MEMBUNUH BOSAN ALA SAYA

Sunday, 13 November 2016


Setiap kita pasti pernah merasa bosan. Banyak hal yang dapat menjadi pencetus rasa bosan. Rutinitas harian, menunggu, perjalanan yang panjang dan sebagainya.

Banyak cara dilakukan orang untuk membunuh rasa bosan. Bagaimana dengan saya? Tentu saja, saya pun punya kiat-kiat tersendiri untuk membunuh rasa bosan yang terkadang muncul dalam menjalani kehidupan, cie…


Dulu, saat belum berkeluarga pembunuh rasa bosanku adalah buku bacaan, buku tulis dan pena. Buku bacaan karena saya kutu buku. Buku tulis dan pena untuk menulis ide atau kerangka cerita yang bisa datang kapan saja dan di mana saja.

Kini, setelah menikah pembunuh rasa bosanku agak berubah. Bukan lagi buku bacaan, buku tulis dan pena. Pembunuh rasa bosanku adalah sowan keluar rumah.

Yap, keluar rumah merupakan salah satu obat mujarab. Gimana gak, setelah berhari-hari berjibaku dengan pekerjaan rumah, mengurus anak, mengurus suami maka bertemu dengan orang lain serta merasakan atmosfir yang berbeda membuat rasa bosan dan jenuhku bisa menguap keluar dari raga. Tentu saja setelah kembali ke rumah biasanya pikiran telah tenang dan bersemangat kembali.

Alhamdulillah, setiap keluar rumah saya bukan hanya sekadar keluar begitu saja. Kalau tidak bersilaturrahim dengan teman-teman yang sudah lama tidak bertemu, saya keluar rumah sekalian untuk pengajian. Senang kan….bosannya hilang eh dapat pahala lagi.

Tapi sejak bermukim di negeri orang, saya sudah jarang ke tempat pengajian. Alhamdulillah meski lebih banyak di rumah namun aktivitas menulis membuatku betah di dalamnya. Apalagi anak-anak sudah besar sehingga saya bisa lebih banyak berada di depan laptop tanpa “gangguan” mereka.

Namun tentu saja rasa bosan pastinya pernah mampir juga meski saya sangat menikmati kehidupanku saat ini. Jika itu terjadi maka yang saya lakukan adalah…..

·        Menata ulang susunan perabot di rumah
Menata ulang susunan perabot di rumah memang melelahkan. Mengubah posisi meja, kursi, lemari bahkan tempat tidur memang bikin tenaga terkuras habis. Tapi hasilnya….puas. Dan yang terpenting bete alias jenuh jadi ikut menguap seiring derasnya keringat mengucur dari tubuh.  




·        Berolah raga

Kalau lagi bosan di rumah saya biasa berolah raga. Biar seru, saya mengajak serta si bungsu menggerakkan badan. Biar lebih seru lagi, saya biasa memutar video SKJ 88 yang ada di youtube. Ayo, siapa yang ingat dengan SKJ 88? Kalau ingat berarti masa kecilmu bahagia. Hihihi. Apaan sih…..  


·        Berkebun
Sebenarnya bukan berkebun karena lebih tepatnya mencabut rumput dan tanaman liar yang banyak tumbuh di halaman samping. Sebenarnya sudah beberapa kali suami berniat memanggil tukang pangkas rumput tapi saya menolak. Bukan apa-apa sih….masa’ tuk halaman seuprit mereka minta 50 RM, padahal motong rumputnya juga pakai mesin bukan pakai tangan dan celurit.

Sebenarnya saya sangat ingin memanam sayur-sayuran di halaman tersebut. Namun apalah daya…beberapa kali menyemai bibit cabe dan tomat tapi selalu gagal. Yang berhasil malah tanaman kangkung yang tumbuh subur. Itupun anakku yang menanam. Kata suamiku….”Memang kamu ditakdirkan tidak untuk menjadi seorang petani” huhuhu.


·        Mempraktikkan Koleksi Resepku
Hayo, siapa diantara teman-teman yang rajin men-save kumpulan resep di sosmed tapi malas mengeksekusinya? Kalau ada…berarti kita seperguruan. Hahaha…

Saya memang suka mengumpulkan resep yang menarik hati. Pengennya sih suatu hari nanti saya eksekusi. Tapi berhubung saya tidak hobi masak jadinya niat itu hanya sekadar niat deh.

