Katalog Warna, Antara Pengertian dan Fungsinya

By HAERIAH SYAMSUDDIN - Friday, May 15, 2020


Katalog  warna adalah daftar yang berisi informasi tentang bahan pustaka atau dokumen yang terdapat pada perpustakaan, toko buku, maupun penerbit tertentu. Katalog ini dibuat untuk memudahkan orang  melihat daftar beberapa informasi yang disajikan, dalam hal ini  berupa beragam warna tertentu.

Katalog warna dapat dikatakan juga merupakan sebuah media informasi yang berisi  daftar koleksi produk suatu perusahaan yang disusun secara sistematis. Tujuannya adalah untuk mempermudah konsumen mengetahui jenis warna yang akan mereka gunakan. Katalog ini umumnya  dijumpai di restauran, perpustakaan, pusat perbelanjaan, dan lain sebagainya. 

Setiap orang atau pihak tentunya mempunyai cara tersendiri untuk menyampaikan berbagai macam warna yang tersedia agar dapat dikenal oleh banyak orang. Salah satu caranya adalah dengan membuat sebuah katalog berisi warna-warna yang semenarik mungkin. Dengan demikian, diharapkan  orang yang melihatnya akan merasa tertarik dan ingin menggunakan warna-warna tersebut.

Fungsi Katalog Warna


Lalu, apa sajakah fungsi katalog warna? Fungsinya adalah sebagai media penyampaian yang dapat menunjukkan segala macam warna yang disusun sesuai dengan jenis, fungsi, dan kategori warna-warna yang telah ditentukan. Selain itu, katalog ini juga dapat membantu mempermudah mengenalkan banyak warna kepada konsumen sehingga mereka akan lebih mudah mencari dan menemukan  warna yang ingin digunakan.

Salah satu jenis katalog warna yang biasa kita jumpai adalah  katalog warna desain interior. Lapangan desain yang berbeda saling berbagi tantangan ketika berhadapan dengan warna. Seorang desainer interior, contohnya, harus mengharmonisasikan ruang menggunakan tekstur, objek, dan skema warna yang menyatu dengan baik dalam satu ruangan. 

Untuk itu, cobalah untuk mempelajari bidang kreatif yang lain dan temukan aturan utama mereka yang berhubungan dengan penggunaan warna  karena biasanya setiap disiplin artistik terikat dengan beberapa aturan. Jika Anda terus melihat lebih jauh kepada ruang dan gedung yang penggunaan warnanya baik, Anda akan masuk ke dunia baru dengan teknik penggunaan warna yang luar biasa.


Sebuah katalog desain dibuat dengan mempertimbangkan topik yang akan Anda coba gambarkan di karya desain tersebut. Bisa jadi berupa topik olahraga, mode, kecantikan, atau bisnis. Nah,  melangkah dari sana, pikirkan tentang suasana hati yang spesifik yang ingin Anda asosiasikan dengan aktifitas. Apakah sebuah pamflet mode yang lucu atau brosur olahraga yang agresif? Apakah feminim, ceria, serius atau elegan? 

Untuk kit grafik musim gugurnya, misalnya, Anda bisa memilih paduan warna hijau kebumian, oranye pucat, dan merah tua. Cobalah melihat foto-foto yang ada di sekitar Anda, katalog desain, dan sumber kreatif lain yang dapat menangkap nuansa yang sama, ide, dan emosi yang ingin Anda gunakan pada desain tersebut. 

Apakah ada kesamaannya? Apakah ada perbedaannya?


Teknik bagus yang lain untuk membangun kekuatan pilihan warna Anda dan efeknya adalah dengan membekali diri tentang teori warna. Lakukan penelitian kecil, bacalah beberapa artikel dan temukanlah beberapa warna umum yang dapat mempengaruhi psikologi dan bawah sadar manusia ketika digunakan benar. 

Ingat warna yang dipilah dengan tujuan dan alasan yang jelas biasanya menjadi yang paling efektif. Warna bisa menyatukan atau memecah desain. Bisa membuatnya menjadi semakin cantik dan tenang atau mengintimidasi dan tajam. Semua pilihannya ada di tangan anda. Oleh  karena itu, semua akan kembali pada bagaimana warna-warna digunakan secara intensional. Entah Anda mengoleksi inspirasi, menemukannya di luar ruangan, atau membuatnya secara mendadak. Palet warna yang bagus seringnya membawa kepada desain yang bagus. 

Jadi kenapa Anda tidak bereksperimen dengan beberapa tehnik untuk membawa jiwa ke desain Anda. Jika anda ingin bereksperimen dengan dekorasi rumah, anda dapat melihat katalog warna dari Asian Paints.

Jadi, jangan ragu bermain dengan warna.

  • Share:

You Might Also Like

2 Comments

  1. Katalog warna ini berguna banget apalagi klo mau pilih warna cat, kan perlu liat katalognya biar gak salah pilih ya mba :)

    ReplyDelete
  2. Keren postingannya! Terimakasih ya kak sudah berbagi :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak yang baik. Happy Blogging