo jenis ini biasanya memiliki kadar detergen yang tinggi.

7. Stres

Hm, ternyata kucing juga bisa stres, lo. Jadi, bukan hanya pemiliknya yang bisa stress, hehehe. Nah, saat dilanda stress, pembuluh darah yang bertugas mengirimkan nutrisi ke seluruh tubuh kucing tidak akan mengalir dengan lancar. Akibatnya, kucing menjadi malas melakukan apa-apa yang berakibat bulu-bulunya rentan menjadi rontok.

Nah, untuk mencegah hal ini, jangan biarkan kucing Anda mengalami stres. Caranya adalah dengan sering-sering mengajak kucing bermain.

8. Perubahan Suhu Tubuh




Fungsi utama bulu bulu pada kucing adalah untuk mengatur suhu tubuh. Jika musim dingin datang, bulunya yang kebat  bisa berfungsi untuk menghangatkan tubuhnya. Sebaliknya, jika musim panas, bulunya akan rontok. Hal ini terjadi agar kucing tidak merasa terlalu kepanasan.

9. Waktunya Rontok



Salah satu kebiasaan kucing adalah bulu mereka akan mengalami kerontokan hebat. Hal ini biasanya terjadi rutin setahun sekali. Namun, hal ini tidak perlu dikhawatirkan karena bulunya akan segera berganti dengan yang baru. 
Sementara itu, kucing betina yang sedang birahi maupun sedang hamil juga bulunya rentan mengalami kerontokan, lo. 

10. Menjalani Pengobatan


Tak jarang kucing terkena penyakit tertentu sehingga ia harus menjalani proses pengobatan. Nah, dalam kondisi seperti ini,  bulu kucing juga rentan mengalami kerontokan akibat efek samping dari pengobatan yang dilakukan tersebut. 


Ada banyak penyebab rontoknya bulu-bulu kucing yang bisa jadi salah satunya dialami kucing kesayangan cat loversNah, dengan mengetahui penyebab kerontokan ini, para kucing lovers dapat memahami, mengantisipasi, dan mencarikan solusi kerontokan tersebut. 
Selamat bersenang-senang dengan kucing kesayangan yang lucu dan sehat.

  • Share:

You Might Also Like

46 Comments

  1. iya nih, jika si manis sedang stres pasti deh sofa pada penuh bulu rontok. wajib menjaga kestabilan emosi juga sepertinya agar tak berkepanjangan dan memnyebabkan hal hal lain

    ReplyDelete
  2. Selalu gemes klo liat gambar kucing, dulu aku punya peliharaan kucing, bulunya jg sering rontok, parah malah. Baru ngeuh klo penyebabnya ini

    ReplyDelete
  3. Berapa banyak jumlah yang masih dalam batas normal untuk kerontokan rambut kucing, ya?

    ReplyDelete
  4. Banyak juga ya penyebab rontoknya bulu kucing, kirain karena dia stress dan birahi aja, aku juga senang kucing, tapi belum bisa merawat mereka dengan baik,sehingga belom berani pelihara langsung:(

    ReplyDelete
  5. Saya suka kucing tapi nggak suka klo bulu-bulunya terserak kemana-mana. Ternyata banyak sebabnya ya Mbak?

    ReplyDelete
  6. Oh...kukira emang udah bawaan kucing bulunya rontok. Ternyata sebabnya banyak. Kami engga pelihara kucing sih. Tapi kucing tetangga yg suka dating...wkwkwk...

    ReplyDelete
  7. Aku pengen banget deh pelihara kucing, tapi suami sama sekali bukan cat person. Hehe.. Jadi kadang kalau mau main sama kucing aku main sama kucing kampung yang suka ke rumah atau jalan-jalan ke cat cafe.

    ReplyDelete
  8. Terima kasih tipsnya kak. Kebetulan saya pecinta kucing jadi kudu hati-hati dalam merawat dan menjaganya dengan baik ya

    ReplyDelete
  9. kalau saya taunya kucing kampung hehe
    bulunya pasti rontok. Semua penyebab yang kaka sebutkan itu ada semua. mulai dari adanya kutu, stres, dll

    ReplyDelete
  10. Nah kucing adekku pernah bulunya rontok bgt mbak. Ternyata pas diinget2 dia makan ikan asin, alergi mungkin ya karena biasanya makan pakan kucing yg bintang2 itu. Nggak ngerti deh kenapa kucing bisa alergi makan ikan asin, wqwq

    ReplyDelete
  11. Ternyata ada banyak penyebab kenapa bulu kucing rontok ya. Jadi tahu deh dan lebih peduli lagi kalau lihat kondisi kucing yang begini.

