Semarak Majlis Khatam Al Qur'an Tadika Yayasan Islam Terengganu Cawangan Wakaf Tembesu

Sunday, 18 November 2018


Beberapa hari yang lalu, kami mendapatkan surat pemberitahuan dari sekolah kalau si kecil  Hilyah akan diikutsertakan dalam acara Majlis Khatam Al Qur'an yang diadakan sekolahnya. Hilyah merupakan satu dari sembilan siswa yang akan mewakili kelasnya di acara tersebut. Sebelumnya, Hilyah dan kedelapan orang kawannya diuji oleh para ustadzah sebelum dinyatakan lulus untuk menghadiri acara penamatan tersebut.

Dan hari ini, tanggal 14 November 2018 acara tersebut diadakan, meski molor  sekitar satu jam. Kebetulan tepat di samping sekolah ada sebuah surau, jadi acara khataman ini diadakan di surau tersebut. Saking dekatnya, surau itu serasa punya sekolah, deh. Jangan-jangan memang surau itu milik sekolah atau justru sekolah itu milik surau? Ih, kok malah kepoin yang gak penting ,sih.

Oke, kembali ke majlis

Alhamdulillah, sekolah dan surau Hilyah tidak jauh dari rumah. Sepelemparan batu juga udah sampai. Jadi, saya tidak perlu terburu-buru dan bisa menyelesaikan urusan domestik terlebih dahulu  sebelum bergegas langsung ke surau. 

Sesuai dengan waktu acara, tertera pukul 8.30 pagi namun nyatanya acara baru dimulai satu jam kemudian. Kebetulan saya dan Khaulah baru berkesempatan ke surau tersebut pada pukul 9.30 dan acara baru akan dimulai. Alhamdulillah, gak ketinggalan satu rangkaian acara pun dan kami juga tidak perlu menunggu lama sebagaimana beberapa orang ibu yang mulai gelisah karena urusan mereka yang lain jadi ikut terhambat.

Pembukaan Acara Oleh Guru Besar (baju biru)

Acara dibuka oleh Guru Besar (Kepala Sekolah) kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Quran oleh salah seorang siswa tadika. Masya Allah, pembacaan ayat suci budak kecil tahun 6 (TK A) itu sangat indah. Saya sampai terharu mendengarnya. Wah, calon qori nih.

Setelah itu masuklah acara inti. Tiga orang ustadzah akan membimbing para siswa tadika menyelesaikan khataman mereka. Jadi, ustadzah akan membacakan ayat per ayat, setelah itu para siswa akan mengikutinya. Dimulai dari membacakan Surah Ad Dhuha hingga Surah An Naas. 

Para calon hafizh dan hafizhah

 
Insya Allah, para hafizhah teladan


Dengan penuh semangat, para calon hafizh dan hafizhah tersebut mengikuti bimbingan para ustadzah. Khas anak kecil, sesekali mereka melampaui pembacaan ustadzahnya ketika ayat yang dibacakan sudah sangat akrab di telinga mereka. Lucu, deh.

Bersiap-siap untuk sesi pengambilan gambar


Usai acara ini, masing-masing siswa kemudian dibagikan buku Surah Yasin. Setelah berfoto bersama, acara pada hari inipun ditutup. 

Berfoto bersama, para siswa dan tenaga pengajar.
Foto milik Cikgu Wa

Sebelum para siswa meninggalkan surau dan kembali ke sekolah, masing-masing mendapatkan bingkisan kecil berupa gelas plastik kecil yang di dalamnya diisi dengan nasi pulu kuning (kalau di Makassar kami menyebutnya Kaddo Minyak) dan bagian atasnya dihiasi dengan sekuntum bunga kertas dan sebutir telur.


Wakil Dari Kelas Zainab Khuzaimah

 
Alhamdulillah, selesai sudah rangkaian acara hari ini. Semoga kelak, kalian semua menjadi anak-anak yang sholih dan shalihah, menjadi hafizh dan hafizhah yang menjadikan Al Quran sebagai pedoman dan tuntunan hidup untuk meraih kebahagiaan di dunia dan akhirat. 

Aamiin.

29 comments:

  1. Insya Allah, para hafizh dan hafizhah

    ReplyDelete
  2. Alahmdulillah punya anak sholih dan sholihah, calon hafidz dan hafidzah. Semoga acar seperti ini juga diadakan diberbagai daerah yah sehingga akan banyak bermunculan generasi Robbani.. Suka deh dengan acara ini...

