Lakukan Persiapan-Persiapan Ini Guna Meraih Keberkahan di Bulan Ramadan

By HAERIAH SYAMSUDDIN - Monday, April 06, 2020



Saat ini kaum muslimin telah berada di Bulan Sya’ban. Itu artinya, tak lama lagi kita akan bertemu dengan bulan mulia, Bulan Suci Ramadan,
 bulan kesembilan dari penanggalan hijriah, sistem penanggalan kaum muslimin. Di bulan ini, kaum muslimin diwajibkan untuk berpuasa selama sebulan penuh dan di bulan ini juga tempat  berkah dan pahala akan dilipatgandakan.

Tentu saja, kita tidak boleh melewatkan begitu saja kesempatan saat berjumpa dengan bulan ini. Untuk itu, sudah selayaknya jika sejak sekarang kita membuat persiapan-persiapan agar kelak saat berjumpa dengan bulan suci ini, kita dapat menunaikan ibadah dan amalan utama di Bulan Ramadan dengan maksimal.
Dahulu,  Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam senantiasa memberi kabar gembira akan datangnya bulain ini  kepada para sahabat.  Beliau bersabda,
“Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allah mewajibkan kalian untuk berpuasa. Di bulan ini, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan diikat; di sana terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan, barangsiapa terhalangi untuk mendapat kebaikannya, berarti dia telah terhalangi untuk mendapatkan kebaikan.” (HR. Ahmad).
Lalu, apa yang harus  dipersiapkan untuk menyambut datangnya bulan mulia tersebut? Berikut beberapa hal tersebut.
1. Perbanyak Berdoa
Bulan Suci Ramadan sudah di depan mata.  Tinggal bilangan hari lagi, kaum muslimin akan memasuki bulan mulia tersebut. Untuk itu, perbanyaklah berdoa agar umur kita dipanjangkan sehingga bisa dipertemukan dengan Ramadan dalam keadaan sehat jasmani dan rohani. Berdoa agar diberi kesehatan dan kekuatan serta semangat sehingga bisa maksimal mengerjakan ibadah di bulan tersebut. Memohon kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala  agar kita diberi kemudahan untuk mendapatkan kebaikan Ramadan.

Salah satu doa yang bisa dipanjatkan adalah doa yang diriwayatkan oleh Yahya bin Abi Katsir (seorang ulama tabi’in)  bahwa sebagian sahabat ketika mendekati datangnya Ramadan mereka berdoa (yang artinya), “Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadan, dan antarkanlah Ramadan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadan.” (Lathaif Al-Ma’arif, hlm. 264)

2. Membiasakan Diri Melakukan Kebaikan dari Sekarang

Sebuah kebiasaan akan terbentuk dengan baik jika senantiasa dilakukan berulang-ulang. Begitu juga dengan kebiasaan yang baik, tidak bisa muncul secara mendadak karena semuanya membutuhkan proses agar hasilnya maksimal. Bukan sekadar instan, hari ini baik besok entah bagaimana lagi.
Nah, agar saat Bulan Ramadan nanti kita terbiasa berpuasa, tadarrus, shalat malam, dan banyak lagi kebiasaan baik lainnya, mulailah dari sekarang melakukan semua kebaikan tersebut. Ketika saatnya tiba, kita telah terbiasa dengan semua itu sehingga tidak akan kesulitan lagi mengerjakan semuanya. 
3. Membuat Target untuk Perbaikan Diri
Ramadan adalah bulan penuh keberkahan. Sayang sekali jika keberkahan tersebut tidak dimaksimalkan oleh kaum muslimin. Untuk itu, biasakan membuat target akan apa saja yang akan dilakukan selama bulan puasa tersebut.
Dalam hadis dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
Ketika datang ramadhan, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, dan setan-setan dibelenggu. (HR. Muslim)
Artinya, ketika pintu surga dibuka, itu adalah peluang besar bagi kita untuk melakukan ketaatan karena peluang amalnya diterima amalnya dan mengantarkannya ke dalam surga sangatlah besar.
Ketika pintu neraka ditutup, itu adalah peluang bagi kita bahwa kemaksiatan dan dosa yang telah kita lakukan dapat segera diampuni dan tidak mengantarkan kita ke neraka. Dan, ketika setan-setan dibelenggu, itu artinya mereka  tidak akan mudah menggoda manusia, sebagaimana ketika mereka di hari-hari yang lain.
Dengan semua kebaikan Bulan Ramadan tersebut, target diri untuk melakukan perbaikan, baik bagi  diri sendiri maupun  keluarga. Targetkan agar ketika Ramadan berlalu, kita telah menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Jadikan Ramadan sebagai kawah candradimuka yang akhirnya akan berhasil menjadikan kita sosok yang baru, sosok yang lebih baik.
4. Berbekal Ilmu

