10 Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan. Manfaatkan Untuk Mengatasi Masalah Kesehatan Anda

Sunday, 31 December 2017

Tanaman Daun Sirih

Tanaman sirih merupakan salah satu jenis tanaman yang merambat, bahkan bisa mencapai 1 meter atau lebih. Tanaman ini mempunyai bentuk daun yang berwarna hijau, berbentuk menyerupai hati, serta mempunyai lapisan daun yang mengkilap.tanaman sirih dapat tumbuh di daerah yang lembab maupun kering.

Bagi para orang tua kita dahulu, penggunaan daun sirih sudah tidak asing lagi. Daun sirih sering digunakan untuk aktivitas mengunyah, yang ternyata sangat baik untuk menjaga kesehatan mulut.   Sayangnya, aktivitas ini sudah semakin jarang dilakukan. Bahkan boleh dibilang sudah langka.
Khasiat daun sirih untuk pengobatan juga telah lama dikenal. Dengan kandungan tiamin, riboflavin, niasin, karoten, dan vitamin C yang ada pada daun ini. Tak hanya itu, daun sirih juga mengandung kalsium yang cukup tinggi yang baik untuk memelihara kekuatan gigi dan  membuat gigi tidak mudah berlubang.
Berikut 10 manfaat sirih untuk kesehatan
1. Sebagai Obat Gangguan Tulang
Dengan kandungan chavicol pada daun sirih, daun ini dapat  membantu meringankan gangguan penyakit pada tulang seperti nyeri atau terkena cedera ringan. Chavicol adalah suatu  zat khusus yang di dalamnya terkandung minyak esensial dengan fenol sebagai komponen terbanyaknya.
Cara menggunakannya:
Ambil beberapa lembar daun sirih lalu haluskan dan campur dengan air hangat. Balurkan pada  bagian tulang yang terasa sakit. Tulang pun akan  terasa lebih nyaman dan  rasa sakit yang berlebihan akan berkurang.
2. Sebagai Obat Batuk


Batuk yang sedang diderita, khususnya pada anak-anak juga dapat diatasi dengan daun sirih.

Cara menggunakannya:
Ambil beberapa daun sirih lalu rendam dengan minyak kelapa yang sudah dihangatkan terlebih dahulu. Tempelkan daun sirih tersebut pada dada  anak. Efek senyawa esensial daun sirih akan menimbulkan aroma yang khas. Anak pun  akan merasa lebih nyaman dan mengurangi sesak napas.


3. Sebagai Obat  Radang Tenggorokan

Jika terkena   gangguan tenggorokan  ringan, ambil beberapa lembar daun sirih. Beri minyak hangat atau minyak yang mengandung mint lalu tempelkan di bagian yang sakit.

4. Sebagai Obat Bisul

Bisul yang menyerang biasanya terjadi karena infeksi kuman/bakteri, alergi pada  makanan atau karena  sistem hormon atau darah kotor.
Untuk memanfaatkannya dengan daun sirih, caranya ambil beberapa lembar daun sirih yang telah diberi  campuran minyak kelapa atau minyak dari pohon jarak. Tempelkan pada bisul dan ulangi setiap tiga jam.Radang bisul pun akan berkurang dan bisul akan pecah atau mengecil.

5. Sebagai Penghilang Kutil

Anda mempunyai kutil yang kehadirannya terasa menganggu? Untuk menghilangkannya, tempelkan daun sirih pada bagian kutil. Lakukan hal ini secara teratur hingga kutil kemudian  lepas, mengecil dan hilang.

6. Sebagai Obat Sakit Kepala

Salah satu kandungan daun sirih mempunyai senyawa khusus yang berfungsi sebagai analgesik atau penghilang sakit kepala. Jika Anda ingin memanfaatkan daun sirih sebagai obat sakit kepala, caranya cukup mudah.
Ambil beberapa lembar daun sirih lalu haluskan dan campur dengan air hangat. Letakkan daun sirih halus tersebut  di bagian dahi atau kepala. Lakukan  beberapa kali hingga rasa sakit  di kepala  mereda  atau hilang.

7. Sebagai Obat  Mimisan
Untuk mengatasi mimisan, ambil  daun sirih yang masih segar atau baru saja dipetik.  cuci bersih daun sirih kemudian gulung hingga bisa masuk ke lubang hidung. Dengan kandungan senyawa yang ada pada daun ini, pendarahan akan berhenti sendirinya.

8. Sebagai Obat Sakit Perut pada Bayi

Bayi sangat rentan terkena berbagai jenis penyakit. salah satu yang paling sering menimpa bayi adalah sakit perut.  Untuk mengatasinya, ambilkan beberapa lembar daun sirih lalu hangatkan  dengan minyak kelapa. Setelah itu,  tempelkan pada bagian perut bayi. Lakukan berulang kali hingga bayi merasa nyaman.

9.Baik untuk Menjaga Kesehatan Mulut

Sebagaimana disebutkan di atas, bahwa aktivitas mengunyah sirih yang dilakukan orang-orang tua dulu, salah satu khasiatnya adalah menjaga kesehatan mulut. Aktivitas mengunyah daun ini akan membuat senyawa pengusir bakteri pada mulut bekerja lebih maksimal. Namun sebaiknya mengunyah daun sirih dilakukan tanpa bahan campuran lainnya.

10.Baik untuk Mempercepat Proses Penyembuhan Luka



Luka yang terjadi, misalnya terkena pisau, akan menimbulkan rasa perih dan tentu saja rasa tidak nyaman. Untuk mempercepat penyembuhannya, dapat dilakukan dengan memanfaatkan daun sirih. Caranya, ambil beberapa lembar daun sirih lalu haluskan kemudian oleskan pada bagian yang luka. Mula-mula Anda  akan merasa perih namun pelan-pelan akan hilang dengan sendirinya. Darah akan segera berhenti mengucur dan luka pun, insya Allah  akan cepat kering.

Demikian 10 manfaat daun sirih untuk mengatasi masalah kesehatan.


Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

1 comment:

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak yang baik. Happy Blogging

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...