Inilah 5 Cara Mudah Menghilangkan Noda Karat di Baju

By HAERIAH SYAMSUDDIN - Kamis, Mei 28, 2020

Inilah 5 Cara Mudah Menghilangkan Noda Karat di Baju


Siapa yang tidak kesal bila salah satu pakaiannya terkena noda karat, apalagi jika yang kena adalah baju kesayangan. Terlebih, tak semua orang tahu cara menghilangkan noda karat di baju sehingga terkadang  baju kesayangan terpaksa berakhir menjadi kain gombal karena tak jarang deterjen biasa pun tak ampuh menghilangkannya.

Noda karat ini bisa berasal dari mana saja. Bahkan, dari tempat-tempat yang tidak terduga sebelumnya, seperti dari pintu atau pagar rumah maupun dari kawat atau jepitan jemuran. Tanpa kita sadari, saat melewati benda-benda tersebut atau saat   menjemur pakaian di atasnya, noda karat pun terkena dan menempel di baju tanpa kita duga.


Lalu, bagaimana cara menghilangkan noda karat di baju dengan cara yang mudah dan praktis? Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan.  

1. Lemon/Jeruk Nipis dan Garam





Noda karat pada baju dapat dihilangkan dengan menggunakan bahan-bahan yang mengandung asam cukup tinggi. Nah, perpaduan lemon dan garam bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan noda karat yang menempel di baju. Kandungan asam pada lemon dan jeruk nipis dapat melunturkan noda, sementara garam berfungsi untuk mengangkat noda secara alami sebelum noda terlanjur meresap ke serat-serat kain. Jadi, saat baju terkena noda karat, segera bersihkan agar nodanya lebih mudah dilepaskan.

Caranya cukup sederhana, yakni mula-mula taburkan garam secukupnya ke bagian baju yang terkena noda karat. Setelah itu, tuangkan perasan air lemon di atasnya, lalu jemur baju selama 30-60 menit  di bawah sinar matahari atau biarkan hingga kering.    Kemudian, gosok bagian yang terkena noda dengan sikat gigi bekas. Terakhir, bilas sisa air lemon atau jeruk dan garam sebelum baju dicuci dengan deterjen seperti biasa untuk menghilangkan residu noda. 

2. Cuka dan Garam





Selain dipakai sebagai penambah rasa dalam masakan, ternyata cuka juga bisa berfungsi sebagai pemutih pakaian dan penghilang noda karat pada baju. Namun, untuk memaksimalkan fungsinya sebagai penghilang noda karat, gunakan perpaduan cuka dan garam dapur.  

Cara menggunakannya juga cukup sederhana, yakni campurkan cuka dan garam ke dalam sebuah wadah. Setelah itu, oleskan hingga merata bahan tersebut pada noda yang ada di baju, lalu keringkan di bawah sinar matahari dengan posisi bagian yang terkena noda diletakkan di atas sehingga terkena sinar matahari langsung. Setelah kering, cuci baju seperti biasa dengan menggunakan deterjen.

3. Baking Soda



Bahan berikutnya yang bisa dimanfaatkan adalah baking soda. Selama ini, kita tentu telah mendengar akan banyaknya manfaat baking soda. Nah, salah satu kegunaannya adalah dapat membantu menghilangkan noda karat di baju dengan cara aman dan tidak merusak pakaian.  

Lalu, bagaimana cara memanfaatkannya? Mula-mula ambil baking soda dan campurkan dengan air secukupnya hingga mengental dan berbentuk seperti pasta. Oleskan pasta tersebut ke bagian baju yang ternoda karat dengan menggunakan jari atau sikat gigi bekas. Terakhir, bilas baju dengan air bersih, lalu cuci baju seperti biasanya dengan menggunakan deterjen.

4. Cairan Pencuci Piring


Cairan pencuci piring juga dapat digunakan sebagai pertolongan pertama untuk menghilangkan noda karat pada pakaian. Jadi, saat baju terkena noda karat, segera bersihkan dengan cairan tersebut  dengan cara mengoleskannya  ke bagian yang terkena noda. Setelah itu, gosok bagian tersebut dengan jari sampai nodanya memudar, lalu bilas baju dengan air bersih. Terakhir, segera cuci baju seperti biasanya dengan menggunakan deterjen.

5. Sabun Mandi



Bahan terakhir yang dapat dimanfaatkan adalah sabun mandi. Caranya, oleskan sabun mandi ke bagian pakaian yang terkena noda karat. Setelah itu, rendam pakaian beberapa saat dengan air yang sebelumnya telah dicampurkan dengan perasan air jeruk nipis. Terakhir, cuci pakaian seperti biasa.

Ternyata, tidak terlalu sulit untuk menghilangkan noda karat yang terlanjur menempel di baju. Namun, satu hal yang harus diingat, yakni segera lakukan langkah-langkah di atas saat menyadari bahwa baju kesayangan Anda terkena noda karat. Jangan biarkan nodanya menempel terlalu lama agar proses menghilangkannya bisa dilakukan dengan cepat dan lebih maksimal. Ingat, bukankah lebih cepat itu lebih baik?

