Mengenal Burgo, Hidangan Khas Palembang yang Nikmat

By HAERIAH SYAMSUDDIN - Wednesday, April 15, 2020


Burgo Palembang. 
Sumber Gambar palembang.tribunnews.com



Menyebut  nama Kota Palembang, biasanya orang akan seketika menghubungkannya dengan pempek. Tidak salah memang karena pempek merupakan hidangan khas daerah yang merupakan ibukota Sumatera Selatan tersebut. Meski demikian, bukan berarti di Kota Palembang  hanya terdapat pempek karena masih banyak hidangan khas lainnya yang juga siap menggugah selera, sebut saja seperti tekwan, model, laksan, mie celor,  dan burgo.

Nah, salah satu hidangan khas Palembang yang disebut di atas adalah burgo. Mungkin, ada sebagian orang yang merasa asing dan baru mendengar nama hidangan khas ini. Padahal, hidangan burgo ini sangat akrab di lidah masyarakat Palembang, tak kalah dengan pempek dan sajian lainnya. Di kota tersebut, burgo dapat dijumpai dengan mudah di kedai-kedai makan maupun dijajakan dari rumah ke rumah. 

Apa Itu Burgo, Makanan Khas Palembang?


Burgo merupakan makanan yang bahan utamanya terbuat dari tepung beras dan sedikit tepung sagu. Dalam proses pembuatannya, keduanya kemudian dicampur dan dibentuk tipis-tipis. Setelah itu, adonan digulung dan dipotong kecil-kecil. 

Jika dilihat sekilas, burgo mirip dengan kwetiau. Dalam hal penyajiannya, burgo dihidangkan dengan siraman kuah kental yang gurih. Sebagai pelengkap, burgo juga  biasanya dilengkapi dengan potongan lontong dan bawang merah goreng. Makanan  ini biasanya disantap oleh masyarakat Palembang dalam keadaan hangat di pagi atau sore hari. Agar lebih nikmat, burgo juga sering diberi tambahan sambal dan kucuran jeruk nipis. Rasanya, benar-benar sedap. 

Cara Pembuatan Burgo


Dalam proses pembuatannya, ada dua langkah yang harus dilakukan. Langkah pertama adalah membuat burgo  itu sendiri dan langkah kedua adalah membuat kuahnya. Adapun bahan-bahan yang dibutuhkan  untuk membuat burgo adalah sebagai berikut:

Bahan Pembuatan Burgo

250 gr tepung beras kualitas baik
50 gr tepung sagu/tepung tapioka
Garam secukupnya
Air secukupnya

Bahan Pembuatan Kuah Burgo

3 siung bawang merah
3 siung bawang putih
1 sdt ketumbar
1 butir kemiri
1 cm jahe

(Haluskan semua bumbu di atas)

250 ml santan
50 ml air
150 gr ikan gabus  (rebus, lalu suwir halus)
3 lembar daun salam
1 cm lengkuas, geprek
1 batang serai, geprek
Garam secukupnya
Bumbu penyedap rasa (optional)
Minyak secukupnya (untuk menumis)

Bahan Tambahan 

Bawang goreng, sambal, dan irisan jeruk nipis 


Langkah-Langkah Pembuatan Burgo 

1. Campur  tepung terigu, tepung sagu, dan garam. Tambahkan air sedikit demi sedikit dan  
    aduk agar tidak menggumpal. Lakukan hal ini hingga adonan  tercampur rata dan tidak  
    menggumpal.

2. Siapkan pan dadar yang telah dipanaskan sebelumnya. Tuang adonan sebanyak 2  
    sendok sayur ke dalam pan dadar, ratakan.

