Wisuda Sarjana XIII STT Bandung 2018

By HAERIAH SYAMSUDDIN - Sunday, December 09, 2018


Setiap kali menghadiri ataupun melihat acara wisuda, mau tidak mau ingatanku akan melayang mundur beberapa tahun silam. Ingatan saat saya diwisuda dan resmi menyematkan gelar Sarjana Sastra di belakang namaku. Sebuah kenangan yang sangat indah, yang akan selalu kukenang sampai kapan pun.


Dan, tentu saja hal itu yang juga dirasakan para wisudawan-wisudawati STT Bandung, yang hari ini menggelar acara wisuda yang ke 13. Pastinya, akan banyak kisah yang berawal pada hari ini. Kisah para wisudawan-wisudawati yang berhasil menyelesaikan studinya. Kisah para orang tua yang dengan segala jerih payahnya berusaha menyekolahkan anak-anaknya hingga tiba di titik ini. Dan, kisah para tenaga pengajar yang telah memberikan ilmu pengetahuan mereka selama para mahasiswa menimba ilmu di kampus tercinta ini. 

Sekolah Tinggi Teknologi Bandung (STTB) merupakan sebuah sekolah tinggi yang berada di Kota Bandung. Kampus yang berdiri sejak 5 Oktober 1991 ini mempunyai tagline, yakni "Your Partner to Global Competition". Tagline ini sejalan dengan tujuan didirikannya kampus ini yaitu untuk menghasilkan tenaga-tenaga ahli yakni para sarjana yang kompeten di bidangnya sehingga nantinya akan siap menghadapi tantangan zaman.

Di tahun 2018 ini, STTB  kembali menggelar acara wisuda sarjana yang ke-13 kalinya. Acara ini diselenggarakan di Harris Hotel & Conventions Festival Citylink, Bandung, tepat pada hari ini, 8 Desember 2018. Acara wisuda tahun ini diikuti sebanyak 183 wisudawan dari dua program studi yang terdiri dari 106 orang lulusan Teknik Industri dan 77 orang dari Teknik Informatika. Terhitung hingga saat ini, STTB telah berhasil melahirkan 1.335 orang sarjana.

Acara wisuda dimulai pada pukul 07.30-13.00 WIB. Acara ini selain dihadiri oleh para wisudawan, juga hadir para petinggi jajaran civitas akademika STTB. Acara hari ini juga dirangkaikan dengan penandatangan MOU antara STTB dengan beberapa lembaga dari dalam dan luar negeri. Di antaranya adalah PT Pos Indonesia, Bank Sampah Bersinar, Universitas Nasional PADIM, dan HUNGCHI Taiwan.

Undangan sekaligus rundown acara wisuda
Dalam sambutannya di acara ini, Ketua STTB,  Bapak Muchammad Naseer, S.Kom.,M.T., mengatakan bahwa lembaga yang dipimpinnya sudah berstandar internasional.  Salah satu indikasinya adalah keberadaan 120 orang tenaga pengajar (dosen). Bahkan, STTB menargetkan tahun depan, di tahun 2019, 77 % tenaga pengajarnya akan menyelesaikan studi S3 nya.



Bapak Muchammad Naseer juga mengabarkan bahwa para mahasiswa dan para lulusan STTB memiliki prestasi yang cukup baik. Tercatat, ada 13 orang mahasiswa yang saat ini tengah menjalani program magang di Taiwan dengan pendapatan yang melebihi gaji UMR Bandung, yakni sekitar 4-6 kali lebih besar.

Selain itu, tingkat kepercayaan industri terhadap lulusan sekolah tinggi ini juga cukup besar. Hal ini dapat dilihat dari seringnya pihak kampus menerima permintaan lulusannya untuk disalurkan di beberapa perusahaan bergengsi yang membutuhkan tenaga atau jasa mereka. Bahkan, bisa dibilang, lulusan sekolah tinggi ini rata-rata hanya membutuhkan 45 hari setelah menyelesaikan studinya untuk kemudian masuk ke dunia kerja atau kewirausahaan.

