8 Alasan Mengapa Belanja E-commerce Pakai IndiHome Itu Menyenangkan

By HAERIAH SYAMSUDDIN - Kamis, November 17, 2022




Digitalisasi kini merambah ke seluruh sendi kehidupan manusia. Demikianlah kemajuan teknologi yang ada saat ini. Tak ada jalan lain, pemerintah – melalui Telkom Grup, mengamanatkan percepatan infrastruktur jaringan internet ke seluruh Indonesia. Hal ini agar teknologi 4.0 segera dapat teraplikasi ke seluruh negeri.

 

Sebenarnya, saya berterima kasih atas hadirnya jaringan kabel optik IndiHome sehingga bersama keluarga dapat menikmati kemudahan mengakses internet. Betapa hidup saya dan keluarga jadi dipermudah. Kami  bisa menghemat waktu, menghemat, tenaga, dan menghemat pengeluaran karenanya. Bahkan, rasa-rasanya tak ada yang tidak bisa dilakukan di zaman ini.  

 

Salah satu hal yang juga mempermudah hidup kita di era digitalisasi ini adalah dunia belanja-belanji. Dahulu, kalau menginginkan barang apapun, kita harus mencarinya dengan turun ke jalan. Entah itu ke warung, minimarket, atau supermarket. Mencarinya sambil rebahan hanyalah perkara sia-sia.

 

Berbeda dengan kondisi saat ini. Kita bisa melakukan banyak hal tanpa harus keluar rumah. Cukup sediakan Wifi Rumah, semua urusan kita akan beres. Mau makan, tapi malas masak? Ada layanan antar makanan online. Mau jalan, tetapi gak punya kendaraan? Ada layanan ojol maupun taksol. Rumah berantakan, tetapi lagi mageran? Tinggal hubungi jasa clean online. Butuh busana terbaru? Cek saja di marketplace. Pokoknya, semua tersedia.


Saat ini, tidak bisa dipungkiri, kiblat konsumen telah berubah. Dari belanja offline menjadi belanja online. E-commerce pun menjadi salah satu tempat belanja yang paling sering dipilih oleh generasi Millenial dan Gen Z. 


Di satu sisi, kemajuan teknologi di bidang e-commerce dituding ini sebagai disrupsi ekonomi, merusak pasar. Salah satu indikasinya adalah banyaknya toko, bahkan mal yang kini satu per satu tumbang. Masa-masa kejayaan mereka seolah tinggal waktu untuk meredup, lalu mati.


Demikianlah, maraknya e-commerce atau perdagangan elektronik telah mendominasi dunia saat ini. E-commerce merupakan salah satu bentuk bisnis yang membuat para pelaku bisnis, baik  perusahaan maupun individu bisa membeli atau menjual barang melalui internet. 


Belanja secara online makin mendapat tempat di masyarakat ketika dunia dikejutkan dengan kehadiran virus Covid-19. Selama 2 tahun kita dibuatnya takut bertemu orang lain. Tempat teraman hanyalah di dalam rumah. Kita pun berusaha seminimal mungkin melakukan kontak fisik dengan orang lain.


Dalam situasi seperti ini, belanja online adalah pilihan terbaik. Kita pun mengandalkan kelancaran Wifi Rumah untuk bisa melakukan shopping di dunia maya tersebut. Kini, meski pandemi Covid-19 telah melandai, belanja secara online masih tetap marak.  Sepertinya, kita sudah nyaman dengan bentuk transaksi ini. Sudah telanjur sayang, hehehe.

Baca Juga: 7 Barang yang Bisa Dibawa Pulang Saat Menginap di Hotel

8 Alasan Mengapa Belanja di e-Commerce Itu Menyenangkan

Sumber Gambar: Pixabay

“Permisi, Paket!”

Sepertinya, kehadiran kurir dengan teriakan khasnya menjadi sosok yang paling dinantikan di masa ini. Kurir yang datang membawa barang yang telah pilih dan beli. Barang yang kita idam-idamkan dan dengan rasa tak sabar ingin segera kita lihat wujudnya.

Kira-kira seperti itulah gambaran dunia belanja online saat ini. Belanja secara online seolah sudah menjadi lifestyle, bahkan kebutuhan. Hm, menyenangkan sekali, bukan? Namun, bukan hanya itu yang menyebabkan belanja online di E-commerce itu menyenangkan. Beberapa alasan lainnya akan dipaparkan satu per satu. Check it out!

