Rencana buyar!

Demikian yang terjadi di liburan kami beberapa waktu yang lalu (26 November-2 Desember 2019). Sebelumnya, saat masih di Malaysia, kami telah berencana untuk liburan selama sepekan di Kota Hujan tersebut. Kebetulan suami ada urusan di sana sehingga saya dan anak-anak bisa ikut ngintilin beliau, hihihi. Maklum, dua anakku udah lulus TK dan SD-nya sehingga bisa ikutan tanpa halangan  apa pun.

Kebetulan, beberapa hari yang lalu, ada teman suami yang nawarin rumahnya di kawasan Sentul. Bak gayung bersambut, tentu saja kami tidak menolak tawaran itu. Lumayan, bisa hemat biaya penginapan dan juga tempatnya dekat dengan kampus suami mengajar.

Berhubung suami terlanjur memesan penginapan lain selama dua hari di sana. Akhirnya, diputuskan bahwa kami akan menginap di rumah teman tersebut setelah masa dua hari di homestay habis.

Qadarallah, tiba hari h-nya, mendadak teman ngasih kabar kalau rumahnya gak bisa ditempati. Pagi sekitar jam 7-an, teman tuh datang ke homestay dan minta maaf atas kejadian tersebut. Ya udah, mau bagaimana lagi. Alhasil, kami harus segera mencari penginapan baru karena sebentar lagi waktu check-out dari homestay yang kami tempati tiba.

Buruan, saya dan suami mencari penginapan secara online lewat hape kami masing-masing. Yang bikin kesal, internet lelet banget, padahal waktu terus berjalan. Selain kami harus segera meninggalkan homestay, suami juga harus segera ngampus.

Pilihan jatuh pada sebuah penginapan yang letaknya cukup jauh dari Sentul, tetapi dekat dari kota. Kebetulan memang, saya mencari yang dekat kota biar bisa nge-moll, hehehe. Banyak penginapan yang mendadak penuh karena tanggal yang kami pilih bertepatan dengan waktu weekend.


Ujung lorong mentok sampai di sana

Saya pun bergegas mengepak barang-barang kemudian kami  meluncur pindah ke penginapan berikutnya, Reddoorz Syariah Near Taman Air Mancur, Bogor. Lokasinya berada di Jalan Bitung 1, Jalan Haur Jaya No. 11, Air Mancur, Tanah Sereal, Kota Bogor.  Menurut keterangan di aplikasi, tempat ini dekat dari Mall Botani, BTM, Kebun Raya Bogor, Istana Bogor, dan lain-lain. Okelah kalau begitu, kondisi ini bisa memenuhi keinginanku untuk mengunjungi tempat-tempat wisata di Bogor tersebut.  


Redoorz Syariah dari depan


Penampakan di sisi sebelah kanan


Ini rumahnya Syahrini.” beritahu supir Grab begitu kami tiba di penginapan yang kami tuju.

Tentu saja kami terkejut.

Rumah masa kecil Syahrini

Syahrini yang artis terkenal itu? Wah, keren, nih. Tapi saya sedikit ragu, jangan-jangan supir Grab itu hanya bercanda. Tapi, sudahlah, gak penting juga. Paling penting bagiku saat itu adalah segera masuk kamar dan beristirahat di dalam sembari merancang mau ke mana lagi hari ini.


Usai melapor, saya kemudian diantar mba resepsionis menuju kamar 119, kamar yang akan kami tempati. Kamarnya berada di lantai bawah (penginapan ini terdiri dari dua lantai) dan agak menjorok masuk.

Setelah memastikan kami sudah di kamar, suami pun pamit mau langsung ke kampus. Mumpung suami lagi di Bogor, jadi waktunya benar-benar full buat urusan kampus. Suami baru pulang saat menjelang Isya.

Ruang kamar yang disediakan tidak jauhlah dari ekspektasiku. Dengan tarif  Rp174.250/malam, buang jauh-jauhlah keinginan untuk mendapatkan kenyaman ala hotel Shangri-la, hotel berbintang lima di Jakarta yang kami tempati selama 5 hari saat kami ngekorin suami kerja, dua bulan yang lalu.


