Womy Homy Cluster The Breeze. Homestay Nyaman di Kawasan Sentul, Bogor

By HAERIAH SYAMSUDDIN - Senin, Januari 06, 2020

Setelah menghabiskan tiga malam di penginapan di kawasan Taman Air mancur, Bogor, tempat selanjutnya yang kami tuju adalah sebuah homestay yang ada di wilayah Sentul. Kalau dipikir-pikir, baru kali ini kami berlibur selama sepekan, tetapi harus tiga kali gonta ganti tempat. Pertama di Perumahan Victoria Sentul, berlanjut ke RedDoorz di tengah Kota Bogor, dan berakhir di Cluster The Breeze, Sentul (lagi). Qadarallah, rencana yang sudah disusun saat di Malaysia, porak poranda karena satu dan lain hal.

Ngomongin homestay Womy Homy ini, kami benar-benar puas dibuatnya. Saking sukanya, suami bahkan berencana ngontrak rumah di cluster ini saja sekiranya kami nanti benar jadi pindah ke kota ini. Kebetulan, masih banyak rumah yang kosong dan dikontrakkan di wilayah ini. Abis, suasananya adem, dekat kampus suami dan si sulung, serta Insya Allah aman karena ada satpam yang senantiasa berjaga di pintu gerbang.

Womy Homy ini berada di Jalan Jungleland Avenue, Cluster The Breeze, blok 8 nomor 9, Babakan Madang, Sentul. Homestay seluas 120 m2 ini memiliki dua kamar tidur, dengan kamar utama yang dilengkapi satu kasur double size, sementara kamar kedua dilengkapi dengan satu kasur single serta dua kasur busa cadangan.

Living Room

Di penginapan juga terdapat juga sebuah satu kamar mandi yang dilengkapi dengan sabun dan shampo cair, handuk, AC di tiap ruangan, sofa, televisi, meja makan, ruang jemuran, teras belakang, serta dapur lengkap dengan air galon dan peralatan masak.

Ruang Makan

Kami tiba di homestay ini untuk pertama kalinya sekitar pukul tiga sore hari. Si sepanjang jalan memasuki wilayah Sentul Nirwana, suasana hiruk pikuk Kota Bogor langsung menguap berganti dengan sejuknya pemandangan dan serunya kelokan demi kelokan jalan yang kami lalui.

Melihat sepinya jalan, saya mulanya berpikir kalau kami akan memasuki daerah pelosok yang jauh dari mana-mana (terutama tempat makan). Namun, ternyata saya salah besar karena ketika kendaraan semakin mendekati Cluster The Breeze, di sepanjang jalan berjejer warung makanan yang menggoda selera.

Tanpa kesulitan, kami segera menemukan homestay yang dituju. Dengan ramah, satpam penjaga kompleks menunjukkan letak homestay tersebut ketika kami bertanya di gerbang. Mereka juga langsung tahu tujuan kami ketika kami menyebutkan alamat blok yang dituju.

Pemandangan  Depan Rumah

Rumahnya keren....” celutuk Khaulah dan Hilyah bersamaan ketika kami telah memasuki tempat tersebut. Tanpa ba bi bu, keduanya langsung menuju kamar. Keduanya sudah tidak sabar ingin melihat kamar yang akan menjadi milik mereka selama tiga hari ke depan.

Rumahnya memang keren dan yang paling kusuka adalah teras belakang yang berisi satu set kursi besi. Keren bangen rasanya kalau duduk di sini sembari kopdaran dengan teman-teman blogger. Wih, jadi pengen kopdaran, nih. Qadarallah, selama sepekan berada di Bogor, saya tidak sempat ketemuan dengan teman-teman.

Dan, otak emak-emak rumahanku langsung berpikir cepat ketika melihat ada ember di kamar mandi. Saat itu pikiranku langsung teringat dengan pakaian kotor yang lumayan banyak. Sebelumnya, saya sempat me-laundry pakaian di dekat rumah kost si sulung. Namun, karena pakaian tersebut dipakai kembali, tentu saja pakaian kotor kembali menggunung.