3.  Sisihkan dadar yang telah jadi. Lakukan kembali hal yang sama hingga adonan habis. 

4.  Gulung dadar yang masih hangat lalu potong-potong. Sisihkan.

5. Panaskan minyak goreng lalu tumis bumbu halus hingga harum. 

6. Masukkan daun salam, serai, dan lengkuas. Tambahkan air, aduk sebentar, lalu masukkan santan dan beri garam. 

7. Masukkan ikan gabus yang telah disuwir. Aduk kembali hingga rata. Didihkan.

8. Setelah mendidih, angkat dan matikan kompor.

9. Siapkan bawang  goreng, sambal, dan potongan jeruk nipis. (tambahkan bila suka)


Cara Penyajian Burgo

Ambil potongan burgo lalu letakkan secukupnya dalam mangkuk saji. Tuangkan kuah burgo dan taburi dengan bawang goreng. Bila suka, bisa ditambahkan sambal dan air jeruk nipis. Sajikan selagi hangat. 

Bagaimana, sudah terbayang bukan nikmat dan gurihnya hidangan khas Palembang ini? Hidangan ini sekaligus membuktikan kalau Indonesia memang sangat kaya dengan beragam jenis masakannya. Buktinya, dari satu daerah saja, terdapat banyak jenis hidangan yang berbeda dengan daerah lainnya di tanah air.

Jadi, jangan lupa untuk mencari dan mencoba Burgo Palembang ketika berkesempatan ke kota tersebut. Atau jika tidak, kita juga bisa mencoba resep di atas dan merasakan sendiri kenikmatan  hidangan ini. Dijamin, kalian bakal suka.

  • Share:

You Might Also Like

29 Comments

  1. Makanan khas palembang itu identik dengan kuahnya ya mak. Jadi penasaran dgn hidangan satu ini.

    ReplyDelete
  2. Sajian burgo sedap banget. Kuahnya yang bikkn sedap. Kalo burgonya plain rasanya.

    ReplyDelete
  3. Dulu, ketika yuni belum kerja di perusahaan perkebunan, memang benar palembang selalu yuni identikkan dengan pempek.

    Tapi pas sering dinas ke palembang, yuni jadi paham. Makanan khas palembang bukan cuma pempek.

    Meski ya, yuni doyan banget makan pempek. Burgo juga nggak kalah enak. Sama dengan tekwan, model, laksan.

    Yuni udah pernah nyobain semuanya yang disebutin itu. Yuni doyan. Hhehe

    ReplyDelete
  4. Aku sudah pernah makan burgo tapi belum pernah bikin sendiri..memnag hidangan khas Palembang ini khas sekali dan ngangeni ya mbak, bayangin burgo aja dah laper akunya...enak nih!!.Makasih resepnya, mumpung di rumah aja bisa dicoba

    ReplyDelete
  5. Aku baru tau nama makanan ini loh mba. Selama ini taunya cuman pempek doang hehehehe... Kayaknya si burgo ini yummy banget yaa jadi penasaran euy pengen cobainn....

    ReplyDelete
  6. Burgo? Saya belum familiar dengan jenis makanan khas Palembang ini, Mbak. Kalau dilihat dari bahan dasarnya saya bisa mengira-ngira rasanya. Kebayang gurih dan lezatnya

    ReplyDelete
  7. Tambah pengalaman menu nusantara nih mbakkuh, nanti aku coba yaa

    ReplyDelete
  8. Ya ampun aku baru tahu makanan burgo ini mbak. Dasar ya.. Hhh
    Jd pengen prkatek sperti apa rasanya, lumayan buat ngisi wkt luang selama quarantine

    ReplyDelete
  9. Masakan palembang yang saya tahu cuma pempek. Baca reviewnya sepertinya enak. Boleh nih, buat dicoba di rumah.

    ReplyDelete
  10. Baru tau nih ada makanan khas Palembang namanya Burgo, biasanya cuma tau pempek hhee., Keliatannya enak kayanya seru nih kalo makan makanan khas langsung di kotanya semoga kapan2 bisa berkunjung ke Palembang wisata sekaligus cicip kuliner khas sana., Btw makasih resepnya

    ReplyDelete
  11. masya Alloh patut dicoba ini Burgo. Masakan palembang identik dgn olahan bertepung jg y kak ^^ terima kasih bnyak resepny kak 🌹

    ReplyDelete
  12. Saya Baru dengar "Burgo". Panganan Khas dari Palembang ini hehe kira-kira rasanya bagaimana ya?.

