Keutamaan Jujur, Jalan Selamat Dunia Akhirat

By HAERIAH SYAMSUDDIN - Sunday, September 01, 2019



Jujur merupakan salah satu sifat baik yang harus dimiliki semua orang, temasuk anak kecil. Di era seperti sekarang ini, jujur merupakan barang langka yang tidak dimiliki semua orang. Padahal, jujur tidak saja merupakan sebuah kebaikan, tetapi juga sesuatu yang telah ditetapkan dalam agama maupun adat budaya masyarakat. Ya, jujur adalah salah satu jalan selamat dunia akhirat

Sifat jujur harus mulai ditananmkan sejak kecil agar kelak ketika anak-anak dewasa, mereka akan senantiasa menjunjung tinggi dan mengamalkan kejujuran tersebut. Kejujuran telah tertanam dalam di hatinya sehingga pantang baginya untuk berdusta. 

Tak ada yang salah dengan bersikap jujur, meski terkadang kejujuran justru disalahartikan. Tak bisa dipungkiri,  dalam beberapa keadaan, orang-orang jujur sering dimanfaatkan oleh mereka yang tidak bertanggung jawab. Namun, tetaplah senantiasa berlaku jujur dalam segala hal, baik jujur dalam keyakinan, jujur dalam ucapan, maupun jujur dalam perbuatan. 

Perintah untuk senantiasa jujur juga telah disebutkan dalam Al Qur'an, yang artinya, "Wahai orang-orang yang beriman bertaqwalah kepada Allah dan jadilah kalian bersama orang-orang yang jujur. "(QS At-Taubah/9:119).


Keutamaan Jujur

Tentu saja, banyak sekali keutamaan berlaku jujur. Berikut akan diuraikan beberapa di antaranya. 

1. Merupakan Akhlak Mulia

Rasulullah Shalallahu alaihi wa Sallam senantiasa menganjurkan umatnya agar selalu mengedepankan dan mengutamakan kejujuran. Jujur adalah pintu akhlak mulia yang akan mengantarkan pemiliknya kepada akhlak tersebut. 

Beliau Shalallahu alaihi wa Sallam bersabda, “Sesungguhnya kejujuran membawa kepada kebajikan.

Kebajikan yang dimaksud adalah segala sesuatu yang bermakna kebaikan kepada siapa saja serta ketaatan kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala. Sifat jujur akan membawa keselamatan bagi pemiliknya, baik di dunia maupun akhirat. 

2. Mendatangkan Keberkahan



Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan dari Hakim bin Hizam dari Nabi, beliau bersabda,
Penjual dan pembeli diberi kesempatan berpikir selagi mereka belum berpisah. Seandainya mereka jujur serta membuat penjelasan mengenai barang yang diperjualbelikan, mereka akan mendapat berkah dalam jual beli tersebut. Sebaliknya, jika mereka menipu dan merahasiakan mengenai apa-apa yang harus diterangkan tentang barang yang diperjualbelikan, akan terhapus keberkahannya.

Hadis di atas memperlihatkan betapa sebuah kejujuran akan mendatangkan keberkahan dan hal ini juga berlaku dalam kehidupan sehari-hari. Contoh sederhana adalah dalam bermuamalah, khususnya berjual beli. Ketika seseorang diketahui sebagai seorang pedagang yang jujur, orang lain akan berbondong-bondong untuk membeli barang padanya. Para pembeli akan merasa lebih tenang bermuamalah dengannya karena ia jujur mengutarakan apa adanya akan barang-barang yang dijualnya. Pembeli tidak khawatir mereka akan dibohongi dan dicurangi.  


Baca Juga


Nah, berjualan seperti ini tidak hanya mendatangkan keuntungan, tetapi juga akan membuatnya berhasil mem-branding dirinya sebagai orang yang baik dan mulia. Bukan hanya itu, kejujuran seperti ini juga akan membawa kebahagiaan, di dunia maupun akhirat. Inilah keberkahan yang diperoleh berkat sebuah kejujuran.

"Ini adalah suatu hari yang bermanfaat bagi orang-orang yang benar kebenaran mereka. Bagi mereka surga yang di bawahnya mengalir sungai-sungai. Mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Allah rida terhadap mereka dan mereka pun rida terhadap-Nya. Itulah keberuntungan yang paling besar.” (QS. al-Maidah: 119)

3. Mendatangkan Ketenangan dan Rasa Aman

Kejujuran akan mendatangkan ketenangan serta rasa aman bagi pelakunya. Kejujuran akan membuat pemiliknya tenang karena tidak perlu mencari berbagai alasan atau argumentasi untuk berbohong. Cukup ia mengatakan apa yang dilihat, didengar, dan diketahuinya. Sangat mudah, bukan?

4. Mendapatkan Kepercayaan


Kepercayaan akan mudah didapat jika orang mengetahui kalau kita adalah orang yang jujur (Aamiin, semoga kita termasuk di dalamnya). Nilai-nilai kejujuran yang telah melekat pada diri seseorang membuatnya tidak akan berkhianat serta dapat menjaga amanah sebaik-baiknya. 

Baca Juga:

5. Dicintai Manusia 


Jujur adalah barang langka di zaman ini. Kebanyakan, di mana-mana kita menemukan orang yang mudah berkhianat, mudah berdusta, serta tidak amanah. Oleh karena itu, jujur menjadi susah dicari dan ditemukan.