Sebenarnya, sewaktu masih di penginapan sebelumnya, saya telah menghubungi laundry terdekat dari penginapan. Namun, alih-alih pakaianku di laundry, yang ada malah saya kena damprat gara-gara dikira cem-cemannya istri si empunya laundry. Saya sampai gemetar dan untungnya suamiku yang langsung membalas SMS itu. Benar-benar bikin kesal. Huffh

Sejak itu saya gak mau me-laundry lagi. Biar deh, pakaian yang ada dimaksimalkan saja sampai kami kembali ke Terengganu. Namun, rasanya tangan ini gatal melihat ember, air yang banyak, serta tempat menjemur yang lengkap dengan hanger-nya. Hm, kalau sudah begini, bukankah lebih baik saya mencuci aja. Insya Allah, dalam waktu tiga hari, pakaian-pakaian itu pasti udah kering, meski tempat ini tidak menyediakan mesin cuci dan setrika.

Nah, setelah mengatur barang, suami mengajak keluar kompleks untuk melihat situasi di sekitar tempat itu. Kebetulan, bisa sekalian beli deterjen buat merendam cucianku yang seabrek. (Sst, nyuci pakaian adalah pekerjaan rumah yang paling kusenangi. Maklum, sejak kelas 6 SD, saya udah dapat tugas mencuci pakaianku dan pakaian adik-adikku. Jadi, udah berasa mendarah daging, hehehe)

Pemandangan depan rumah

Begitu sampai di luar komplek, kami terkejut karena ternyata jalan raya yang ada di depan komplek sangat ramai oleh kendaraan yang lalu lalang. Bahkan, banyak terdapat bus-bus wisata serta   di sepanjang jalan banyak terdapat banyak penjual oleh-oleh khas Bogor, mulai dari talas, tape ubi (di Makassar kami menyebutnya poteng), aneka dodol, asinan, dan banyak lagi.

Dari keterangan penjual sate yang ada di dekat situ (kebetulan kami membeli satenya buat makan malam) tempat ini memang selalu ramai, terutama weekend. Bus-bus yang lewat berasal dari Jakarta yang membawa para penumpangnya, wisatawan domestik, menuju lokasi wisata Gunung Pancar. Akang penjual sate itu juga menunjukkan lokasi Gunung Hambalang, tempat kediaman Pak Prabowo. Tak lupa, si akang bercerita tentang kebaikan Pak Prabowo, khususnya yang telah dirasakan oleh masyarakat di sekitar tempat tersebut.

Pokoknya, seru rasanya duduk di pinggir jalan sembari menikmati pemandangan pegunungan dari kejauhan. Belum lagi hiruk pikuk kendaraan yang membuat suasana menjadi sangat ramai. Qadarallah, kami tak bisa berlama-lama di sana karena (seperti biasa) hujan turun di sore hari menyapa masyarakat kota hujan tersebut.

"Allahumma shayyiban naa'fiah"

Sayangnya, kami agak terganggu dengan televisinya yang entah mengapa tidak bisa berfungsi dengan baik. Mungkin, karena gak punya tivi jadinya kami gak bisa mengutak-atik alat elektronik tersebut. Padahal, anak-anak kepengen banget nonton dan bisa menikmati siaran langsung dari stasiun televisi tanah air. Ya udah, nontonnya ala kadarnya aja.

Selain televisi, kami suka banget tempat  ini. Asyik banget rasanya menginap di homestay yang telah menyambut tamu di salah satu aplikasi sejak 15 Maret 2018. Sepertinya, kalau kami ke Bogor lagi, tempat ini akan menjadi pilihan kami kembali. Insya Allah.