Penampakan tempat tidur




Dengan harga segitu, lumayanlah dapat satu tempat tidur besar, televisi, air mineral ukuran sedang 2 botol, handuk, serta toiletries ala RedDoorz. Sayangnya, kamar mandinya bau, meski hanya sesekali baunya menguar keluar. Sepertinya, wc kamar bocor sehingga bau tidak sedap langsung menguar begitu ada yang habis buang air. Bahkan, saat penghuni kamar atas buang air, suara gleduk-gleduk ikut terdengar dari kamar mandi dan membuat saya dan anak-anak terdiam sejenak. Entah apa yang kami bayangkan, tapi kayaknya sama deh, hihihi.

Kamar mandi dengan toilet jongkok, sebuah ember, dan gayung

Besoknya, anakku, Khaulah berteriak-teriak dari kamar mandi. Kirain ada apa, ternyata ia mendapat haid pertamanya di tempat ini. Huhuhu, mana gak ada pembalut, suami juga lagi di kampus, anak sulungku yang kuliah di sini juga lagi di kampus, sementara saya gak bisa keluar untuk membeli pembalut karena tidak ada warung di sekitar tempat ini.


Rencananya, kami menginap di sini selama dua malam saja. Qadarallah, waktunya ditambah semalam. Namun, saat suami melapor ke resepsionis, ternyata kami tidak bisa memperpanjang masa menginap karena kamar tersebut telah di-booking orang lain. Sementara itu,  kamar di penginapan juga sedang full. Kondisi weekend membuat banyak pengunjung luar kota yang datang ke Bogor untuk liburan.

Namun, kemudian suami dikabari kalau sebenarnya masih ada satu kamar yang kosong, kamar yang tepat berada di sebelah kamar kami (kamar 120). Namun, karena pesannya tidak lewat aplikasi, harganya lebih mahal, yakni sekitar Rp 270-an ribu.  Rupanya, booking lewat aplikasi lebih murah daripada pesan langsung on the spot, huhuhu.

No other choice, kami mengambil kamar yang berada tepat di sebelah kamar yang kami tempati selama dua malam. Pindah ke kamar yang sedikit kurang nyaman dibanding kamar sebelah (salah satunya karena tv-nya tabung dengan gambar yang buram, sementara di sebelah tv layar datar dengan gambar yang terang benderang). Tapi, sudahlah, toh hanya untuk satu malam saja.

Paginya, suami grasak-grasuk usai membeli nasi uduk buat sarapan kami. Katanya, rumah Syahrini lagi ramai dan sepertinya lagi ada acara di rumah itu. Anak-anak buruan mengajakku keluar karena  ingin  melihat artis fenomenal itu.

Gak ah, malas. Nanti aja keluarnya kalau udah mau check-out. ” tolakku sembari menikmati nasi uduk hangat yang sangat menggoda selera (Ups, makanan apa sih yang tidak menggoda seleraku. Hihihi.)

Yes, hari ini kami akan check out dari penginapan RedDoorz ini. Kebetulan juga, hari ini suami ada undangan pernikahan di daerah Pasar Rebo, Jakarta. Pesta pernikahan mahasiswa master-nya. Jadinya, saya harus packing dan check out sendiri karena kemungkinan besar suami akan tiba lebih dari jam 12 siang, masa check out di penginapan tersebut.


Nah lo, hanya orang baik-baik yang boleh nginap di sini

Saat menunggu suami di lobi, pintu gerbang rumah Syahrini terbuka lebar. Terlihat beberapa orang bapak keluar dari rumah itu dengan membawa nasi kotak dan air minum. Katanya, tadi ada pengajian yang dihadiri Syahrini seta warga sekitar. Saat itulah, saya bertanya ke mba resepsionis benarkah itu rumah Syahrini.


Kondisi rumah Syahrini usai acara pengajian (berasa infotainment, dah)

Iya, ini rumah Syahrini, rumah orang tuanya, rumah masa kecilnya.