    ReplyDelete
  12. klo lucingku sepertinya faktor makanan sih memang, mesti lebih diperhatikan ini. biar makanannya seimbang

    ReplyDelete
  13. Walau bukan penyayang kucing dg memelihara di rumah, sll suka n gemes liat pic2 kucing yg kadang bersliweran. Seperti kota ternyata ya kucing bisa stres juga n berpengaruh dg bulunya he he

    ReplyDelete
  14. MasyaAllah, kucing saja bisa rontok juga ya karena stres. Pantas saja Kucing, jadi salah satu sahabat manusia ☺.

    ReplyDelete
  15. Aku orangnya kurang rajin gitu, ga telaten kalau memelihara hewan tuh. Tapi sukak sama kucing apalagi bulunya. Ternyata kucing juga bisa stress yah jadi bikin bulunya rontok

    ReplyDelete
  16. Wah aku baru tahu kalau bulu rontok ini penyebabnya bisa sebanyak ini. Jujur aku bukan pecinta kucing meski di kantor ada satu kucing yang dipelihara. Seneng aja sih kalau lihat bulu2nya bagus gitu. Tapi emang susah banget sih ya perawatannya.

    ReplyDelete
  17. Kucing aku lagi rontok banget bulunya ini, tapi penyebabnya belum ketemu. Mungkin poin2 di atas bisa disesuaikan untuk menyelidikinya ya.
    Bulu rontoknya nempel kemana2 soalnya.

    ReplyDelete
  18. Ternyata kelebihan gizi juga bisa bikin bulu kucing rontok ya. Kukira selama ini hanya karena dia stress atau kurang gizi.

    ReplyDelete
  19. lucunyaa.. aku baru tau nih kak kalo ada penyebab tertentu atas rontoknya bulu kucing. dulu aku pas pelihara kuing gak begitu ngamatin sih haha keliatannya si mpus sehat2 aja soalnya

    ReplyDelete
  20. Jadi faktor penyebab bulu rontok ada banyak ya. Saya suka lihat kucing, suka ngasih makan juga kucing2 liar yg ada di perumahan saya

    ReplyDelete
  21. Utk faktor penyebab kerontokan bulu kucing yang disebabkan suhu tubuh, saya baru tahu ini.

    Iya sih, saya belum pernah melihat kucing yang bulunya rontok (dalam artian rontok yang diluar kewajaran), karena ktemu kucing tidak setiap hari, itu pun kucing tetangga yang datang ke rumah kalau sore hari.

    ReplyDelete
  22. Saya pernah berkunjung ke rumah teman yang punya kucing angora, dan lihat bulu-bulunya bertebaran di bantal, kursi, kasur, mungkin rontok kali ya, kasih tahu ah tipsnya

    ReplyDelete
  23. ini jadi ilmu baru buat saya, kebetulan ngga pernah pelihara kucing karena sudah membayangkan keriweuhannya. dan semoga ini bisa jadi solusi banget ya kak

    ReplyDelete
  24. Loh ternyata kelebihan gizi juga berdampak negatif ya Mbak, bisa bikin bulu mereka rontok. Saya bukan cat lover tapi sedih kalau ada kucing malnutrisi atau tersiksa dengan penampilan dekil. Bahkan kucing bisa stres ya, kirain manusia aja hehe. Makasih infonya ya Mbak!

    ReplyDelete
  25. 11 12 ga sih sama manusia? rambut rontoh karena jamur dan stress hehe. informasinya bermanfaat sekali buat para pencinta kucing yaa

    ReplyDelete
  26. ternyata kucing bisa stress juga ya mb, sama seperti manusia kalo stress juga kadang-kadang rambut ikutan rontok, ha

    ReplyDelete
  27. Alhamdulillah kucing - kucingku sehat berati..

    Bulunya nggak pernah rontok

    ReplyDelete
  28. Saya juga salah satu penyuka kucing, tapi masih sekelas kucing kampung.

    Dulu pernah punya awalnya gemuk dan bulunya lembut tapi semenjak di kasih makan ikan asin bulunya sering rontok, apa alergi dengan garam ya kucingku dulu?.