Review Singkat Homestay Womy Homy, Sentul, Bogor
Atau sekitar Rp304.500/hari
(Rm1=Rp3500)
1. Dua kamar tidur
2. Satu kamar mandi (lengkap dengan toiletries dan handuk)
3. Teras belakang
4. Ruang jemuran
5. Dua kasur cadangan
6. Sofa
7. Lemari
8. Televisi (dilengkapi pemutar DVD dan CD)
9. Meja makan
10. Kulkas,
11. Dapur lengkap dengan air galon dan peralatan masak
12. Garasi
1.Jungleland Adventure Theme Park (0,7 km)
2.Gunung Pancar (1,3 km)
3.Sentul International Circuit (6,9 km)
4.Gunung Hambalang (3 km)

Check in mulai  pukul 14.00 dan
Check-out Sampai jam 12.00

• Share:

You Might Also Like

48 Comments

1. Wahhh saya baru dengar tempat ini. Jadi penasaran pengen kesana juga deh

BalasHapus
  2. Waah postingannya sangat menginspirasi sekali, saya wajib mencobanya juga deh hehehe

3. Wah murah juga ya biaya homestaynya. Mbak Haeriyah lagi liburan panjang kah? Seru banget seminggu full jalan-jalan. Oh, ya, ada pengalaman buruk sama istri yang punya laundryan pasti nantinya inget terus. Btw, tempatnya nyaman, ya, rumahnya luas dan viewnya juga lumayan.

Balasan
    1. Iya, mba, saya sampai shock dimarahin orang gak dikenal, meski lewat SMS. Hikz

4. Masya Allah homestay yang nyaman dan terbilang murah ya 😍

BalasHapus
  5. Murmer banget homestaynya, pas banget tuh buat liburan keluarga kecil.
    Fasilitas lengkap, pemandangan cantik, lengkap sudah.
    Apa lagi kalau dekat mau beli-beli sesuatu.
    Rekomended banget ya :)

BalasHapus
  6. Asyik ya bisa jalan-jalan bareng keluarga dan nginep di homestay yang keren seperti itu. Pastinya anak-anak seneng banget. Xixi, nagih lagi deh pastinya...

7. Home stay gitu ya Mbak. Kalau nginepnya perlu menyewa satu rumah gitu kah? Kan kadang kalau traveling sendirian begitu jadi boros takutnya. HEhehe...

8. Hemat harganya ya, Mbak...Daerah situ memang adem, seger..Kalau tempat kerja dekat situ enak tuh tinggal sana. Kalau kerja di Jakarta ya tepar, macet di tol parah
    Aku hari Minggu yang lalu lewat sini, anakku ada kegiatan sekolah di Gunung Pancar:)

Balasan
    1. Bisa nih jadi tujuan buat staycation di Sentul. Lagi heboh banyak temoat menarik di sekitar sini. Mayan daripada pulang ke Jakarta lagi, mending nginep dan baru balik esok hari. Makasih review Womy Homy nya,Mbak

Hapus
  9. Sejuk sekali ya mba lingkungan rumahnya. Aku kira masih sepi daerahnya ternyata rame juga dekat tempat wisata. Pengen deh kapan kapan kalau ke bogor nginep disana juga

BalasHapus
  10. Homestay Homy Womy kelihatannya enak ya tempatnya, sejuk :) Kapan mau kopdar bloggernya, Mbak? Ikutan dong kalau ada :)

11. Waaah kalau udah ngomongin Sentul, pasti yang diinget hawa sejuk, dingin, asri, menenangkan deh pokoknya. Jadi pengen coba home stay nya kapan-kapan, heheh. Makasih mba infonya.

12. Namanya lucu Womy Homy. Ternyata lengkap yaa homestaynya. Terutama tempat jajan yah. Btw...lucu juga Kak...Wong picnic, hobby nyuci kebawa-bawa. Kering ga Kak?...Hehe...

Balasan
    1. Iya nih, kewajiban masa kecil yang membuatku demen. Alhamdulillah, cuciannya kering meski ada beberapa yang masih lembab. Tapi sampai Malaysia, cuciannya udah kering kok..