Tak heran, bila orang-orang yang memiliki sifat jujur ini akan dengan mudah mendapatkan kepercayaan dan juga disukai banyak orang. Berteman dengan seseorang yang jujur akan membuat kita lebih tenang, aman, dan tentram. Syukur-syukur kita bisa ter-sibhgah atau terimbas dengan kejujurannya sehingga kelak kita pun menjadi sosok yang jujur karena sesungguhnya jujur jalan selamat dunia akhirat.

Masya Allah, betapa banyaknya keutamaan sebuah kejujuran. Semoga kita dimudahkan untuk menjadi bagian dari orang-orang yang jujur di mana pun kita berada.  Ingatlah sebuah ungkapan bahwa, "Alangkah indahnya ucapan seorang yang jujur dan alangkah buruknya perkataan seorang pendusta."

Terakhir, ingatlah selalu pesan Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam yang artinya,  “Tinggalkan apa yang meragukanmu kepada yang tidak meragukanmu, sesungguhnya kejujuran, (mendatangkan) ketenangan dan kebohongan, (mendatangkan) keraguan.

Wallahu a'lam bisshawab.
*
#ODOPDAY1
#EstrilookOdopDay1

  • Share:

You Might Also Like

17 komentar

  1. Salah satu pembelajaran penting dan pertama yang saya ajarkan ke anak-anak ini, Bun. Kejujuran 💕

    ReplyDelete
  2. Mudah secara anjuran diucapkan namun sulit dalam praktek, semangat ... semoga istiqomah dlm memegang kejujuran #buat dirisendiri jg

    ReplyDelete
  3. Sepakat sekali dengan point point di atas. Tak peduli seberhasil apa seseorang tampak dari luar, jika tidak dibarengi dengan kejujuran akan selalu ada perasaan bersalah dan tidak tenang dalam menjalani kehidupan

    ReplyDelete
  4. Semoga kita bisa selalu Istiqomah dalam kejujuran di tengah hiruk pikuk duniawi.

    ReplyDelete
  5. MasyaAllah bacanya langsung makjleb mbak krena kdang berlalu jujur itu susah, apalagi sma suami klo soal hal kecil gitu. Lah hal kecil aja ga jujurjujur gmn hal gede ya? Harus banget jujur ini

    ReplyDelete
  6. Kejujuran sangat penting ditanamkan sejak dini pada anak. Karena ini bisa menjadi pondasi kuat untuk karakter anak nantinya. Aku tuh miris sekarang banyak perilaku tidak jujur yang dimulai dari usia belia. Misalnya budaya menyontek dan berbohong. Dan ini sering aku saksikan di kelas children yang kuhandle. Hanya beberapa sih. Tapi sedih liat kondisi ini��

    ReplyDelete
  7. Karena jujur adalah julukan Rasulullah yang menjadikan beliau berbeda, menjadikan beliau istimewa. Maka sebagai ummatnya, kita seharusnya berusaha keras berlaku jujur ya, Mbak. Banyak tantangannya memang. Tapi jika tekad kita kuat dan hanya takut pada Allah, insya Allah bisa!

    ReplyDelete
  8. Jujur itu untuk sebagian orang mudah diucap n sulit dijalankan..
    Semoga kita tidak ke dalam golongan seperti itu

    ReplyDelete
  9. Smoga kita semua istiqomah baik laku atau lisan dalam hal kejujuran selama hayat dikandung badan

    ReplyDelete
  10. Menjaga kejujuran dalam kehidupan sehari-hari memang sangat penting dan harus terus dilakukan
    Semoga bisa terus istiqomah ya Mba

    ReplyDelete
  11. Kejujuran memang penting dalam hidup ini. Apalagi diera zaman yang seperti ini. Terasa sulit untuk mencari orang-orang yang jujur. Seperti, koruptor yang berada dimana-mana, mereka kurang amanah dan yang terpenting hilangnya kejujuran dalam diri mereka.
    Semoga negeri ini cukup sampai disini saja kasus2 korupsi yang sudah bermunculan. Aamiin

    ReplyDelete
  12. Bener bamget Mbak. Duh, ademnya ketika baca ini. Kejujuran memang penting banget, biar hidup jadi berkah dan selamat dunia dan akhirat

    ReplyDelete
  13. Salah satu yg saya junjung tinggi dalam kehidupan adalah soal kejujuran ini. Simpel, tapi sangat bermakna dan menjadi kunci kebaikan akhlak.

    ReplyDelete
  14. Selalu suka dengan bacaan yang mengingatkan diri seperti artikel ini
    Betapa banyaknya keutamaan sebuah kejujuran yaa
    Semoga kita semua dimudahkan untuk menjadi bagian dari orang-orang yang jujur di mana pun kita berada. "Alangkah indahnya ucapan seorang yang jujur dan alangkah buruknya perkataan seorang pendusta."
    Masya Allah!

    ReplyDelete
  15. Kejujuran ini maha penting yang aku utamakan dari anak-anakku mbak :)

    ReplyDelete
  16. setuju banget mbak. semoga bisa terus melakukannya ya, apapun kondisinya. aamiin..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak yang baik. Happy Blogging