1. Transaksi Bisa Dilakukan Tanpa Harus Keluar Rumah



Ingin sesuatu, tetapi harus samperin tokonya terlebih dahulu? Itu mah kuno. Kini, kita bisa  belanja online. Gak harus keluar rumah, gak harus ninggalin anak-anak yang kadang rempong jika dibawa ke sana ke mari, dan gak harus berpanas ria plus menghabiskan BBM yang harganya makin melangit.  Pokoknya, gak pakai repot, gak bikin capek. Praktis dan hemat. 

Kita tinggal nyalain ponsel, terus pilih medium belanja sesuai pilihan. Dari sini, kita bisa puas cuci mata tanpa kaki harus pegal karena mengitari pusat perbelanjaan. Yang penting Wifi Rumah kita ada. Nah, kalau mau acara nge-mal di dunia maya kita melaju tanpa hambatan, pilih IndiHome dari Telkom Group.  Dijamin sukses tanpa dakki-dakki (bahasa Makassar yang artinya tersendat-sendat)

Kalau sudah memesan, kita tinggal menunggu di rumah tanpa perlu mendatangi toko untuk klarifikasi. Tunggu saja Pak Kurir teriak di depan rumah kita, “Permisi, Paket...”

2. Lebih Banyak Promo



Sudah pernah belanja e-commerce pakai IndiHome? Jika belum, sini saya kasi tahu. Ternyata, kalau belanja via online itu kita bisa mendapatkan banyak promo. Bentuknya macam-macam. Ada promo potongan harga, promo bebas ongkos kirim, promo cashback, promo tanggal cantik, dan masih banyak lagi.

Wah, bikin mupeng dong. Apalagi buat emak-emak kayak saya yang paling gak bisa lihat promo. Bungkus!!!!

3. Harga Relatif Lebih Murah


Setelah membanding-bandingkan harga, ternyata harga barang yang ditawarkan di marketplace banyak yang relatif lebih murah. Misalnya saja, kemarin anak saya membeli perlengkapan sekolah di salah satu toko online. Setelah dilihat-lihat, harganya kok, malah lebih murah dibanding di toko offline. Ketika barangnya datang, ternyata kualitasnya sama saja. Nah, lebih untung belanja online, dong.

Meski demikian, kita harus tetap berhati-hati ketika melihat tawaran harga murah. Kami pun pernah kepincut dengan harga murah. Ceritanya, anakku beli 3 botol minuman dengan harga yang sangat miring. Namun, ketika barangnya tiba, yang datang adalah 3 biji permen mint. Kami langsung komplain dong dan langsung ngasih reviu jelek ke toko tersebut. Alhamdulillah, uang kami kembali 100 %. Meski demikian, kami tetap dongkol, dong. Ih, niat banget sih, tipu-tipunya.

Karenanya, sebelum berbelanja, pilihlah toko yang terpercaya. Bagaimana caranya tahu hal ini? Salah satu caranya adalah dengan melihat rating toko beserta reviu dari konsumen yang sudah pernah berbelanja di sana. Tentunya, untuk bisa melakukan itu semua, pakai IndiHome agar acara browing kita tidak lelet.

4. Lebih Banyak Pilihan



Saat belanja ke toko fisik, terkadang kita tidak menemukan barang yang dicari. Bisa jadi, barangnya sudah habis atau sudah tidak diproduksi. Akibatnya, kita harus beralih ke toko lain yang tentunya akan membuat kita membutuhkan waktu, tenaga, dan biaya lagi.

Nah, hal kayak begini tidak akan terjadi di e-commerce. Misalnya barang yang kita inginkan tidak tersedia di Toko A, kita bisa mencarinya di Toko B, Toko C, dan yang lainnya. Kita hanya butuh “senam jari” untuk berpindah-pindah toko. Dijamin, gak bakal pegal, deh, tuh kaki.

Ohya, ada satu hal unik lainnya. Tahu gak, ternyata yang jualan di e-commerce gak hanya dari Sabang sampai Merauke, lo. Bahkan, ada yang dari luar negeri juga. Asyik, kan, bisa shopping keluar negeri tanpa paspor dan visa, apalagi tiket pesawat. Cukup pakai IndiHome, semua bisa dijangkau.

5. Bisa Membandingkan Harga

Sebagai konsumen, kita pastinya selalu mencari barang dengan harga termurah. Ternyata, hal ini bisa kita lakukan tanpa capek dan pegal meski keluar masuk banyak toko. Kita hanya butuh IndiHome agar acara jalan-jalan di toko online berjalan mulus tanpa hambatan.

