7 Manfaat Membaca Buku bagi Si Kecil

By HAERIAH SYAMSUDDIN - Senin, Desember 04, 2023

 



Mengenalkan buku sedini mungkin kepada anak tentu saja mempunyai banyak manfaat. Alhamdulillah, kesadaran para orang tua dalam hal ini cukup besar. Terbukti dengan laris manisnya buku anak di pasaran. Bahkan banyak diantaranya dijual dengan harga fantastis namun nyatanya tidak menyurutkan keinginan orang tua untuk memberikannya kepada anak.  
Berikut 7 Manfaat Membaca Buku bagi Si Kecil manfaat membaca buku (jika si kecil belum bisa membaca, orang tua yang membacakan untuk anak) antara lain adalah sebagai berikut.

1.     Menambah Kosakata Anak
Membaca membuat anak terbiasa mendengarkan kosakata baru. Kosakata ini  membuat anak dapat memahami kata-kata yang ada di sekitar mereka. Dengan demikian, otak mereka dapat berkembang dengan lebih pesat.
2.     Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Anak
Dengan memiliki pengetahuan akan kosakata yang lebih banyak, maka anak akan lebih mudah dalam berkomunikasi. Anak akan lebih percaya diri mengungkapkan keinginannya, bahkan dapat dengan bahasa yang lebih baik dari anak seusianya.  Hal ini membuat komunikasi antara anak dengan orang tua maupun dengan orang lain dapat berjalan lebih baik. 
3.     Melatik Kemampuan Berpikir Logis Anak
Ketika orang tua membacakan buku untuk anak, maka anak belajar memahami sebab akibat dari cerita yang dibacakan tersebut. Hal ini akan membuat anak belajar untuk memahami sebuah konsekuensi serta belajar mana yang benar dan mana yang salah
5.     Membangun Hubungan Orang Tua dan Anak
Orang tua yang sering membacakan buku untuk anaknya secara otomatis akan mempunyai kedekatan yang lebih dengan sang anak. 



6.     Menumbuhkan Minat Baca Anak
Minat buku seorang anak yang sering dibacakan buku oleh orang tuanya akan lebih mudah tumbuh dibanding anak dengan kondisi lain. 
7.     Meningkatkan Kecerdasan
Buku adalah jendela dunia, buku adalah sumber ilmu pengetahuan. Hal ini juga berlaku pada anak. Makanya tak heran bila anak yang suka membaca akan lebih cerdas dibanding anak lainnya. 
   Demikian 7 Manfaat Membaca Buku bagi Si Kecil.  Sudahkah kita membaca buat si kecil hari ini?

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak yang baik. Happy Blogging