Tips Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

By HAERIAH SYAMSUDDIN - Jumat, Desember 09, 2022

 

Tips Memulai Bisnis Online

Tips Memulai Bisnis Online Bagi Pemula pascapandemi Covid-19 terasa sangat dibutuhkan. Saat ini dunia digital memang makin bersinar. Semua orang yang tadinya gaptek mendadak dipaksa untuk melek teknologi. Hasilnya, dunia digital pun telah merambah jauh sampai ke pelosok daerah. Bahkan, boleh dibilang dunia digital telah menyentuh semua kalangan, mulai dari bayi hingga lansia. Semua bisa dengan lincah memainkan smarphone dan menggunakan banyak aplikasi.

Salah satu yang juga terkena imbasnya adalah sektor ekonomi. Bisnis online-pun ikut menjamur di mana-mana. Nah, kesempatan emas nih buat kamu yang suka berbisnis. Sebagai langkah awal, kamu bisa menyimak  Tips Memulai Bisnis Online Bagi Pemula yang akan dipaparkan di artikel ini.

Berbisnis online memang cukup menjanjikan.  Berbisnis secara online membuat kamu bisa cari cuan tanpa harus keluar rumah. Duit dapat, mager jalan terus. Hehehe.

Namun, meski   berbisnis online ini terlihat mudah, bukan berarti kamu bisa seenaknya mengelolanya.  Agar target bisnis dapat tercapai, tentu saja kamu tetap harus  berusaha keras dan  fokus dengan usaha yang dirintis. Meski online, teteup gak boleh setengah-setengah biar hasilnya juga gak nanggung.

Nah, bagi kamu sebagai pemula yang ingin mencoba berbisnis online, berikut ini langkah-langkah yang bisa dijadikan pedoman.

Tips Memulai Bisnis Online Bagi Pemula


Sebagai pemula yang ingin berbisnis online, tentu saja harus mengetahui tips maupun triknya agar bisnis tersebut bisa sukses. Berikut ini cara memulai bisnis online dari nol yang saya rangkum dari skillacademy.com.

1) Tentukan Jenis Bisnis Online-mu

Sebagai langkah awal, tentu saja kamu harus menentukan jenis bisnis online yang akan dijalankan. Ada baiknya, jenis bisnis tersebut adalah sesuatu yang kamu sukai. Misalnya, kamu suka fashion maka bagusnya kamu jualan pakaian, aksesori, maupun pernak-pernik busana lainnya. Kamu suka suka kuliner? Kamu bisa berbisnis makanan, baik itu makanan berat maupun aneka camilan plus minuman kekinian. Kamu suka membaca? Kamu bisa jualan buku maupun stationary. Dan sebagainya ....  

Mengapa penting menjalankan bisnis sesuai dengan passion kamu? Selain karena  suka, biasanya kamu juga tahu banyak tentang hal-hal yang  disukai tersebut. Dan, yang paling penting adalah kamu bisa lebih enjoy dan menikmati bisnis tersebut karena  memang mencintainya. Kamu gak gampang galau ketika terkena masalah dan kamu bisa kembali bangkit ketika harus terjatuh. Ya, karena passion kamu memang sudah di sana. Ibarat kata, elu sudah bucin. Diapain juga elo tetap saja cinta. Sarangheyo ....

Seperti kata Kang Emil, “Pekerjaan yang paling menyenangkan adalah hobi yang berbayar”. Asyik, kan? Sudah menyenangkan karena memang kita suka eh dibayar pulak. Mau dong!

Baca Juga: 9 Bisnis Menjanjikan Dekat Kampus

2)  Susun  Rencana Bisnismu



Tips memulai bisnis online bagi pemula selanjutnya adalah  membuat rencana bisnis atau business plan. Rencana bisnis adalah rencana atau hal-hal apa saja yang harus  kamu lakukan untuk dapat mencapai tujuan bisnis yang dijalankan.
Berikut ini hal-hal yang perlu kamu cantumkan dalam rencana bisnismu

-  Buat Deskripsi Bisnis

Buatlah gambaran yang jelas dan mendalam  mengenai bisnis online yang ingin kamu jalankan. Hal ini penting agar kamu bisa fokus dalam membesarkan bisnis online ini. 