Persiapan selanjutnya adalah mencari bekal ilmu, baik ilmu seputar Ramadan maupun ilmu-ilmu agama lainnya. Mulailah ikut dalam pengajian yang biasanya banyak diadakan menjelang Bulan Ramadan. Mulailah memperbanyak bacaan seputar ilmu-ilmu agama maupun mendengarkan ceramah-ceramah ustaz yang bisa memperkaya khazanah ilmu agama kita.
Dengan berbekal ilmu, diharapkan kita dapat memaksimalkan beribadah di bulan suci. Dengan ilmu, kita akan memiliki panduan untuk bisa beramal dengan benar karena amalan yang dilakukan berdasarkan ilmu akan bernilai lebih tinggi daripada melakukan kebaikan hanya karena ikut-ikutan.
5. Mempersiapkan Kebutuhan Sehari-hari Selama Bulan Ramadan
Tak bisa dipungkiri bahwa selama Bulan Ramadan, kebanyakan kita akan lebih sibuk dibandingkan hari-hari yang lain. Mulai dari kesibukan menyiapkan menu untuk sahur, menu untuk buka puasa, maupun menu untuk makan di malam hari.
Untuk itu, ada baiknya kita mempersiapkan kebutuhan selama bulan Ramadan sebelum tiba waktu tersebut.  Mulai dari melengkapi kebutuhan akan perlengkapan ibadah maupun kebutuhan dan keperluan dapur. Dengan melengkapi kebutuhan tersebut, kita dapat lebih maksimal beribadah selama bulan puasa karena tak lagi direpotkan dengan urusan tersebut.
Promo Ramadan Tokopedia

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan selama Bulan Ramadan. Salah satunya adalah dengan cara daring, dilakukan dari rumah tanpa perlu keluar rumah. Terlebih, saat ini dunia tengah dihadapkan dengan wabah COVID 19 sehingga sangat dianjurkan untuk diam di rumah aja dan hanya keluar ketika ada kebutuhan yang sangat mendesak. Itupun dengan selalu menaati aturan yang ada, di antaranya menjaga jarak dan menggunakan masker.
Salah satu marketplace terkemuka, Tokopedia juga ikut mengambil bagian dalam menyambut datangnya bulan suci. Tentu saja, tak sekadar menjual, Tokopedia juga siap memanjakan para konsumennya dengan mengadakan program Promo Ramadan Tokopedia. Apa sajakah yang ada di program tersebut? Berikut selengkapnya.

1     1. Bebas Ongkir

Siapa sih yang gak mau digratisin ongkir saat belanja daring? Nah, di promo Bebas Ongkir ini, kita bisa berbelanja sepuasnya tanpa harus dibebankan dengan ongkir. Promonya berlangsung mulai sekarang dan sepanjang Bulan Ramadan. Gratis ongkirnya berlaku hingga 5 hari sekali. Jangan lupa, khusus di hari besar Ramadan, yakni tanggal 3 - 4 Mei, kita bisa mendapatkan promo bebas ongkir sepuasnya tanpa batas maksimal.
Jadi, kita bisa memesan wallpaperdinding untuk memperindah interior dalam rumah, memesan sayurbox untuk kebutuhan sehari-hari, atau memesan amplop lebaran untuk memberi angpau saat hari raya nanti. 

Wah, mau banget …

2. Brand Deals

Di promo Brand Deals ini akan ada parade penawaran menarik dari  brand-brand esklusif atau official store yang bekerjasama dengan Tokopedia.  Sst, siapa tahu ada salah satu atau beberapa brand yang favorit kalian. Periode ini akan dimulai  dari tanggal 1 April 2020.