Acara selanjutnya adalah laporan dari Ketua Yayasan, yakni Bapak Dadang Hermawan. Beliau mengucapkan terima kasih dan penghargaannya kepada semua pihak atas pencapaian tahun ini. 

Dan, sebelum masuk ke acara prosesi wisuda, diumumkan siapa yang berhak mendapatkan kehormatan sebagai wisudawan terbaik dan skripsi terbaik tahun ini.

Sebagai wisudawan terbaik dari program studi Teknik Informatika adalah Iin Indrayani, S.Kom. Sementara wisudawan terbaik dari program studi Teknik Industri adalah Srikanti Astuti, S.T.  Adapun skripsi terbaik, di antaranya  adalah Fitri Kurniawati, S.T, Inggi Sri Astuti, S.T, dan Srikanti Astuti S.T.
Perwakilan dari alumni

Add caption





Sementara itu, dalam orasi ilmiahnya, tampil sebagai keynote speaker adalah Dr. Cyrille SCHWOB, APAC Head of Research and Technology Development at Airbus. Beliau datang langsung dari Singapura untuk menyampaikan orasinya tentang teknologi yang digunakan oleh perusahaan  Airbus.



Demikianlah beberapa acara wisuda pada hari ini. Selamat kepada pihak STTB yang kembali melahirkan para sarjana di bidang tekhnologi. Dan khusunya, selamat kepada para wisudawan yang telah berhasil menyelesaikan studinya. Semoga ilmunya dapat bermanfaat bagi orang banyak dan membawa keberkahan di dunia dan akhirat. Aamin.



  • Share:

You Might Also Like

20 komentar

  1. Pada bahas wisuda STTB. semoga yang lulus bisa langsung mengaplikasikan ilmunya.

    ReplyDelete
  2. Selamat buat para wisudawan. Semoga ilmunya bermanfaat dunia akhirat.

    ReplyDelete
  3. Duuh wisuda lagi. Jadi tambah mewek nih. Ka[an saya bisa wisuda yah. Semoga ilmu yang telah didapat barokah dan manfaat yah para wisudawan. Aamiin...

    ReplyDelete
  4. Maaf ya mbak, kenapa ya, di saya koq narasi-nya ga muncul, yang ada foto2 saja...pengen baca ceritanya :(

    ReplyDelete
  5. bisa jadi refernsi nanti jika anakku mau kuliah di Bandung. Semoga STTB semakin bagus kualitasnya.

    ReplyDelete
  6. Bisa dijadikan salah satu referensi sekolah, mantap lulus bisa langsung kerja
    Sukses buat wisudawan dan wisudawatinya

    ReplyDelete
  7. Pengin wisuda lg jadiny
    Wisuda s2 😂

    ReplyDelete
  8. Saya termasuk yang kuliahnya jurusan apa, terus kerjanya bedaaaa banget 🥰

    ReplyDelete
  9. Selamat dan sukses untuk seluruh wisudawan. Barakallahu ....

    ReplyDelete
  10. Sukses terus buat para wisudawan. Semoga bisa berbakti Untuk negeri.

    ReplyDelete
  11. Pingin kuliah lagi dan wisuda lagi... Smg bermanfaat ilmunya. STTB makin kereen ya...

    ReplyDelete
  12. Insya Allah sarjana teknik akan selalu dibutuhkan sampai kapan pun...

    ReplyDelete
  13. Selamat dan sukses tuk para wisudawan STTB. Jalan masih panjang, sekarang waktunya meneruskan perjuangan. Baarakallah ��

    ReplyDelete
  14. Jadi pengen kuliah lagi kalo pas dateng acara wisudaan. Thanks for sharing mba

    ReplyDelete
  15. Oh mba dari sastra ya ... Cocok banget jadi penulis

    ReplyDelete
  16. Sukaaaaa! STT Bandung keren sih
    Selamat para wisudawan dan wisudawati
    Sukses STT Bandung

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak yang baik. Happy Blogging