Hm, berarti benar apa yang dikatakan supir Grab yang membawa kami pertama kali ke tempat ini. Saat itulah, saya memperhatikan rumah tersebut. Kali aja Syahrini-nya keluar. Kan bisa minta foto bareng, hehehe.

Alhamdulillah, suami  datang sekitar pukul dua siang. Tampilan suami jangan ditanya deh. Kucel dan kesel, gara-gara macet di sepanjang perjalanan. Terus terang, macet adalah salah satu hal yang membuatnya tidak betah berada di kota ini. Maklum, Terengganu mah anti macet karena penduduknya juga jarang-jarang.

Setelah beristirahat sejenak dan membeli minuman dingin yang ada di ruangan resepsionis, suami pun memesan Grab dan kami bersiap untuk pindah ke penginapan berikutnya. Di manakah itu? Tunggu kelanjutan kisahnya di ulasan homestay berikutnya.
*

REVIEW SINGKAT REDDOORZ SYARIAH NEAR TAMAN AIR MANCUR, BOGOR
HARGA PERMALAM
FASILITAS
TEMPAT MENARIK TERDEKAT
VIA APLIKASI
ON THE SPOT
Rp 172.250

Rp 270 ribuan
1. Tempat tidur king size
2. 2 botol air mineral sedang
3. 2 handuk
4. Toiletries (sikat gigi, pasta gigi, sabun cair,sisir)
5. Lemari pakaian
6. Televisi
7. AC
8. Tempat jemuran kecil
1. Taman Air Mancur
2. Istana Bogor
3. Kebun Raya Bogor
4. Lippo Mall
5. Mall Botani
6. TBM, dan
7. Terminal bus DAMRI

38 Comments

  1. Depan rumanya syahrini? OMG. Tapi dari yang aku baca, penginapannya cukup bagus, budget juga nggak terlalu mahal untuk penginapan dengan fasilitas segitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar Mba, malah Syahrini-nya sempat datang tapi saya sempat lihat. Yes, penginapannya memang lumayanlah untuk bujet segitu.

      Delete
  2. Duh, ga kebayang gimana horornya denger suara gruduk-gruduk dari kamar mandi pas ada yang lagi buang air. Rasanya takut bocor aja x))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Horor banget, itu aja kita siap-siap lari kalau terjadi apa-apa, hehehe

      Delete
  3. Kok aku galfok sama rumahnya Syahrini ya. Hehe... Kayanya bisa jadi nilai tambah juga tuh yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bonus buat penginapannya, apalagi buat para fansnya incess.

      Delete
  4. Wah, noted nih Mba utk tempat menginap kalau kemalaman main di Bogor... hehehehe

    ReplyDelete
  5. Wah serunya ya, Dewi bacanya ikit naik turun emosi, antara senng denger punya syahrini, juga deg-degan yg toiletnya agak bermasalah, mana anak gadis teriak-teriak bikin kaget dan masyaAllah pengalaman menstruasi pertamanya pasti akan terkenang sepanjang masa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan-jangan mba Dewi fansnya Syahrini. Buruan nginap di sini, siapa tahu ketemu Incess

      Delete
  6. Seruuu! Btw, keliatan gak Mba Syahrininya hehehe pengalaman tak terlupakan buat si Kakak. Kapan mampir Bekasi, Mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Syahrininya kebetulan datang ke rumah itu, tapi saya gak sempat lihat. Mudah-mudahan next bisa ke Bekasi.

      Delete
  7. Wah gak kebayang deh kalau dapat kamar yang kayak gini. Toiletnya bermasalah hiii. Pasti kurang nyaman banget ya Mbak. E tapi, dapat bonus bisa lihat rumahnya syahrini masa kecil. Lumayan ya buat hiburan. Selain itu, posisi penginapan di tengah kota. Jadi kemana-kemana mudah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nilai plus-nya ya rumah artis fenomenal itu, hehehe

      Delete
  8. Pengalaman menginap yang seru nih Mbak. Penginapan seberang rumah artis fenomenal itu, wooow bikin penasaran. Jadi ingin coba kapan-kapan pakai aplikasi Rezdoozr.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo cobain, Mba. Murah, meriah, dan banyak pilihan.

