Jangan Mandi Di Waktu-Waktu Ini. Ternyata, Dampaknya Bisa Sangat Fatal

Thursday, 29 November 2018


Mandi merupakan salah satu cara untuk membersihkan diri, yakni dengan  mengguyur sekujur tubuh menggunakan air. Mandi bertujuan untuk meluruhkan bakteri yang menempel pada tubuh agar nantinya terhindar dari risiko terkena  penyakit akibat bakteri tersebut.


Selain itu, mandi  juga dilakukan untuk memberi kesegaran. Tak heran, bila kebanyakan orang  melakukan kegiatan ini berkali-kali dalam sehari hanya untuk menghilangkan rasa gerah. Apalagi, bila cuaca memang sedang sedang panas-panasnya atau sedang musim kemarau.

Namun, di balik semua itu ternyata mandi juga mempunyai aturan serta jadwal tersendiri. Aturan ini sebaiknya dipatuhi sebab ternyata ada beberapa waktu yang dilarang untuk mandi dikarenakan bisa membawa dampak  buruk bagi kesehatan. Bahkan, bisa sampai menyebabkan kematian secara tiba-tiba atau mendadak.

Hal ini dikarenakan mandi di waktu yang tidak tepat dapat menyebabkan timbulnya efek yang berbahaya. Agar lebih jelas, berikut pemaparan akan waktu mana saja yang aman maupun yang membahayakan untuk mandi.

Waktu-Waktu yang Berbahaya untuk Mandi
Setengah Jam Setelah Waktu Ashar

Waktu salat Ashar di Indonesia biasanya berada pada kisaran waktu pukul 15.00 WIB atau pukul 2 sore hari. Jadi, di waktu ini Anda tidak dianjurkan untuk mandi disebabkan  pada waktu tersebut kondisi darah dalam tubuh sedang dalam keadaan panas. Jika mandi pada waktu itu, dikhawatirkan tubuh akan kaget dengan perubahannya sehingga menimbulkan rasa letih yang terlalu besar hingga akibatnya dapat berujung pada kematian secara mendadak.
Setelah Waktu Magrib


Waktu salat Magrib terjadi pada saat terbenamnya matahari, yakni sekitar pukul 17.30 WIB atau setengah enam sore. Pada waktu ini, organ tubuh akan melemah, khususnya jantung.

Karenanya, Anda  tidak dianjurkan mandi setelah waktu salat Magrib karena dapat mengakibatkan terjadinya kematian secara mendadak akibat jantung yang dikagetkan dengan suhu air.
Setelah Waktu Isya

Mandi setelah waktu Isya sudah banyak diketahui akan dampak buruknya. Mandi di waktu ini  akan memberikan berbagai macam dampak negatif. Di antaranta adalah reumatik, sakit tulang, pembekuan darah, hingga paru-paru basah.

Waktu-Waktu Mandi yang Dianjurkan
Mandi di Pagi Hari


Tahukah Anda bahwa mandi di pagi hari mempunyai banyak manfaat. Selain untuk membersihkan tubuh, mandi di waktu ini juga berfungsi untuk membuang sisa racun dari proses detoks yang dilakukan tubuh ketika tidur semalam.

Satu yang tak kalah penting adalah bahwa kandungan ozon air di pagi hari cukup tinggi. Jadi, selain tubuh dapat menjadi lebih segar juga bisa membuat Anda lebih awet muda.

Dengan semua manfaat ini, yuk biasakan mandi di pagi hari dan jangan menundanya hingga siang apalagi sampai tidak mandi berhari-hari.
Mandi di Waktu Ashar

Sebagaimana disebutkan di atas bahwa mandi setelah waktu salat Ashar adalah berbahaya.  Namun, ternyata hal ini berbeda ketika Anda mandi bertepatan dengan waktu tersebut.

Nah, pada waktu Ashar dipercaya sebagai waktu kembalinya stamina yang telah hilang setelah melaksanakan  aktivitas biologis sepanjang hari. Inilah sebabnya mengapa waktu tersebut menjadi  waktu yang tepat untuk mandi namun jangan sampai  terlewat karena setelahnya merupakan waktu yang berbahaya untuk membersihkan diri.


Wah, ternyata mandi juga mempunyai aturannya sendiri-sendiri. Mulai sekarang, Anda sebaiknya jangan asal mandi. Perhatikan waktu-waktu yang diajurkan maupun waktu-waktu yang terlarang agar terhindar dari dampak buruk yang tidak diinginkan. 

15 comments:

  1. Ternyata, mandi ada wktnya jg ya. Terima kasih sharingnya

    ReplyDelete
  2. Aku biasany mandi sblom tidur mb alias malem krn klo g gitu g biaa tidur huhuhu
    Dah tau bahaya tp masih dilakuin ๐Ÿ˜‚

    ReplyDelete
  3. Ternyata waktu mandi ada aturannya juga ya, Mba. Maaf ya, Mba koreksi Jam 15.00 itu jam 3 sore bukan jam 2.Dan ga ada pendapat dari ahli kesehatan.

    ReplyDelete
  4. Aku biasa pulang ngampus jam 17.30,setelah itu baru mandi tapi pakai air hangat, bahaya yaa๐Ÿ˜“

    ReplyDelete
  5. MasyaAllah...ternyata mandi bukan cuma bebersih ya biasa yaa...belom lagi larangan mandi waktu langi menstruasi...terimakasih sharingnya...

    ReplyDelete
  6. Wahh...baru tahu saya, kalo magrib nggak boleh mandi ternyata ini ya efeknya. Sangat bermanfaat. Terima kasih infonya mbaa

    ReplyDelete
  7. Jangan lupa mandi ajub ya, eh heheh

    ReplyDelete
  8. Duh, Aku sering kesorean Mandi. Hehe ... Enggak boleh ternyata. Trims infonya, Mbak

    ReplyDelete
  9. ashar kan cuma sebentar, jadi bingung juga ya. Padahal seger tuh sore2 :)

    ReplyDelete
  10. aku suka mandi waktu maghrib padahal. ternyata salah yaa... :(

    ReplyDelete
  11. Wah, terimakasih mb, saya suka mandi kesorean nih

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillah gak pernah mandi di waktu-waktu yang tak baik tadi. Hehehe

    ReplyDelete
  13. Saya masih sering mandi saat magrib๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™Š.
    Harus memperbaiki kebiasaan ini.

    ReplyDelete
  14. Mmmm kalo mandinya malem pake air anget tetep gak boleh y? *nawarrrrr* ๐Ÿคฃ

    ReplyDelete
  15. Kebiasaan mandi pas magrib duh ternyata salah

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak yang baik. Happy Blogging

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...