Namun saat sedang bosan saya terkadang terbang ke dapur dan mencoba resep-resep yang sudah saya kumpulkan. Meski terkadang ekspektasi dan realita bertolak belakang namun setidaknya rasa bosan itu ikutan hanyut seiring dengan hanyutnya bagian makanan yang gosong di kitchen sink. Hikz…. Saya memang bukan koki handal.


·        Makan di luar
Jadi ingat beberapa waktu yang lalu ada yang posting gambar konyol makan ala perempuan bercadar. Beberapa waktu yang lalu juga ada yang berhasil memotret satu keluarga yang sedang makan di restaurant dan si istri itu bercadar. Kedua postingan itu sepertinya memang sengaja mendeskreditkan para muslimah bercadar.

Menurutku, kedua pihak tersebut kurang gaul deh. Hallow….Pak… Saya bercadar lho dan salah satu kesukaanku adalah makan di luar. Ya, kalau lagi ada duit suami biasa mengajak ke restaurant tapi kalau lagi pas-pasan atau lagi pengen irit kami makan di kedai-kedai makan. Makan di luar memang menghadirkan sensasi tersendiri.

Trus gimana caranya bercadar namun bisa makan tanpa membuka penutup wajah. Ya bisalah…. Mau tahu? Sst…baca di sini yuk….. http://www.haeriahsyam.com/2016/07/nyaman-meski-bercadar_24.html


Yes….itulah beberapa cara yang kulakukan kalau lagi bosan, meski beda dengan pengalaman membunuh bosan ala ibu guru Ummi.  Kalau kamu, bagaimana caramu? 



Note : All pictures by Pixabay


41 comments:

  1. wah mbak kalo bosen juga saya suka menata ulang furniture rumah, sampe-sampe dikomentarin kok tiap bulan ganti ganti ini itu. Saya kadang emang suka bosen dirumah sih, hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menata ulang perabot memang mengasyikkan dan bikin bosan menguap. Waktu kecil saya suka menata ulang kamar karena cuma itu daerah kekuasaanku kalau sekarang mah satu rumah bebas mau saya apakan, hehehe

      Delete
  2. Berkebun. Saya kalau udah melakukan kegiatan ini, bisa lupa waktu deh. Bener2 asyik buat mengatasi bosan nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sharing dong mba gimana caranya berkebun yang baik. Saya gagal terus nih. Masa mau nanam cabe dan tomat aja gak bisa-bisa....

      Delete
  3. saya paling suka berkebun Mba..hehe.. lumayan, lihat cabe-cabe itu berbuah, rasanya bahagiaaaa.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senangnya bisa berkebun ya mba...sayang saya gagal terus nih...

      Delete
  4. Kayaknya buatku yg paling cocok makan diluar.. Eh tapi kl ngga punya duit ngga cocok juga ding hahahahah. Ngebersihin rumah dah tiap hari, jadi malah stress kl beresin rumah mulu #masalahgueh XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makan di luar mah gak boleh sering2, ntar atm jebol deh. Kalau gitu ntar yang ada bosan hilang stress yang muncul, hehehe

      Delete
  5. Sama mbak aku juga kalau bosan nata rumah..sampe suami suka ngomel kalau tempatnya diutak atik :D ha ha ha...biar refresh aja sih ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaan ternyata...kalau suamiku beliau hanya bilang, "Hah, berubah lagi?" setelah itu beliau membereskan sendiri barang2nya. Huhuhu

      Delete
  6. Keluar rumah memang ampuh banget ya Mba untuk membunuh rasa bosan. Entah sekedar keliling komplek, olahraga, makan di luar maupun silaturrahim ke rumah teman.
    Kalau aku paling ampuh masih makan di luar sih, hahaha *anaknya doyan makan*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak-anak memang paling girang kalau diajak makan di luar. Eh, kayaknya emaknya juga ding, hehehe

      Delete
  7. aku kalau membosan ngapain yaa
    muterin ace hardware :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa aja yang penting bosannya hilang soalnya kalau gak hilang bisa bikin bete dan menular ke seisi rumah. Eh, itu akuh aja kali, hehehe

      Delete
  8. Saya kalau lagi bosa agak unik, biasanya naik motor jalan tanpa tujuan, hanya sekedar biar dapat udara segar aja...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keluar sejenak dari rumah memang bisa bikin bosan hilang. Saya sering ngajak suami jalan2 tanpa tujuan, suami istilahkan...jalan-jalan ngabisin bensin, hehehe

      Delete
  9. Mba aku jarang menata perabotan rumah nih, malah lebih sering menata hati #eh , Hahaha
    Aku kalo bosen paling pergi cari DVD lalu nonton film deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang lagi musim php nih jadinya berimbas ke hati #aih, ngomong apa sih......

