Menikmati Sarabba, Minuman Hangat Favorit Keluarga

Wednesday, 24 January 2018


Jahe merupakan salah satu rempah-rempah yang banyak digunakan sebagai bahan utama pembuatan minuman tradisional negeri ini. Sebut saja ada wedang jahe, bajigur, bandrek, dan sebagainya. Dengan rasanya yang hangat dan pedas menyegarkan, minuman tradisonal tersebut selain nikmat juga dipercaya mampu mengatasi berbagai gangguan penyakit. misalnya, flu, demam, sakit kepala, dan sebagainya.

Sama seperti wilayah lainnya di Indonesia, di wilayah Sulawesi khususnya daerah Makassar dan sekitarnya mengenal satu minuman tradisional yang berbahan dasar jahe. Namanya sarabba.
Sarabba paling enak dinikmati saat udara dingin. Minuman ini biasanya dinikmati bersama  camilan pisang goreng, ubi goreng atau ubi rebus. Rasanya? Masya Allah, enak banget. Hangatnya seketika menjalar dan mengalirkan rasa hangat ke seluruh tubuh. Duh, jadi pengen...
Beberapa kali saya tertarik untuk membuat sendiri minuman sarabba ini. Apalagi, saat ini saya tengah ada di perantauan jadinya gak mungkin membeli minuman ini sebagaimana yang sering dilakukan di Makassar. Setelah beberapa kali browsing, akhirnya nemu deh resep sarabba ini.
Bahan-Bahan
·        Jahe
·        Gula merah
·        Santan
·        Merica
·        Kayu manis
·        Ayam kampung (optional)
Cara Membuat Sarabba:

Rebus gula merah hingga mendidih dan larut. Saring terlebih dahulu karena seringkali saya menemukan adanya kotoran-kotoran yang menempel pada gula merah.

Setelah itu, masukkan jahe (sebelumnya dimemarkan terlebih dahulu), kayumanis, dan merica. Masak kembali sekitar 10 menit sampai aroma jahenya semerbak.

Kecilkan nyala api. Masukkan  santan kental perlahan-lahan. Jangan lupa untuk  terus diaduk.

Sarabba telah siap untuk disajikan. Jika suka, dapat ditambahkan kuning telur ayam.

Hmmm. Nyamanna..

*

*Tulisan ini untuk program #SatuHariSatuKaryaIIDN






2 comments:

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman semua. Happy Blogging

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...