Selamat mencoba! 
*

  • Share:

You Might Also Like

22 Comments

  1. wah, cuka garam bisa dicoba nih :D terimakasih infonya Bun!

    BalasHapus
  2. pakai sabun mandi tuh bisa ya, haha, saya baru tahu. biasanya pakai lemon hehe. makasih bun infonya yes.

    BalasHapus
  3. Saya sering pakai yang sabun mandi. Tapi kalau kadarnya belum parah sih. Kalau udah parah butuh yang lebih kuat kayaknya. Baking soda mungkin bisa membantu

    BalasHapus
  4. Kalau yuni paling ngilangin noda di baju dengan sabun mandi atau sabun cuci piring sih. Belum pernah pake lemon, cuka apalagi baking soda. Yah, meski itu bisa buat membersihkan noda membandel.

    Mungkin, Yuni belum nemu noda yang terlalu membandel kali ya. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Noda di pakaian Yuni anak baik berarti, gak ada yang bandel, hehehe

      Hapus
  5. Aku udah pake semua kecuali cairan pencuci piring mba hehe.. Besok ah dicoba lagi
    makasih tipsnya ya..

    BalasHapus
  6. Wah aku baru tahu lho mba kalau sabun mandi ama sabun pencuci piring bisa dipake buat ngilangin noda karat pada baju. Makasih ya mba udah ngasih tahu. Bermanfaat banget ini buat emak-emak yang nggak lepas kerjaannya dari cucian hahaha

    BalasHapus
  7. Iya nih, ada noda karat, soalnya jemurannya pakai pipa. Nular deh karat pipa jemuran ke baju. Makasih infonya Mbak...

    BalasHapus
  8. Aku blm prnh nyoba pke baking soda, biasanya pke sabun batang atau cair. Tp kl nodanya membandel biasanya kupakein pemutih mbak. Nodo amat warnanya jd pudar🤣
    Boleh nih besok2 nyoba cara di atas selain pke sabun

    BalasHapus
  9. makasih mbak informasinya. Dulu waktu di rumah nenek tali jemuran emang menggunakan tali kawat karena dinilai lebih kuat dibanding tali tambang yang berbahan plastik. Nah, akibat perubahan cuaca dari hujan ke kering, lama kelamaan kawatnya berkarat. akhirnya tuh karat suka nempel di baju yang dijemur deh, membuat bercak-bercak kuning di baju. Selama ini kalo ada noda di baju biasanya pake sabun/pemutih untuk baju putih/warna mbak, belum pernah nyobain ama yg lain.

    BalasHapus
  10. kayaknya bisa di coba nih

    BalasHapus
  11. Waah, sangat bermanfaat nih informasinya. Biasanya yg kena karat ya udah pasrahin aja bajunya kayak begitu 🤭
    Nice article. Terima kasih

    BalasHapus
  12. Oalaa... Pakai lemon dan garam, ya , Mbak. Tapi agak ribet juga ya caranya..biasanya Aku tuh noda kayak darah, atau noda yg sulit dihilangkan, biasanya pakai sabun cuci, ternyata karat juga bisa ya, makasih ya Mbak infonya, cocok banget buat emak emak kayak aku ini.

    BalasHapus
  13. Biasanya saya pakai sabun mandi, loh, Mbak. Rasanya lebih bersih aja. Hehe... Baking soda pernah dengar sih, ternyata dengan bahan Kaya lemon, garam juga bisa nembersihkan kerat, ya.

    BalasHapus
  14. Sabun mandi itu ampuh banget emang. Bisa dipakai untuk ngilangin berbagai macam noda.

    BalasHapus
  15. Sabun mandi itu bisa menghilangkan karat? Soalnya saya biasanya pakai baking sodara atau jeruk nipis. Entar dicoba deh, pakai sabun mandi batangan

    BalasHapus
  16. Baju kena noda suka bikin kesal sendiri. Karena nyucinya bakal jadi ekstra. Biasa noda yang ada saya coba bersihkan pakai sabun mandi. Ternyata ada cara lain juga untuk menghilangkan noda karat di baju. Patut di coba cara yang lainnya.

    BalasHapus
  17. Aku suka pakai sabun cuci piring untuk bersihkan noda yang bandel. memang hasilnya memuaskan, memakai cuka boleh nanti dicoba juga.

    BalasHapus
  18. Daku pernah pakai sabun cuci piring sama sabun mandi buat yg menghilangkan noda membandel, kalau karat belum pernah memang

    BalasHapus
  19. Nice info mba. Aku baru tahu sabun mandi bisa menghilangkan karat. Patut dicoba nih.

    BalasHapus
  20. baru tahu banget bahan2 diatas bisa ngilangin karat
    bakalan aku coba :)

    BalasHapus
  21. Tipsnya mantul banget nih Mbak. Sepertinya ada beberapa pakaian saya yang bernoda karat gitu mau saya praktekkan ah

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak yang baik. Happy Blogging