Kita pun bisa melakukannya, baik itu sambil rebahan, sambil menghabiskan camilan, atau sambil menemani anak-anak di rumah. Asyik banget, kan?

6. Tersedia Banyak Pilihan Pembayaran



Pelaku bisnis e-commerce atau perdagangan elektronik tidak melulu adalah toko online. Banyak juga bank maupun lembaga multifinansial yang menjalin kerja sama dengan toko-toko online sebagai partner pembayaran. Bentuk kerja sama tersebut melahirkan sistem pembayaran yang memudahkan  konsumen. Kita bisa melakukan pembayaran lewat bank maupun aplikasi pembayaran lainnya, bahkan kita juga bisa kredit alias nyicil.

7. Aman dari  Penyebaran Covid-19

Belanja online memang pernah menjadi pilihan cara berbelanja yang paling aman saat penyebaran Covid-19 sedang tinggi-tingginya.  Meski grafik penyebaran Covid-19 telah melandai, bukan berarti kita sudah merdeka darinya. Bahkan, di beberapa tempat grafiknya masih naik turun. 


Karenanya, berbelanja di e-commerce pakai IndiHome tetap bisa menjadi pilihan agar terhindar dari penularan Covid-19. Kan, kita gak pernah tahu apakah orang-orang di luar sana sehat wal afiat ketika kita sedang bertransaksi offline. Kalau seperti ini, belanja dari rumah saja memang lebih aman. 


8. Ada Sensasi Unboxing



Siapa yang tidak sabaran ingin segera melakukan unboxing usai Babang Kurir    mengantarkan barang pesanan kita? Ya, ada sensasi tersendiri ketika menerima barang tersebut. Rasa penasaran plus deg-degan karena berharap barang pesanan kita benar-benar sesuai dengan ekspektasi. Inilah sensasi unboxing tersebut.

 

Nah, sensasi seperti ini tidak akan kita rasakan saat berbelanja offline. Bagaimana mau penasaran, lha, barangnya kan sudah dilihat dan diketahui sebelum dibeli. Kan, gak penasaran lagi.

 

Bagaimana, seru bukan berbelanja online melalui e-commerce pakai IndiHome? Ingat, teknologi memang ibarat pisau bermata dua. Jika dimanfaatkan dengan baik, teknologi akan sangat membantu. Namun, jika tidak dimanfaatkan dengan baik, teknologi bisa “membunuh” kita. Kamu pilih yang mana?


  • Share:

You Might Also Like

7 Comments

  1. IndiHome memang keren. Kami di rumah juga pakai IndiHome. Internet lancar...

    BalasHapus
  2. Wah paling suka nih kalo gak usah kemana2,hihi. Bagus nih pasti sinyal indihome ya,adikku pake juga mom.

    BalasHapus
  3. Belanja e commerce meant enak ya bund, lengkap dan nggak usah keluar rumah, cukup punya jaringan anti lemot aja kayak indihome

    BalasHapus
  4. Memangnya kalau ada teriakan dari memang paket itu suka bikin happy. Karenanya untuk beberapa kebutuhan aku suka beli online di e-commerce. Selain banyak promo, bisa hemat waktu juga karena tidak perlu pergi caro toko offline. Biar lancar belanjanya pakai IndiHome aja, ya.

    BalasHapus
  5. Saya di rumah juga menggunakan IndiHome, tidak hanya untuk berbelanja bahkan untuk kerjapun menggunakan internet ini, karena cepat jaringannya mendukung kerja dalam kondisi apapun

    BalasHapus
  6. Aku juga pakai IndiHome mbak di rumah.

    Mudah banget emang tapi jadi nguras kantong. Wkwkwkwk..

    Gara-gara mudah, dikit-dikit jadi pingin checkout keranjang belanjaan. Sungguh tidak baik untuk rekening dan isi dompet. Wkwkwk..

    BalasHapus
  7. saya kalau mau belanja online, itu bisa lama di pindah-pindah tokonya saking mau bandingin harga dulu, syukurnya sih di rumah pakai WiFi IndiHome jadi sat set sat set aja tuh jaringannya cepat dan gak perlu pusing dengan kuota segala, hihihh.
    yang terakhir itu dag dig dug ya Bun, sesuai gak ya dengan info di tokonya, hihihih.. ini anak-anak saya udah heboh aja kalau udah mau unboxing :D

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak yang baik. Happy Blogging