Tempat Wisata Asyik di Dekat Rumah

Saturday, 27 January 2018

Welcome To Terengganu

Alhamdulillah, tahun 2018 merupakan tahun kedua keberadaan kami di Negeri Terengganu, salah satu negeri (provinsi) yang ada di Negara Malaysia. Sekilas, Negeri Terengganu tak jauh beda dengan kampung halaman kami, Makassar. Terengganu yang merupakan salah satu dari negeri yang berada di pesisir Pantai Timur Malaysia, tentu saja menghadirkan iklim yang tidak terlalu berbeda dengan Makassar yang berada di pesisir Pantai Losari. Panasnya puollll.


Di negeri ini, kami memilih tinggal di daerah Gong Badak. Sst, meski ada badaknya, jangan membayangkan di sini ada badak atau produsen minuman panas dalam ya...( yang ada badaknya, hehehe). Di wilayah ini, terletak dua kampus terkenal Terengganu, kampus Universiti Malaysia Terengganu (UMT) dan University Sultan Zainal Abidin (UNISZA). 

Selain dua kampus terkenal dan terbesar tersebut, Negeri Terengganu juga kaya dengan pulau-pulaunya yang terkenal keindahannya, bahkan sampai ke luar negeri. Di antara pulau-pulau tersebut adalah Pulau Redang, Pulau Hentian, Pulau Kapas, dan sebagainya. Dari semua pulau yang ada, saya baru sekali ke Pulau Hentian. Mudah-mudahan, kami berkesempatan mengunjungi pulau-pulau lainnya.

Berbicara tentang tempat wisata, ada 3 tempat wisata asyik di dekat rumah kami 
1.      Pantai Nelayan Tok Jembal
Jalur Gemilang

Antri Membeli Ikan


Pantai nelayan Tok Jembal berada tak jauh dari kediaman kami. Cukup beberapa menit berkendaraan (10 menitan), sampai deh. Pantai Tok Jembal ini memiliki hamparan pasir putih yang luas dengan  kerang-kerang cantiknya yang banyak tersebar di hamparan pasir putihnya. Biasanya kalau iseng, sambil menunggu anak-anak berenang, saya suka mengumpulkan kerang-kerang yang unik. 

Selain pantai, tepat di depan pantai juga berdiri kawasan makanan Dapo Pata (Dapur Pantai). Sayangnya, kawasan makanan ini hanya beroperasi sore hingga malam hari. So, selama ini keinginan untuk menikmati hidangan ala Pantai Tok Jembal belum terlaksana karena kami belum sempat mengunjungi tempat tersebut di malam hari.

Nah, karena merupakan pantai nelayan, di sini juga kita bisa membeli ikan-ikan segar hasil tangkapan nelayan. Selain segar, ikan-ikannya juga murah. Sayangnya, karena penjualan sangat bergantung pada para nelayan, ikan-ikan jualan di sini tak tentu kapan ada. Jadi, siapa beruntung dia dapat, deh.  

2.Pantai Teluk Ketapang



Pantai Teluk Ketapang juga tak jauh dari rumah. Di sini, anak-anak paling suka bermain di area playround yang setiap sore menghadirkan banyak kegiatan menarik. Ada area berkuda bagi yang ingin mencoba menunggang kuda, ada kereta kencana yang bisa disewa untuk berkeliling kawasan ini, ada penjual baju, balon, maupun hewan-hewan jinak. Dan, tentu saja, medan selera yang selalu ada di mana-mana.

3. Pantai Mengabang

Pantai Mengabang Telipot berada tak jauh di belakang kampus UMT, so letaknya juga dekat dari rumah. Di sini, pengunjung bisa menikmati deburan ombak Laut China Selatan yang bergulung-gulung tinggi. Kondisi ini, membuat pantai ini terlarang untuk berenang.
Namun, pengunjung masih boleh menikmati hamparan pasir putih pantai, bermain ayunan di pinggir pantai atau....menikmati camilan khas Terengganu, Ikan Celup Tepung (ICT) yang boleh dipilih, ada ikan celup tepung, udang celup tepung atau sotong celup tepung. Nikmat banget, sembari menyaksikan deburan ombak Laut China Selatan plus merasakan desiran angin pantai. 

Asyik banget ya, bisa berwisata pantai di dekat rumah sendiri. Gak perlu bikin persiapan yang ribet, tinggal wuzzzzz, sampai deh. Asyik, kan.

*
Tulisan ini diikutkan dalam #SatuHariSatuKaryaIIDN







4 comments:

  1. Enak banget bisa dekat pantai ya, Mbak.. :)

    ReplyDelete
  2. Di jalur gemilang itu bukan Indonesia ya mb?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jalur gemilangnya dipasang tepat di pinggir pantai Tok jembal, mba

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...