Hapus
  13. Wah jadi ikut membayangkan berada di penginapan Womy homy. Udh sejuk hawanya, bangunan bagus, terjangkau pula. Semoga keinginam tinggal di Bogor tercapai ya mba...

BalasHapus
  14. Womy Homy aku jadi inget bukunya Najib, House of Wormy, heheh. Beda dikit sih. Btw, aku juga pernah ngalami geregetan kepengin nyuci pas lagi piknik gini. Kebetulan dapat hoelnya yang kamar mandinya enak dan gantungannya banyak jadi bisa buat nyantolin baju basah, hahaha. Akhirnya aku nyuci donk, meskipun cuma pakaian dalam.

Balasan
    1. Eh, ada judul buku yang mirip dengan nama homestay ini, ya? Asyik, ada temannya yang suka nyuci di hotel, hehehe

15. asyik banget memang ya. luas, hawanya sejuk dan pemandangannya indah

BalasHapus
  16. Pernah ke Sentul tapi baru tahu ada tempat sebagus dan sesejuk itu. Tahunya jauh dan macet aja... hehehe.

Balasan
    1. Di seputaran tol mba yang sering macet. Macet memang bikin gak enak.

Hapus
  17. Lumayan murah di, apalagi isinya lengkap dan terutama hawa yang sejuk. Di Makassar sudah sulit mendapatkan hunian yang sejuk, di mana-mana panas.

BalasHapus
  18. Wah murahnyaaa ya mb, apalagi model homestay begini, kita bener-bener suasananya rumahan. Isinya lengkap pula, dan bisa nyuciiii itu anugerah terindahhh, xixiixxiiiii

19. Daerah sentul memang banyak tumbuh home stay, murah dan ada dilingkungan bermacam obyek wisata. Lokasinya dekat dr Jakarta dan menjadi tujuan wisata yang ngehits saat ini.

20. Adem ya mba. Juga tenang dan nyaman. Rekomen klo ke Bogor nginep disama juga deh :)

BalasHapus
  21. Waaah... Deket rumah nih. Ternyata lokasinya bagus juga. Beneran kayak perumahan ya homestay-nya

22. "Warung makan menggoda selera." Fix bun kalau dirimu mudah sekali tergoda ih *eh apa sih..kwkwk.. BTW penginapannya kelihatan nyaman banget..

Balasan
    1. Bagiku, di mana-mana rumah makan tuh pastinya menggoda selera. Jadi, kapan nih ajak aku makan?

Hapus
  23. MasyaAllah murmer banget dengan fasilitas segitu. Suasana homey ditambah lingkungan mendukung, pas banget. Terima kasih mba infonya lengkap ❤

BalasHapus
  24. Homestay nya nyaman juga sih kak serasa bener bener berada di rumah. Terus ada jemuran pula ya bisa sekalian mencuci. Mungkin nyucinya jangan diperas kak biar gak kusut, hehe. Atau Hmm, setrikaan bisa pinjam mungkin 😁

25. daerah Sentul emang nyaman bun. Aku pernah sewa villa di cluster, deket sama IKEA Cibubur itu (duh lupa namanya hihi) tapi aku rasa gabegitu adem, nah ini keliatan sejuk dan enak banget ya bun. Vibes nya pun bikin betah

26. Hahaha aku ngakak yg dikira cem-ceman pemilik laundry... Homestay-nya enak, deket tempat njajan hihi

27. Homestay Womy Homy
    Dari namanya aja berasa tempatnya nyaman banget ya mbak..hihi..aku galfok pas baca kalau mba suka nyuci baju..wow keren...(hihi ketauan kalau aku paling males sama perihal beberes cucian dan setrikaan..ups)..

28. Sentul emng enak y mb
    Adem hawany seger bersih
    Lingkunganny enak gitu jd betah n pengin tinggal
    Btw smoga sgra pindah y mba

BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak yang baik. Happy Blogging