5 Lomba Khas 17 Agustus

By HAERIAH SYAMSUDDIN - Senin, Agustus 01, 2022

Bulan Agustus telah tiba. Bulan kemerdekaan bagi Bangsa Indonesia karena di setiap tanggal 17 Agustus, kita merayakannya sebagai Hari Kemerdekaan. Insya Allah, tahun ini adalah tahun yang ke-77 bangsa kita melepaskan diri dari belenggu penjajahan. 

Nah, salah satu seremonial yang paling ditunggu-tunggu di bulan ini adalah acara tujuh belas Agustusan. Bisa dipastikan, dari sekarang, panitia lomba acara tersebut telah bersiap-siap untuk menggelar hajatan tahunan tersebut. Acara seru yang ditunggu-tunggu.

Berikut 7 jenis lomba 17 Agustusan yang paling dinanti oleh masyarakat kita. 

1. Lomba Panjat Pinang


Sesuai dengan namanya, lomba ini berupa memanjat pohon pinang. Namun, bukan sembarang pohon karena seluruh batang pohon yang akan dipanjat telah dilumuri oleh oli atau minyak. Kebayang betapa licinnya batang pohon tersebut. Namun, di sanalah letak keseluruhannya.

Aturan mainnya adalah peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dan tiap kelompok biasanya terdiri dari 5-6 orang. Tugas mereka adalah bekerja sama untuk mengambil sebanyak mungkin hadiah yang telah dipersiapkan oleh panitia yang berada di puncak pohon. Para peserta ini akan saling memanjat, saling menggendong, ataupun saling bopong agar ada di antara mereka yang bisa sampai ke puncak dan mengambil hadiah untuk mereka.

Baca Juga : Menularkan Kebiasaan Membaca dan Menulis pada Anak

2. Lomba Makan Kerupuk

Lomba makan kerupuk biasanya diikuti oleh anak-anak meski banyak juga orang dewasa yang mengikuti lomba ini. Caranya, panitia menggantung kerupuk putih bulat setinggi yang bisa dicapai oleh peserta lomba. Nah, peserta harus menghabiskan kerupuk tersebut dengan cara berdiri atau duduk, tetapi kedua tangannya dalam keadaan terikat. Siapa yang paling cepat menghabiskan kerupuk, dialah yang menjadi pemenang.

3. Lomba Balap Karung

Peserta lomba ini akan masuk ke dalam karung sehingga kaki hingga dada atau perut terbungkus karung. Para peserta kemudian akan berjejer di garis start dan setelah diberi aba-aba oleh panitia maka mereka berlomba melompat hingga mencapai garis finish. Tentu saja, pemenangnya adalah mereka yang tiba di garis finish terlebih dahulu.

4. Lomba Tarik Tambang



Lomba ini dilakukan secara berkelompok. Dua regu akan saling mengadu kekuatan menarik tali  tambang. Bagi regu yang bisa menarik tali melewati batas yang telah ditentukan maka merekalah yang menjadi pemenangnya. 

5. Lomba Adu Pukul Bantal

Lomba adu pukul bantal dilakukan di atas sebatang kayu yang dipasang di atas kolam. Setiap sesi diikuti oleh dua orang peserta yang saling duduk berhadap-hadapan, kemudian saling memukul bantal ke arah lawannya. Peserta yang berhasil membuat lawannya jatuh ke kolam maka dialah yang menjadi pemenangnya. 


Sebenarnya, masih banyak lagi lomba yang biasa diadakan untuk memperingati Hari Kemerdekaan tersebut. Ada lomba membawa kelereng, lomba bakiak, bermain bola dengan menggunakan sarung, dan sebagainya. 

Kalau teman-teman, suka ikut lomba yang mana? Yuk, sharing keseruannya di kolom komentar. 

                                                                                  ***

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak yang baik. Happy Blogging