3. Crazy Deals

Sesuai dengan namanya, promo Crazy Deals akan memberikan promo gila-gilaan hingga 99%. Promo ini akan berlaku untuk berbagai kategori produk dan berlangsung setiap hari mulai pukul 10.00-14.00. Jadi, jangan sampai ketinggalan ikut ambil bagian pada promo yang akan berlangsung dari tanggal 1 April 2020 ini.
4. Flash Coupon
Beragam kupon promo juga akan betebaran di promo Flash Coupon. Kupon special ini dapat dipakai untuk bertransaksi di jam-jam tertentu. Tentu saja, kupon ini akan sangat menghemat belanjaanmu dan ingat untuk melakukan klaim kupon sebelum mulai bertransaksi.
5. Kejar Diskon 
Setiap dua jam sekali, berbagai jenis kategori produk diskon akan digelar dan diganti secara berkala. Siapkan diri dari untuk berbelanja berbagai produk dengan diskon besar dan semua harga di bawah Rp 99.000 secara flash sale.  Jadi, pastikan untuk tidak ketinggalan mengejar diskon di promo ini.
6. Kotak Kejutan
Siapa sih yang gak suka dengan kejutan, apalagi kejutan yang menyenangkan. Nah, di promo Kotak Kejutan Tokopedia ini telah tersedia berbagai macam hadiah untuk kita semua. Promo ini akan dimulai dari tanggal 6 April-13 Mei.
Adapun hadiah-hadiah yang bisa didapatkan adalah:
  - Kupon Diskon + Ovo Points
  -  Kupon Cashback + Ovo Points
- Kupon Undian Grand Prize + Ovo Points. Kupon undian ini bisa digunakan untuk mendaparkan kesempatan memenangkan 1.000 powerbank, 500 emas 1 gram, 50 buah smartphone,  5 buah motor, atau bahkan 1 buah mobil!
Wow, harus ikutan, nih.
7. Tokopedia Play - Live Shopping
Promo Tokopedia Play - Live Shopping akan berlangsung mulai tanggal 20 April 2020. Dapatkan
pengalaman berbelanja  yang lebih seru serta mendapatkan promo ekslusif, diskon, dan cashback di
promo ini.
8. Gajian Ekstra
Promo Gajian Ekstra digelar pada tanggal 27-29 April 2020. Di promo ini, kita bisa memanfaatkan gratis ongkir serta tambahan kupon cashback yang sangat sayang untuk dilewatkan.
Banyak banget kan promo yang digelar untuk menyambut Bulan Ramadan ini? Segera unduh aplikasi Tokopedia di gawai dan buat akunmu secara cuma-cuma sebelum hari H.
Demikianlah beberapa persiapan yang dapat dilakukan mulai dari sekarang. Semoga kita dapa berjumpa dengan Bulan Ramadan dan diberikan kesehatan serta kekuatan untuk maksimal beribadah di bulan mulia tersebut. Aamiin.
*
Referensi:

- Konsultasi Syariah
- Tokopedia.com

  • Share:

You Might Also Like

47 Comments

  1. setuju semua sama diatas, apalagi yang melakukan kebaikan mulai dari sekarang, biar makin semangat menyambut bulan ramadan. wah tokped lagi banyak promo nih. lumayan juga buat lebaran hehe, makasih bun infonyaa

    ReplyDelete
  2. Wah tokopedia memberikan solusi ya untuk belanja menyambut ramadhan, dengan banyak diskon tentunya.

    ReplyDelete
  3. Ramadhan bulan penuh berkah. Termasuk belanja-belanjinya ya.

    Mari perbnyak target kebaikan diri agar bermanfaat untuk sesama.