    ReplyDelete
  29. kelebihan gizi pun juga gak baik ternyata pagi perkembangan dan pertumbuhan kucing, baru tahu saya

    ReplyDelete
  30. Wow sangat kkmplit, sangat bermanfaat bagi saya yang memiliki mpus. Makasih ya mbak infonya

    ReplyDelete
  31. Wah ternyata kucing sensitif juga ya
    Banyak penyebab bulu rontoknya euy termasuk stress
    Kayak manusia aja hehe
    Makasi infonya kakak
    bermanfaat banget

    ReplyDelete
  32. Baru tau kalau kucing bisa stres juga, selama ini kalau bulunya rontok dikira gara-gara salah kasih makanan. Terima kasih atas infonya yang sangat berguna untuk merawat kucing-kucing di rumah.

    ReplyDelete
  33. Owh banyak juga ya penyebabnua, jadi mikir Nana, kucing tetangga. Dia bulunya rontok karena apa ya..stress kali ya karena dikit dikir hamil

    ReplyDelete
  34. Saya suka kucing tapi belum sanggup memelihara hehe

    ReplyDelete
  35. Saya agak geli sama bulu kucing, jadi belum pernah pelihara hewan ini. Meski lucu dan menggemaskan emang. Saya malahan baru tahu kalau kucing stress bisa bikin bulunya rontok. Kirain Karena penyakit kaya jamur, kurang cocok shampo aja.

    ReplyDelete
  36. Baru tahu kalau kelebihan gizi pada kucing, bisa menyebabkan bulunya rontok. Aku suka kucing, apa lagi yang bulunya lebat dan bersih. Tapi aku gak punya kucing lagi. Dulu pas masih kecil aja punya.

    ReplyDelete
  37. wohoooo, kucing pun juga bisa stress ya.. mungkin stressnya ini pas musim kawin kali ya, berburu betina incaran, heehehh.
    ternyata kucing gak boleh kekurangan dan kelebihan gizi ya, widiihh. kalau mau pelihara kucing emang harus dipelajari nih hal-hal seperti ini biar kucingnya sehat selalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba nanti perhatikan kucing di rumah Mama ahh, kalau perubahan musim berarti bulunya akan mengalami perubahan juga ya (rontok/lebat)

      Delete
  38. Hampir mirip kayak manusia ya. Kalau kurang gizi atau stres juga rambutnya rontok. Btw aku gak pernah peliharan kucing, tapi sering mengamati kucing peliharaan kakakku. Sekarang jadi tahu kenapa produk perawatannya nggak asal-asalan salah satunya mgkn biar bulunya nggak rontok ya

    ReplyDelete
  39. Daku ndak pelihara kucing sih kak, cuma memang pernah memerhatikan kok bulu kucing bisa rontok, ternyata kaitannya dengan gizi pun berpengaruh pada hewan yg menggemaskan ini

    ReplyDelete
  40. Jujur, saya tuh nggak ngerti sama sekali soal perkucingan. Ya gimana mau ngerti kalau saya sendiri phobia ke kucing.

    ReplyDelete
  41. Wuih, insight baru nih buat aku. Secara, aku belum pernah melihara kucing di rumah hihii. Wong gimana mau melihara, megang aja gak berani wkwk

    ReplyDelete
  42. Oo.. gitu.. saya dulu pecinta kucing sebelum menikah. Namun sayang keluarga suami kurabg suka hewan peliharaan. Kucing kampung relatif tontok bulunya tapi rontok yang wajar ya.. gak berlebihan. Kata ibuk saya dulu karena kucing di kasih makan ikan asin. Eh.. tahunya faktor yang mbak sebutkan tadi.. terimakasuh mb infonya!

    ReplyDelete
  43. Kucing aku jg pernah rontok karena makanannya nggak cocok gitu padahal doyan, tapi ngaruhnya ke kulit. Jadinya sekarang lebih selektif lagi milih makanannya gitu

    ReplyDelete
  44. Kucing persia aku juga nih kak sedang rontok-rontoknya, abis lahiran dan juga gara-gara ganti makanan.

    ReplyDelete
  45. Sebagai cat lover yg masih belum bisa pelihara kucing di rumah saat ini, jujur malah baru tau kalo kerontokan rambut secara hebat ini terjadi memang setahun sekali ya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak yang baik. Happy Blogging