      Delete
  10. Bagian berolah raga itu kok ya ga pernah sukses, aku mbak. Gagal terus mau dieksekusi hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Olah raganya jangan yang berat dan nyusahin, mba. Misalnya mau belanja di warung aau ke rumah teman, kita ngambil rute yang paling jauh. Tapi dengan syarat jalan kaki, kalau naik motor mah sama juga boong, hehehe

      Delete
  11. Kalau saya menghilangkan bosan ya masak, kalau masak gagal ya jalan-jalan dan makan di luar bareng temen-temen,hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss, sama mba. Saya sering masak meski lebih sering gagal. Gak apa-apa toh Edison aja coba 99 kali baru berhasil di percobaan 100. Lho, kok malah ke Edison ya?

      Delete
  12. Saya kalau bosan senengnya jalan-jalan, piknik, belanja... hihi..ga ada yg produktif kayak Mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jalan-jalan produktif lho mba, lumayan membakar kalori. Belanja juga demikian, produktif menipiskan dompet, hihihi

      Delete
  13. Sama mba sy juga suka tata ulang rumah, senenv kalo dapat suasana baru bisa membunuh badmood :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senang ya mba, liat tampilan perabot di rumah berubah lagi. Suamiku terkadang sampai heran melihat saya berhasil memindahkan lemari besar. Secara istrinya lemah gemulai tapi kok bisa kerja kayak kuli angkut juga, hehehe

      Delete
  14. Kalo sedang bosan saya sukanya jalan2 n belanja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jalan-jalan dan belanja memang ampuh untuk mengusir bosan. Btw, jangan lupa bawa dompet ya, mba....

      Delete
  15. Main sama kucing-kucing kalo aku, mbak. Nonton tv juga membantu. Kadang window shopping kalo lagi ga males keluar. Ga beli apa-apa sih selain jajanan, cuma seneng lihat-lihat aja buat selingan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya dan anak-anak juga suka kucing, sayang suami alergi dengan bulunya. Pernah sih, satu dua kali anak-anak bawa kucing ke rumah tapi akibatnya suami bersin-bersin terus. Ya udah, kita gak jadi pelihara kucing.

      Delete
  16. membunuh bosan ala saya nonton film di laptop atau youtube. Atau nggak baca novel. Kalau lagi dompet tebel baru deh makan enak di luar. Hehe :D

    ReplyDelete
  17. Jadi tergantung dompet ya mba, hihihi.

    ReplyDelete
  18. kalau aku sih, pilih nonton film atau tidur aja deh kalau bosen, wkwkwk... hidupku standar banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya tidur nanti saat ngantuk bukan bosan, Mba, hehehe

      Delete
  19. Wah, kece-kece ya kegiatannya mba.
    Aku biasanya kalo lagi bosen, blogwalking ke blog temen-temen blogger, biasanya dapat pencerahan & semangat baru setelah baca blogpost-blogpost kece. Tapi kalo lagi ga ada sinyal internet, menghabiskan waktu dengan baca buku, nonton drakor atau dibawa tidur. Hehe ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blogwalking saya lakukan kalau ide lagi mampet. Alhamdulillah, setelah bw-an, biasanya ide mengalir kembali. Apalagi kalau habis liat template blogger yang cakep-cakep, wuih semangat membara kembali.

      Delete
  20. Kyknya aku suka berkebun deh..iya mbak memang kdg bosen dirmh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren lho mba bisa berkebun. Saya malah gagal melulu kalau menanam sesuatu. Meski demikian saya gak kapok, kok. Seru aja "main-main" tanah, hihihi

      Delete
  21. kalau saya sih nonton fil, drama, atau baca buku, hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren aktivitas mengusir bosannya, Mba...

      Delete
  22. Aklo klo bosen hanya tidur obatnya hahaha abis tidur terus baca buku atau window shopping di toko online langsung deh lupa waktu :p

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...