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah semoga kita semua berkemampuan mencetak generasi2 qurani.aamiin

    ReplyDelete
  4. Masya Allah Tabarakallah..Semoga Hilyah dan teman-temannya di tadika kelak bisa jadi penjaga Al-Quran serta jadi Hafiz dan Hafizah yang soleh dan solehah. Aamiin

    ReplyDelete
  5. InsyaAllah Hilyah dan teman²nya kelak menjadi Hafiz dan Hafizah dan mengamalkan ilmunya. Amin...

    ReplyDelete
  6. MasyaAllah, menantikan momen seperti ini untuk kedua anakku. Dulu momen saya khatam quran saat masih kecil saja sudah bikin ibu terharu. Sekarang pun menantikan momen seperti itu untuk anak-anak. Semoga ilmunya berkah dan terus berkembang ya Sayang. :)

    ReplyDelete
  7. Semoga makin sholeh dan sholehah ya anak-anak hebat!

    ReplyDelete
  8. Subhanalloh, saya merinding bacanya. Anak soleh dan solehah semuanya. Aamiin

    ReplyDelete
  9. MasyAllah para penghapal Quran. Kerennn. Semoga Allah mereka dan semoga anak-anak penghapal Quran itu bisa bermanfaat untuk umat. Aaaminnn. Selamat untuk anaknya ya bun

    ReplyDelete
  10. MasyaAllah ... Semoga nilai-nilai Al Qur'an senantiasa tertancap di hati sanubari kalian ya, Nak. Mengingatkan kalian saat berada di jalan yang salah, menyemangati kalian untuk terus menebarkan manfaat dalam kehidupan. Aamiin.

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah semoga anak-anak menjadi Hafidz Dan hafidzah yang soleh Dan solehah. Aamiin.

    ReplyDelete
  12. Masya Allah, jadi pengantar mahkota surga buat ayah dan bunda ya sayangkuu..terharu banget, inget dulu khatam iqro menuju juzz amma aja bikin ibu senengnya. Dan bingkisan unik itu aku baru tau lho, lucu ya ada bunga kertasnya

    ReplyDelete
  13. Masya Allah, senengnya bacanya. Semoga semua budak-budak kecik itu jadi hafizh/ah yang muslih/ah ya. Aamiin. Btw, jadi ingat upin ipin:) pakaian Cikgu-nya khas sekali. Ada Cikgu Besa juga, hehe

    ReplyDelete
  14. Subhanallah, suka bergetar hati iniii kalo mendengar anak-anak melantunkan ayat suci Al Quran

    ReplyDelete
  15. Wah, anaknya terpilih menjadi hilyah,sudah suatu prestasi. Moga kelak jadi penghapal alquran, ya. Aamiin

    ReplyDelete
  16. masyaalloh tabarokalloh... liat foto-fotonya menarik

    ReplyDelete
  17. Kereeen Mbak, anaknya jadi salah satu yang terpilih. Semoga anak-anak kita menjadi anak yang Sholih ... Aamiin

    ReplyDelete
  18. subhanallah, bahagia banget ya bun, punya anak calon hafiz, semoga anak anak kita menjadi kebanggaan keluarga

    ReplyDelete
  19. Masyaa Allah, tabungan akhirat, Bun.... Semoga mereka bisa terus semangat dan mengamalkannya hingga dewasa kelak.

    ReplyDelete
  20. Para penghuni dunia yang menggetarkan jiwa,InshaAllah kelak para calon penghuni surga. Aamiin...

    ReplyDelete
  21. dedeknya lucu-lucu. semoga semuanya jadi hafidz dan hafidzah. aamiin

    ReplyDelete
  22. Selalu berdoa semoga anakku kelak menjadi hafizhah salihah & sebagai penyelamat bagi orang tuanya dari siksa api neraka. Aamiin.

    ReplyDelete
  23. Masya Allah, para calon penghapal.Quran masa depan. Semoga sukses ya..

    ReplyDelete
  24. Untung suraunya dekat. Kalau gak, kasian Hilyah. Hehehe
    Sukses terus, Adik Hilyah!

    ReplyDelete
  25. Senangny mb
    Moga2 anakku juga bisa mengikuti jejak kebaikan aamiin

    ReplyDelete
  26. Kok saya buka tulisannya ilang semua, Bun.. nggak bisa baca :(

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak yang baik. Happy Blogging

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...