 - Lakukan Riset Pasar

Lakukan riset pasar untuk mengetahui keadaan di luar sana, seperti apa saja produk serupa, siapa saja kompetitormu, dan siapa target pasarmu. Mengapa kamu harus mengetahui semua itu? Supaya kamu bisa bersaing, bahkan menciptakan dan mengembangkan produkmu melebihi keunggulan produk kompetitormu.  

Untuk itu, kamu bisa mulai dengan memperhatikan dan mempelajari produk kompetitormu. Mulai dari bentuk produk, harga di pasaran,  cara pelayanan, dsb. Dengan cara ini, kamu  akan mudah untuk menganalisis kelebihan, kekurangan, dan peluang dari produk yang akan kamu jual.

Kemudian, tentukan juga siapa target pasarmu. Hal ini juga penting bagi pemula yang ingin berbisnis online karena  kamu bisa membuat  bentuk produk, cara pelayanan, hingga strategi promosi yang tepat dan lebih mudah karena lebih terarah. Tidak hanya itu, ide bisnis online pun bisa mengalir karenanya. Kamu bisa mulai dengan melihat usia, gender, pekerjaan, pendapatan, gaya hidup, status sosial, hingga minat atau hobi calon pelangganmu.

- Produk dan Layanan  

Sudah tahu mau berbisnis apa? Sekarang, coba deskripsikan produk yang ingin kamu jual secara online. Mulai dari bentuk, ukuran, harga, packing, hingga pengiriman.

- Rencana Pemasaran 

Setelah produknya sudah jelas, strategi berikutnya adalah menyusun rencana pemasaran. Kira-kira jenis pemasaran apa yang ingin kamu lakukan untuk mengenalkan bisnis dan produkmu.   Karena sekarang era digital, kamu harus memanfaatkan e-commerce, media sosial atau mengundang endorsement.

Logistik dan Rencana Operasi

Kamu harus sudah punya vendor atau supplier yang siap memasok barang-barang jualanmu. Kamu gak mau kan, saat ada yang melakukan orderan eh ternyata stoknya di kamu habis dan di supplier juga kosong. Customer bisa kecewa dan lari kalau kayak gini.

- Rencana Keuangan

Buat rencana keuangan, yakni rincian angka  dari barang-barang apa saja yang kamu butuhkan untuk mulai  menjalankan bisnis. Misalnya, berapa modal yang dibutuhkan, dari mana modal diperoleh, berapa biaya produksi, berapa harga jual, berapa margin, berapa biaya pengiriman, dan sebagainya.

3) Buka Tokomu


Sekarang saatnya untuk jualan. Karena kamu akan berbisnis online maka tokonya juga toko digital. Manfaatkan platform toko online yang banyak tersedia dan menawarkan berbagai fasilitas dan kemudahan. Kamu tinggal pilih yang mana kira-kira cocok dengan bisnismu.  Jika kamu menjual produk berupa barang, bisnismu cocok memanfaatkan marketplace atau e-commerce. Jangan khawatir, di sana banyak pilihannya. Mulai dari toko oren, toko hijau, hingga toko merah. Napa jadi kayak pelangi, yakkkk?

Namun, jika produk jualanmu bersifat jasa,   media sosial merupakan tempat yang lebih efektif. Di medsos kamu bisa langsung berpromosi dan berkomunikasi dengan calon pelanggan. Rasanya, akan lebih dekat dengan pelanggan. Coba, deh.

Setelah menentukan pilihan, langkah berikutnya adalah memaksimalkan  fitur-fitur yang ada di platform yang digunakan. Gunakan gambar, video dan deskripsi produk yang terbaik. Jangan lupa, aktifkan juga kolom rating dan  kolom komentar. Usahakan untuk selalu fast respons serta tetap ramah dan sopan apa pun situasinya. Gak perlu ngegas meski calon pembeli kamu nyebelinnya minta ampun. Banyakin stok sabar, ya...

Selain berjualan di e-commerce dan media sosial, kamu juga bisa membuka toko online. Manfaat  toko online di website, di antaranya adalah Informasi bisnis lebih terkontrol, kamu bisa lebih jauh menjangkau calon pelanggan, mudah dicari di internet, dan   tentunya akan lebih ekonomis.

