Sekolah Terbaik Untuk Buah Hati Tercinta

Sunday, 4 February 2018


Tak lama lagi tahun ajaran baru akan kembali menyapa. Insya Allah, tahun ini, anak ketigaku akan memasuki jenjang SMP. Dan, tentu saja, kami sudah menyiapkan sekolah terbaik untuk putri sulung kami tersebut.


Sekolah yang kami pilihkan adalah sebuah sekolah berasrama khusus untuk putri. Bahasa kerennya adalah sebuah mahad alias pesantren. Alasan memilih pesantren tersebut adalah karena kami ingin anak-anak tumbuh dalam kondisi keberagamaan yang kuat, mampu mempelajari dan menghapal Al Quran dan hadits-hadits Nabi, serta nantinya mampu berdakwah untuk umat.

Sebuah cita-cita yang sederhana, bukan?

Sebagai orang tua yang senantiasa ingin memberikan yang terbaik untuk putra-putrinya, termasuk dalam hal pendidikan, kami mempunyai beberapa pertimbangan sebelum memutuskan akan memasukkan anak-anak kami ke lembaga pendidikan tersebut. Berikut beberapa di antaranya.

1.Pertimbangan Agama

Sebagai orang tua yang sadar bahwa tujuan hidup di dunia hanyalah untuk beribadah kepada Allah Subhanahu wa ta'ala, kami pun ingin anak-anak juga paham hal itu. Untuk itulah, pertimbangan pertama kami adalah menitipkan anak-anak pada lembaga pendidikan yang mengedepankan pelajaran agama. 

2. Pertimbangan Jarak

Untuk anak-anak yang masih kecil, pertimbangan jarak menjadi syarat berikutnya. Jarak yang terlalu jauh akan membuat anak-anak keletihan sehingga belajar menjadi tidak maksimal. Alhamdulillah, selama ini sekolah anak-anak masih sangat terjangkau. Apalagi, si kecil yang saat ini sudah masuk  Tadika (TK B), sekolahnya sangat dekat dari rumah. Cukup menyeberang jalan, sampai deh.

3.Pertimbangan Tenaga Pengajar

Tenaga pengajar juga menjadi bahan pertimbangan kami. Alhamdulillah, lembaga dakwah tempat kami selama ini menuntut ilmu telah melengkapi diri dengan membuka banyak pilihan lembaga pendidikan. Mulai dari PAUD, TK, SD, SMP, SMA, hingga tingkat Universitas. 

Dengan demikian, tentu saja, kami mengenal dengan baik para tenaga pengajar yang terlibat dalam lembaga pendidikan tersebut. Bukan hanya itu, biaya pendidikan juga lebih terjangkau dibanding lembaga pendidikan lainnya.


Alasan-alasan di atas merupakan beberapa pertimbangan kami, saya dan suami, dalam memilih sekolah untuk anak-anak kami tercinta. Semoga ikhtiar yang kami lakukan berbuah dengan dijadikannya anak-anak kami, anak-anak yang sholih dan sholihah. Aamiin.


****
*Tulisan ini diikutkan dalam #SatuHariSatuKaryaIIDN hari terakhir.

1 comment:

  1. Ketiga hal itu juga jadi pertimbangan syaa ketika memilih sekolah untuk anak-anak :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman semua. Happy Blogging

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...