7 Barang yang Bisa Dibawa Pulang Saat Menginap di Hotel

By HAERIAH SYAMSUDDIN - Senin, November 07, 2022

Saya pernah nemu berita aneh bin ajaib di media. Diberitakan kalau satu keluarga WNA mendapat finalti akibat membawa pulang barang-barang hotel yang ada di kamar tempat mereka menginap. Tahu gak barang apa yang mereka embat? Televisi, hair dryer, setrika, dan ada lagi beberapa benda yang saya gak ingat. Hikz, ini embat atau ngerampok, seeh????

 

Mulanya mereka menyangkal. Memang, gak ada yang lihat saat mereka membawa barang-barang tersebut keluar.  Namun, pihak hotel punya CCTV, lho. Nah, usai diperlihatkan video saat mereka menggotong barang-barang hotel, tentu saja mereka gak bisa mengelak lagi. Mereka pun segera mengembalikan barang-barang hotel dan entahlah, apa setelah itu mereka mendapat finalti atau bagaimana.


 Baca Juga: 7 Manfaat Travelling


Pernah juga, saya mengalami sendiri. Usai nginap di hotel dan bersiap check out, ternyata satu handuk kecil milik hotel gak ada. Nah lho, kami pun diintrogasi. Usut punya usut, handuk itu terbawa bersama pakaian kotor kami. Mungkin, anak-anak tanpa sadar memasukkannya ke laundry bag. Suami sampai memarahi kami karena kami harus membongkar pakaian kotor yang sudah diletakkan di bagasi mobil dengan diawasi oleh petugas hotel. Hikz

 

"Malulah, nanti dikira kita mau nyolong handuk yang harganya tidak seberapa." Tukas suami saat kubilang kalau hal kayak gini biasalah terjadi.


Lalu, sebenarnya apa sajakah barang-barang hotel yang bisa dibawa pulang tamu hotel? Berikut item-item yang boleh dibawa pulang saat menginap di hotel. Jadi,  Check it out agar tidak salah lagi!

1. Perlengkapan Mandi




Perlengkapan Mandi ala Fairmont Hotel Jakarta


Bagi para tamu hotel, pihak hotel tentu saja akan menyediakan perlengkapan mandi. Nah, perlengkapan mandi ini bisa dibawa pulang. Tentu saja, tidak termasuk handuk maupun bathrobe, tentunya.

 

Untuk kelengkapannya, biasanya tergantung level hotel yang kita datangi. Makin tinggi level bintang hotel tersebut, makin variatif juga perlengkapan mandi yang disiapkan.

 

Nah, kebetulan beberapa waktu yang lalu kami nginap di salah satu hotel yang ada di Senayan, Jakarta. List perlengkapan mandi mereka lumayan lengkap, terdiri dari sabun mandi (cair, batangan, atau keduanya), sampo, condisioner, hand body, sisir, shower cap, dental kit, cotton bud, shave kit, nail care kit, dan kapas.

 Baca Juga: Rawat Kecantikanmu dengan 5 Bahan Dapur


2. Aneka Kebutuhan Minum

 

Aneka teh dan kopi ala Fairmont Hotel Jakarta

Sama seperti di atas, makin tinggi level hotel maka makin lengkap juga sajiannya untuk para tamu. Sama seperti saat kami menginap di Hotel Farmont Jakarta yang berbintang 5, perlengkapan minumnya juga lebih lengkap. Ada coffee maker lengkap dengan kopinya, air mineral, pemanas air, aneka jenis teh, gula (white and brown sugar), dan krimer. 


Coffe Maker dan Mineral Water


Adapun saat menginap di hotel tanpa bintang (maaf, bikin istilah sendiri) paling tersedia pemanas air, teh, kopi sachet, gula,  krimer (jarang-jarang sih kalau yang ini), serta air mineral (tapi pernah juga kami gak dikasi air mineral karena di selasar hotel disediakan dispenser.)