    Selama ini yg pernah saya makan adalak Tekwan dan Pek-empek saya sukanya yg kapal selam dan bulet isi ikan, apalagi dg kuah pedis rasanya jadi menggoda :)

    ReplyDelete
  13. Saya belum pernah dengar Burgo. Baca resepnya masih belum bisa bayangin rasanya, he,he. Pastinya lezat ya. Palembang itu punya makanan khas yg enak2.

    ReplyDelete
  14. Tahunya pempek aja. Ternyata ada burgo ya? Belum pernah nyobain. Tapi ada resepnya boleh juga nih. Makasih atas informasinya Mba.

    ReplyDelete
  15. Belum tahu soal Burgo sebelum baca artikel ini, pempek saja tahunya. Mungkin ke depannya bisa nyobain ya mba . Kayaknya enak

    ReplyDelete
  16. jujur aku baru pertama kali ini tahu ada makanan ini... kirain longtong loh, ternyata bentuknya mirip kwetiau
    ini semacam menu sarapan khas gitu ya mba, kayak misalnya kalo di jogja sarapan khasnya bubur gudeg, kalo di madiun sarapan khasnya pecel...

    ReplyDelete
  17. Wah kali ini dapar resep burgo ya Mbak,, tadi awal baca kirain burqo hehe... Selain pempek ada burgo juga ya makanan khas dr Palembang

    ReplyDelete
  18. Duh saya tahunya yang dari Palembang ya cuma pempek hehehe. Jadi nambah lagi nih wawasan kuliner Nusantara saya. Sama kayak mba Mia, pertama baca keliru burqo, setelah diamati ternyata Burgo. Semoga suatu saat bisa cobain langsung di kota asalnya

    ReplyDelete
  19. Memang khusus ada di Palembang aja ya kak, burgo ini? Daku baru dengar soalnya, biasa dengernya pempek aja haha

    ReplyDelete
  20. Kapan hari lihat diary the Onsu pas makan mie celor di Palembang. Selain mpek mpek ternyata Palembang memiliki kuliner unik yang menggiurkan lainnya

    ReplyDelete
  21. kalo k Palembang pasti akan kulineran terus nih. Dan baru denger nih mengenai kudapan yg namanya burgo, dan bisa dibuat juga ya, aku catet resepnya nih mba

    ReplyDelete
  22. Baca burgo yang keinget burjo (bubur kacang ijo) aja. 😆

    Aku belum pernah cobain ini nih mbak. Jadi penasaran ini. Mau masak sendiri, tapi nggak punya refensi rasanya kaya apa.

    ReplyDelete
  23. Baru tahu Burgo. Pas lihat gambarnya belum kebayang juga, duh maafkan saya. Hehe ... Yang paling familiar ya pempek sih kalau dari Palembang. Kupenasaran sama rasanya.

    ReplyDelete
  24. tetep yaa basic makanan palembang tuh harus ada ikannya hehe. wah bonus ada resep juga burgo nya. bisa nih kapan-kapan saya eksekusi :)

    ReplyDelete
  25. Makanan khas Palembang yang paling dikenal adalah empek-empek. Burgo saya baru tahu nih Mbak.
    Ada kuah khasnya juga seperti empek-empek. Wah, patut di coba nih.

    ReplyDelete
  26. Baru dengar nih, Burgo. Biasanya emang cuma tahu empek-empek doang. Sepertinya enak dan mengenyangkan

    ReplyDelete
  27. Wahhh, sedih nih akuu. Padahal wong kito galo tapi belum pernah cobain burgo. Next time, mesti cobain nih haha.

    ReplyDelete
  28. Kelihatannta enak dan mudah dibuat. Bahannya simpel pula. Bisa dicoba nih. Makasih mbak sharinngnya. Saya save ubtuk menu makan anak

    ReplyDelete
  29. Burgo ini lebih ke hidangan utama atau sampingan ya Mbak? Kalau lihat bahannya sih udah ngenyangin banget tapi sepertinya pke juga buat kudapan misal untuk sore atau acara arisan.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak yang baik. Happy Blogging