    Terima kasih tulisannya Mbak. Hehehe

    ReplyDelete
  4. Aamiin .. Aamiin semoga kita dapat berjumpa dengan Bulan Ramadan dan diberikan kesehatan serta kekuatan untuk maksimal beribadah di bulan mulia tersebut

    ReplyDelete
  5. Pantengin Tokopedia aja lah..lagi pengin berhemat, promonya sungguh membantu ini. Persiapan Ramadan jadi praktis lagi

    ReplyDelete
  6. Wah gk terasa ya puasa Ramadhan krg 2 minggu. Duh kondisi blm pulih nih dr virus. Tp kbr baiknya ada promo2 ya dr tokopedia. Lumayan bnget diskonnya...thx infonya mba

    ReplyDelete
  7. Setuju sama memulai kebaikan dari sekarang .. supaya hati kita banyak tertaut pada kebaikan dan ngga hanya menjadi ibadah musiman. Semoga kita dimudahkan menjalani ibadah puasa Ramadan tahun ini dan kelak diberi kesempatan bertemu ramadan tahun depan

    ReplyDelete
  8. Masya Allah, rindu Ramadhan. Mungkin ini hikmah atas semua kejadian yang harus kita lewati bersama ya bun. Semakin banyak di rumah, semakin punya kesempatan untuk quality time dengan keluarga. Seharusnya juga semakin bias banyak beribadah dan mempersiapkan diri bertemu Ramadhan dengan maksimal. Kalau untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, kan sudah ada solusi dari Tokopedia. Paket lengkapppp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bun. Dan gak pernah ada kata terlambat untuk memperbaiki diri dan mempersiapkan datangnya Ramadhan seajk sekarang. Ahhh aku merindukan suasana syahdunyaaa. Semoga kita diberi kesehatan dan umur panjang . Aamiin

      Delete
  9. Semoga wabah ini segera berlalu dan kita bisa menjalankan ibadah puasa tanpa takut kemana-mana. Terutama salat tarwih. Aduh, rindu suasana masjid yang ramai oleh suara anak-anak.

    ReplyDelete
  10. Duhh menjelang ramadhan udah ada promo aja racun banget sih ini jadi gatel nih tangan pengen belanja hahaa., Btw seneng banget artikelnya berfaedah, semoga Corona segera berlalu biar bisa menjalankan puasa ramadhan dan sederet aktivitas seperti ramadhan yang lalu, lebaran pun bisa mudik bisa berjabat tangan dengan tetangga dan sanak saudara huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wabah pandemi ini memang membuat banyak hal berubah. Semoga kita senantiasa bisa bersabar dan mengambil hikmahnya.

      Delete
  11. Setuju banget, Mbak ... Semoga bisa melakukannya dengan maksimal.

    ReplyDelete
  12. Sepakat bgt ini sih mbak. Dr Ramadan lalu q selalu buat target2 pencapaian biar semangatnya nggak kendor. Hehehe
    Uw toped andalan untuk belanja online nih, apalagi lg ada kororo ya. Belanja online jd sebuah alternatif bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saat ini yang paling tepat memang adalah belanja online, aja.

      Delete
  13. Buat target ini yang terkadang susah buatku. Suka nggak konsisten. Padahal dengan target, jadi lebih cepat apa yang mau dikerjakan dan dicapai ya, Mbak :)

    ReplyDelete
  14. Selama syaban dan Ramadhan itu semangat tingkat dewa. Nah, yang susah itu adalah setelahnya yang suka naik turun macam rolercoster 😥. Semoga setelah Ramadhan tahun ini bisa lebih ajeg dalam hal keimanan, aamiin 💗

    ReplyDelete
  15. Nah, memang sebelum ramadhan harus bikin target, ya, Mbak. Kalau gak gitu, suka males2an. Astaghfirullah 🤭

    Btw, rada sedih ramadhan tahun ini.
    Semoga pandemi Corona segera berakhir agar semua aktivitas manusia berjalan seperti sedia kala

    ReplyDelete
  16. wah... semoga ramadhan kali ini justru menambah amalan dari rumah saja ya. tinggal klik tanpa harus keluar rumah.

    ReplyDelete
  17. Saya Cuma Berharap Bulan Ramadan ini bisa berjalan lancar, Bisa Traweh bareng, Bisa beli Cakjil untuk berbuka Puasa, Sholat Wajib Bisa berjamaah,
    Aiii Semoga Pandemi Covid-19 cepat berahir agar bisa menjalani ibadah Ramadhan secara Normal :)

    ReplyDelete
  18. Tokopedia banyak promo ya? Saya juga pakai Tokped lumayan dpt cb di OVO point. Semoga lancar ya ibadah puasanya di bulan Ramadhan :)

    ReplyDelete
  19. Wah makasih tipsnya Mbak, mudah-mudahan kita bisa menjalani ramadhan tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya. Meskipun lagi pandemi tapi harus tetap semangat menjalankan ibadah sambil berdoa semoga musibah ini cepat berlalu aamiin.