Nah, perlengkapan minum itu semua bisa dibawa pulang, kecuali gelas, sendok, pemanas air, dan coffe maker. Ingat, ya.

 

3. Perlengkapan Menjahit

 

Di beberapa hotel, disediakan  juga sewing kit atau perlengkapan menjahit. Biasanya sewing kit terdiri dari jarum, benang, kancing, dan peniti. Lumayanlah buat menjahit kancing baju yang terlepas ataupun baju-baju yang sobek saat lagi nginap. Semacam pertolongan pertama daripada bolong, hehehe.

 

3. Pulpen/Pensil dan Notes

 

Pen dan note book

Di atas meja biasanya terdapat pulpen atau pensil dan notes. Nah, benda ini juga bisa dibawa pulang. Saya malah mengoleksi beberapa pulpen/pensil yang saya dapatkan dari hotel-hotel yang pernah kami tempati menginap. Soalnya, unik dan biasanya ada nama hotelnya. 

 

Sayangnya, ada beberapa yang hilang entah ke mana. Maklum, karena masih nomaden, beberapa barang ada yang hilang atau tercecer. Mungkin, koleksi pulpen hotelku juga termasuk salah satunya.

 

4. Laundry/Sanitary Bag

 

Bagi tamu hotel yang ingin mendapatkan jasa laundry, bisa juga memanfaatkan fasilitas yang diberikan hotel. Nah, pakaian yang akan di-laundry tinggal dimasukkan ke laundry bag. 

 

Namun, jika tidak digunakan, laundry bag-nya juga bisa dibawa pulang. Lumayan, buat naroh barang saat belanja-belanji berhubung di daerah Bogor berlaku kebijakan no plastic saat berbelanja. 


Ngomong-ngomong soal sanitary bag, saya punya pengalaman lucu. Ceritanya, waktu itu saya, suami, anak nomor 4 dan 5 sedang dikarantina di salah satu hotel di Kuala Lumpur. Nah, saat melihat sanitary bag-nya yang berwarna kuning mencolok yang disediakan di kamar hotel, saya tertarik buat koleksi. Sanitary bag itu kemudian saya simpan di koper.


Nah, tahu-tahu beberapa hari kemudian ada pengumuman bahwa para karantiners dilarang membawa pulang benda berwarna kuning tersebut. Lha, batal dong saya mengoleksinya. Anak-anak sampai meledekku, 


"Ummi,sih, apa-apa yang gratis maunya dibawa pulang."

Hikz.


 Baca Juga: LibertyHome, Home Stay Nyaman di Central Residence Kuala Lumpur


6. Tisu



Di setiap kamar biasanya terdapat 2 jenis tisu, tisu toilet dan tisu biasa. Namun, kami sangat jarang menggunakan tisu-tisu yang disediakan hotel. Bahkan, beberapa kali tisu-tisu toilet malah mubazir kena percikan air dari keran. Lha, kita kan lebih banyak menggunakan air untuk membersihkan diri usai buang air. Jadinya, tisu-tisu gak kepake.


Tisu juga termasuk barang yang  bisa dibawa pulang. Lumayan buat nambah persediaan tisu di rumah. Kalau saya sih, buat melapisi gorengan biar minyaknya berkurang sebelum dikonsumsi. 

 

7. Sandal Hotel


Kebijakan untuk bisa membawa pulang benda kecil ini biasanya tergantung pihak hotel. Ada yang membolehkan tanpa syarat dan ada yang membolehkan dengan syarat. Yang membolehkan tanpa syarat, artinya kita bisa membawanya pulang dan free alias gratis. Sementara yang membolehkan dengan syarat, artinya kita dikenakan biaya jika akan membawanya pulang. 


