Butiran Kata, Butiran Kata-Kata Yang Ingin Kurangkai Menjadi Kisah Bermakna

Thursday, 22 November 2018


Alhamdulillah,  masih diberi kekuatan untuk menapaki hari ketiga menjawab tantangan nge-blog dari Blogger Perempuan Network. Semoga tetap semangat hingga akhir tantangan. Aamiin.




Tema di hari ketiga adalah mengapa memilih nama blog yang digunakan. Hm, mengapa, ya?

First of all, tahukah teman-teman bahwa blogku ini sudah beberapa kali berganti nama. Mulanya kunamakan sesuai namaku Cerita Haeriah Syamsuddin. Penamaan ini dikarenakan blog ini nantinya akan berkisah seputar apa-apa saja yang saya rasakan, saya inginkan, maupun yang telah saya dapatkan.

Seiring berjalannya waktu, saya merasa bosan dengan nama blog tersebut. Maka mulailah blogku berganti-ganti nama. Mulai dari Haeriah Syamsuddin’s Blog, Dunia Haeriah, Catatan Haeriah, dan sebagainya.

Hingga, suatu ketika saat blogwalking, saya nemu beberapa nama blog yang membuatku tertarik. Saya pun mulai mengolah dan mencari nama yang tepat untuk blogku. Inginku, nama blogku hanya terdiri dari dua kata yang singkat, padat, dan menggambarkan diri serta blogku.



Untuk mencari nama yang tepat, saya mulai dari diriku sendiri. Apa dan bagaimana saya. Karena saya hobi menulis,  pastinya satu kata itu yang ada hubungannya dengan dunia menulis. Sementara satu kata yang lain juga adalah penggambaran siapa saya. Dan, karena saya sangat suka dengan pantai, terutama pasir putihnya, saya pun ingin satu kata itu identik dengan pantai atau pasir.


Dan, ide untuk penamaan blogku diperoleh saat kami sekeluarga menikmati weekend di Pantai Nelayan Tok Jembal, sebuah pantai nelayan yang berada tak jauh dari rumahku. Saat menikmati pasir putihnya, saya tiba-tiba teringat dengan sebuah judul sandiwara radio zaman baheula,  Butir-Butir Pasir Di Laut. (Dulu sering dengar dari radio yang diputar Bapak Rahimahullah). Ada yang ingat dengan sandiwara radio tersebut?

Yess... sebuah ide untuk penamaan blogku pun tercipta, Butiran Kata. Menurut kbbi.kemendikbud.go.id, butir (an)
·        n barang yang kecil-kecil seperti beras, intan
·      n kata penggolong bagi barang yang bulat-bulat atau kecil-kecil: dua -- peluru bersarang di tubuhnya
· n ki salah satu bagian dari keseluruhan; perincian: keputusan musyawarah partai itu terdiri atas delapan --

Sementara kata adalah

· n unsur bahasa yang diucapkan atau dituliskan yang merupakan perwujudan kesatuan perasaan dan pikiran yang dapat digunakan dalam berbahasa
·        n ujar; bicara
·     n Ling morfem atau kombinasi morfem yang oleh bahasawan dianggap sebagai satuan terkecil yang dapat diujarkan sebagai bentuk yang bebas
·   n Ling satuan bahasa yang dapat berdiri sendiri, terjadi dari morfem tunggal (misalnya batu, rumah, datang) atau gabungan morfem (misalnya pejuang, pancasila, mahakuasa)

Jalur Gemilang Di Pantai Tok Jembal, Terengganu

Dari penggabungan kedua kata tersebut, saya memaknai (ngasal ala-ala saya, sih) Butiran Kata bahwasanya semua yang terjadi di dunia ini merupakan butiran-butiran dari peristiwa atau kejadian.  Untuk bisa mengabarkannya kepada orang lain, diperlukan huruf yang berupa rangkaian kata yang nantinya menjadi untaian kalimat yang bermakna dan dapat dipahami. Demikianlah secara sederhana saya mengartikan Butiran Kata  untuk nama blogku.

Qadarallah, ide nama butiran kata hadir setelah saya mengganti blog gratisanku menjadi blog berbayar dan saya justru mematenkan nama haeriahsyam untuk url blogku.  Padahal saya ingin, ketika butiran kata disebutkan, orang-orang akan langsung mengingat blogku. Semacam jadi branding untuk blogku.

Nah, bagaimana denganmu? Apa alasanmu memilih nama blog? Sharing, yuk.

14 comments:

  1. Assalamualaikum, syukaa mbak, "butiran kata" filosofis banget. Kereen

    ReplyDelete
  2. Suka banget, maknanya sangat dalam dan berarti��

    ReplyDelete
  3. Whuaa akuu pikir nama blog itu yg haeriahsyam. Tapi butiran kata juga bagus, filosofis banget. Sukses ya mba.

    ReplyDelete
  4. Bagus pemilihan nama blognya . Butiran Kata. Sangat Keren mbak

    ReplyDelete
  5. namanya bagus mbak, butiran kata, pas pada porsinya

    ReplyDelete
  6. Jadi dapat inspirasi buat nama blog niche baruku. Makasih mba ...

    ReplyDelete
  7. Sukaaa Butiran Kata...Cocoklah sebagai penulis. Saya engga ada ide. Url nama sendiri, nama blog ya Blog Hani doang...
    Duuh...

    ReplyDelete
  8. Saya kok sependapat dg Mbak Dwi Arum, ya :) Butiran kata itu tagline blog-nya. Nama blog Mbak yang haeriah.com. Nama blog = domain yang digunakan, Yang biasanya kita daftarkan di provider :)

    Btw, butiran kata baguuus kok. Semua butirannya menyatu di blog ini dan memberikan inspirasi, aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pemahamanku nama blog yang ada di header blog, tagline yg jelasin description blognya. Eh tapi gak tau juga. Nah klo url itu nama domain. Hahaha,gak tau mana yg bener

      Delete
  9. Bagus nama blognya, kayak nama-nama Melayu gitu, hehehe. Orang mikirnya tiap butiran kata di sini bakalan banyak makna

    ReplyDelete
  10. Keceh mbaak nama blognya, dalem dan bermakna banget gituuu

    ReplyDelete
  11. Haeriahsyam juga bagus Mbak..orang langsung ingat itu Mbak Haeriah Syam.
    Bukan yang lain:)

    ReplyDelete
  12. Filosofi butiran katanya baguuusss ... Aku sih orangnya mau yang santai. Pakai namaku sendiri, kelaaar ... Eh ini santai atau males, yak? Hahaha ...

    ReplyDelete
  13. Kalau aku memilih nama blog yang sekarang karena supaya sama dengan semua nama media sosial, hihihi.
    orangnya ogah repot dan mikir banget ya, :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak yang baik. Happy Blogging

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...