    ReplyDelete
  20. Wah memang anjuran untuk berlomba-lomba dalam kebaikan itu nggak ada ruginya ya. Ini contoh, banyak marketplace yang ebrlomba-loma memberi kebaikan kepada pelanggannya dengan banyak program.Dan saya baru tahu kalau ada program Crazy deals di Tokopedia. Penasaran pengin tahu caranya.

    ReplyDelete
  21. Ramadan tuh selalu mengisi ruang tertentu di hati.Bulan yang selalu dinanti. Semoga pandemi ini segera berlalu, biar Ramadannya lebih afdhol.

    ReplyDelete
  22. Makasih bund, sudah diingatkan. Untuk mempersiapkan kebutuhan sehari-hari, alhamdulillah sy sdh lakukan. Kebutuhan ibadah dan dapur. Biar ibadah fokus niatnya sih. Semoga Ramadhan tahun iki semakin berkah ya bund, meski persiapannya matang krn bekerja sdh di rumah saja, enggak ngantor.

    ReplyDelete
  23. Kayaknya, ramadhan tahun ini bakal beda ya mbak. Haduh, pandemi bikin yang biasa jadi nggak biasa. Penghasilan menurut untung ada toko pedia ya. Jadi kita tetap bisa belanja hemat disini. Terimakasih informasinya ya mbak.

    ReplyDelete
  24. Banyak keuntungan belanja di tokopedia. Lumayan banget dalam masa pandemi seperti ini. Semoga sehat jelang bulan Ramadhan

    ReplyDelete
  25. Wah, benar banget Ramadan sebentar lagi tiba. Bulan suci yang dirindukan dan punya banyak kesempatan buat memperbaiki diri. Mudah-mudahan pandemi cepat berlalu sehingga bisa beribadah dengan tenang tanpa ada kekhawatiran

    ReplyDelete
  26. Sebentar lagi ya Mba bulan Ramadhannya, memang harus dibiasakan agar terbiasa. Semoga covid19 segera berlalu dengan datangnya ramadhan. Amin
    Btw, aku pengguna setia toped, dan memang asyik belanja di sana banyak promonya.

    ReplyDelete
  27. Jadi diingatkan kembali Mba. Terima kasih ya? Btw toped bikin mupeng iih. Siap-siap...

    ReplyDelete
  28. Persiapan Ramadan yang paling aku suka doanya Abu Yahya yang mba share tadi :) Karena suka khawatir pas Ramadan lalai ke Quran, lalai di waktu ijabah doa kaya sebelum buka sama pas sahur, apalagi bablas santai kalau udah mens. Huhu.

    ReplyDelete
  29. Ak setuju banget bunda. Walaupun masih dalam suasana pandemi, persiapan ramadhan jangan diabaikan. Justru harusnya bisa lebih khusyuk ibadahnya, dan kembali kepada esensi ramadhan, menahan diri. Tentu di saat ini banyak yang membuat kita menahan diri... menahan diri dari mudik, belanja berlebihan, dan lain-lain...

    ReplyDelete
  30. Tokopedia ini emang ngga ada matinya ya, apa aja sepertinya ada disitu hehehe aku suka banget online shopping di Tokopedia :)

    ReplyDelete
  31. tinggal menghitung hari lagi nih ya Mak, Ramadhan akan hadir, semoga kita masih diberi kesempatan dan kesehatan menjumpai Ramadhan kali ini, masih bisa menyiapkannya dengan baik ya, termasuk segala kebutuhan saat Ramadhan juga ya di Tokopedia ini, senangnya ada promo ongkir pula.

    ReplyDelete
  32. Yup Ramadan sudah di depan mata. Semoga aja Ramadan ini bisa lebih baik dari ramadan sebelum2nya dan emang persiapan sebelum masuk bulan suci ini penting banget ya Mbak.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak yang baik. Happy Blogging