Kedua kondisi ini pernah saya temui. Biasanya sih, pihak hotel menyematkan selembar kertas di dekat sandal atau menempelkan pemberitahuan di dinding kamar tentang kebijakan ini. Namun, kalau ingin lebih jelas, lebih baik tanyakan langsung ke pihak hotel demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Jangan sampai kalian harus mengubek-ubek barang yang sudah disusun rapi saat check out hanya gara-gara membawa pulang barang yang tidak diperbolehkan oleh pihak hotel. Jangan, ya, please ....

 

Hm, apa lagi ya barang-barang yang boleh dibawa pulang saat menginap di hotel? Ada yang mau tambahkan?


  • Share:

You Might Also Like

13 Comments

  1. duh, kalau TV segala dibawa pulang itu sih niat namanya kak.. tapi kok ya nekad gitu, ga habis thinking dah.. eh btw, kalau hanger / gantungan baju yang ada di lemari, termasuk yang boleh dibawa ngga kak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hanger kayaknya gak boleh dibawa pulang, deh, mba. Soalnya harganya lumayan, hehehe.

      Hapus
  2. Meski nggak bisa bawa televisi, tapi bawa yang lain juga masih banyak ya Bun...kwkwk. Paling sering memang bawa sandal hotel sih, sekaligus kayak kenang-kenangan pernah pergi dan menginap di hotel mana gitu. Lumayan juga berguna buat sandal di dalam rumah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa disulap jadi sandal rumahan, apalagi kalau sandalnya imut .

      Hapus
  3. Laundry dan sanitary bag ternyata boleh dibawa pulang ya kak? Hihi,aku baru tahu,selama ini palingan kalo nginep di hotel,sandal sama sachetan kopi atau gula,hehe.

    BalasHapus
  4. walaaahh, kalau TV dan elektronik lainnya itu mah keterlaluan banget ya, cari perkara aja deh, terniat hihih.

    saya biasa pakai laundry bagnya untuk simpan pakaian kotor sebelum masukin ke koper/tas biar ndak tercampur sama pakaian yang belum terpakai.

    BalasHapus
  5. Aku hampir gak pernah bawa barang-barang hotel setelah menginap. Ternyata boleh saja untuk benda-benda yang disebutkan di atas ya, Mba. Seperti sabun, minuman sachet, bahkan sanitary bag. Tapi, kayanya aku leboh tertarik bawa perlengkapan mandi. Apalagi yang di hotel bintang lima biasanya kemasannya bagus.

    BalasHapus
  6. Duh saya jarang eh malah belum pernah nginap di hotel jadi gak tahu barang2 apa aja yang boleh dibawa pulang. Baca postingan ini jadi tahu nih ternyata ada barang2 tertentu ya yang boleh dibawa pulang

    BalasHapus
  7. Aku sukanya cuma bawa pulang peralatan mandi dan sandal, Bun. Lainnya kayak tisu, dll gak terpikir sama sekali. Eh.. liat postingan ini kok mendadak pengen bawa pulang teko pemanas air, ya? Kwkwkwk.. Auto disidak deh sama staf hotel hahaaa...

    BalasHapus
  8. Setiap ke hotel dan setiap hari sy habiskan 7 item itu, bun. Walaupun nginep 3 malam, ya biar tiap hari direfill sama petugas dan sy ambil juga haha. Beneran ngerampok

    BalasHapus
  9. Aku suka koleksi sabun hotel, hahaha, kecil kecil imut gitu. Sayangnya handuk gak boleh ya kak. Hahaha padahal handuk hotel tebal tebal plus menyerap air.

    BalasHapus
  10. Iya sih kadang alat mandi aja yang dibawa kalau nginep. Ini kalau saya. Tissue dll nggak sih. Minuman juga kadang udah habis diminum. Handuk kadang saya bawa sendiri juga dari rumah.

    BalasHapus
  11. Dari ketujuh barang di atas, yang belum pernah saya bawa pulang tisu, kak. Duhh kelihatan kalau main sikat aja sesampai di hotel, nih hihihi.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak yang baik. Happy Blogging