Baca Juga: 8 Alasan Mengapa Belanja E-commerce Pakai IndiHome Itu Menyenangkan 

4)  Promosi Adalah Koenji



Mustahil, berbisnis tanpa promosi. Karenanya, jangan ragu dan malu untuk mempromosikan produkmu. Karena saat ini era digital maka tempat promosi yang paling ampuh adalah media sosial. Kamu bisa memanfaatkan Facebook, Instagram, TikTok, dan sebagainya sebagai media promosi.

Agar promosimu berjalan lancar, jangan lupa untuk membuat konten gambar maupun video sebaik mungkin. Untuk itu, kamu bisa belajar bikin konten atau bikin video jualan yang bagus. Banyak kok kelasnya, ada yang gratis maupun berbayar. Tinggal pilih mana yang tepat saja.

Memulai bisnis berbasis online memang gampang-gampang susah. Namun, dengan tekad yang kuat, kamu pasti bisa menjalaninya. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan Tips Memulai Bisnis Online Bagi Pemula sebagaimana yang diuraikan di atas. See you and get your success!

  • Share:

You Might Also Like

16 Comments

  1. Banyak yang harus dipersiapkan oleh Pemula di dunia bisnis, ya

    BalasHapus

  2. Lengkap sekali ulasan untuk memulai bisnis online kak.. gimana dengan produknya? Apakah ada tips n trik khusus untuk menentukan komoditi/produk/jasa yang akan dijual online ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hm, kayaknya poin ini enak buat diulas di artikel berikutnya.

      Hapus
  3. cocok banget pas baca ini kebetulan pengen cobain buka usaha tapi maish bingung mulai dari mana, dan baca ini pastinya nambah makin yakin buat mulai karena sudah tahu tips-tipsnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah... Semoga sukses dengan usaha barunya, mba.

      Hapus
  4. Sepakat, bahwa promosi itu kunci, karena tanpa promosi itu orang nggak bakalan tahu jika kita lagi jualan ya Mbak? karena menjadi bekal untuk berjualan, marketing.

    BalasHapus
  5. Buka bisnis online zmn skrg relatif mudah y mba, tapi pemainnya pun udah banyak
    Jadiny butuh strategi agar produk/jasa kita dipilih sebagaimana yg mba sebutkan

    BalasHapus
  6. Sebagai pemula masih perlu banyak hal yang dilakukan untuk memulai bisnis online. Salah satunya dengan promosi yang tepat. Tipsnya membantu banget pastinya buat yang mau memulai bisnis

    BalasHapus
  7. punya bisnis online itu menyenangkan karena kita bisa mengerjakannya di mana saja kapan saja, tapi tetap harus fokus dong ya, dan pastinya setelah menyiapkan untuk memulai membuka usaha/bisnis online, promosi harus terus dijalankan, tiada hari tanpa promosi, karena mana tau kan, besok atau kesempatan lain produk kita akan dilirik orang karena penasaran atau emang pengen mencobanya langsung :)

    BalasHapus
  8. Kalo sudah baca banyak insight dari artikel-artikel keren, saatnya eksekuis, ya kan Kak? karena baca aja ngga eksekusi ya sama aja zonk. Terima kasih banyak ilmunya mbaaa

    BalasHapus
  9. Iya nih ternyata mulai bisnis online juga mesti dipertimbangin matang, dan yg paling penting sih dikerjain ya

    BalasHapus
  10. Bisnis online pakai media promosi platform tiktok sepertinya insightnya lebih bagus ya kak, aku lihat banyak yang maju pesat

    BalasHapus
  11. Pasang iklan itu penting banget y mbak. Kalau saya beberapa kali jualan online, bener2 harus marketing walau ke teman sendiri.

    BalasHapus
  12. Ya Alloh mbak, saya terbantu banget dengan artikel ini, karena saya dan suami ingin memulai bisnis online di bidang jasa.
    Runtun banget penjelasannya, nice artikel mbak.

    BalasHapus
  13. Tipsnya lengkap Mbak. Berbisnis online memang nyaman, karena bisa dilakukan disela aktivitas di rumah, tapi perlu persiapan matang. Siapa sih yang nggak mau, aktivitas di rumah, cuan mengalir.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak yang baik. Happy Blogging