      Delete
  9. Xixixi seru kayaknya minep di sana apalagi ada sejarah artis fenomenal itu he he..., ya walau sempet ada insiden gludak gluduk horor. Aduuh mana aura liburan sekolah anak sudah kecium... Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi altenatif penginapan saat liburan. Murah meriah.

      Delete
  10. Wiih senengnya bisa liat runah artis hehehe. Tapi emang ya reddoors ini bantu banget kalau kita mau nyari hotel low budget gitu. Yang penting mah bisa tidur lelap, bersih dan rapi. Gitu aja sih kalo aki

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss, mba. Kalau lagi travelling, urusan penginapan mah yang penting bisa bobo aja. Yang penting bisa mengunjungi tempat-tempat keren dan berfutu-futu, hehehe

      Delete
  11. Seru nih jadi bisa tetanggan sebentar sama Syahrini ya Mbak Ria hihihi
    Kalau Reddoors enaknya ada syariahnya ya, dan memnag biasanya kalau online lebih hemat tarifnya. Lain kali kalau nginepnya di Jakarta Barat kabari ya, kopdaran kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetanggaan selama hari. Sip, insya Allah kalau nge-bolang ke Jakarta lagi kita ketemuan ya, mba.

      Delete
  12. Asyiknya bisa nginap di depan rumah Syahrini, Bun. Tapi kalau suasananya toiletnya seperti itu, saya juga agak gimana, gitu hihihi. Yang gak nguatin itu baunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baunya kan gak setiap saat, mba. kalau bau, ngacir keluar aja dulu, hehehe.

      Delete
  13. Beruntung banget mb,bisa dapat penginapan di depan rmh Syahrini.
    Semoga suatu saat saya bisa menginap di sana juga ahh, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan lupa, pesannya via aplikasi biar lebih murah.

      Delete
  14. Untung saya orang baik-baik, boleh dong nginep di sana kalau ke Bogor, hehehe. Seru mba pengalamannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penginapannya memang hanya untuk orang baik-baik, Mba. Hehehe

      Delete
  15. ahahha salah fokus sama rumah nya syahrini, tapi emang Bogor kalau weekend itu membludak pengunjungnya mbak. Macet pula di setiap jalannya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, saya juga baru tahu karena selama ini ke Bogornya pas bukan weekend.

      Delete
  16. Daku belum pernah menginap di redoorz, jadi makin penasaran apalagi karena kemarin sempet lewat di salah satu cabang redoorz

    ReplyDelete
  17. Beberapa kali ngina[ di RedDoorz tapi sepertinya fasilitas dan kondisinya beda-beda di..
    RedDoorz yang pernah saya tempati itu lumayan bagus, kamar mandinya juga ok.
    Tak apa berantakan asal lihat rumah artis hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semuanya bagusji, Bu. Cuma memang kamar mandinya mau direnovasi agar pengunjung merasa lebih nyaman.

      Delete
  18. Seruu..jadi pengen lihat Syahrini juga, hehe..emang pesan kamar pakai aplikasi jauh lebih murah ya mba..banyak diskon dan vouchernya

    ReplyDelete
  19. Baru tau ada penginapan semurah itu di Bogor mba, rumah Syahrini lagi, hihihi. Tapi sayangnya kamar mandinya kurang nyaman ya mba. Btw it's ok lah buat jaga-jaga klo kemalaman di Bogor.

    ReplyDelete
  20. Seru ya mbak nginep bareng keluarga, memang harus diagebdakan ya. Emang bisa jadi daya tarik juga kalau penginapannya deket sama rumahnya artis gitu. Tapi memang ada harga ada rupa ya mbak.

    ReplyDelete
  21. Wah, sekarang mskin praktis ya mbak memesan penginapan lewat aplikasi dan lebih murah lagi, cuma kalau lagi musim liburan harus direncanakan dari awal ya, mbak

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak yang baik. Happy Blogging