9 BISNIS MENJANJIKAN DEKAT KAMPUS

Friday, 18 November 2016


Punya rumah atau lahan di dekat kampus? Ayo, dibikin usaha aja. Insya Allah bikin usaha di daerah kampus menguntungkan lho. Gak percaya? Lihat saja betapa ramainya usaha bisnis yang dibuka di daerah kampus. Sebagai contoh, daerah di rumah mertuaku mulanya sepi. Tapi setelah berdirinya sebuah universitas swasta di dekat situ maka pelan-pelan geliat ekonomi mulai terlihat. Selain semakin ramai karena banyaknya mahasiswa, beberapa tempat usaha baru juga semakin menyemarakkan daerah yang dulu termasuk pinggiran itu.


Dari hasil pengamatan, saya pun menyimpulkan ada beberapa usaha yang dapat dicoba. Sembilan usaha tersebut,  diantaranya adalah ……

1.   Kost-kostan
Usaha kost-kostan merupakan usaha yang paling cocok dijalani oleh mereka yang ingin berbisnis di daerah kampus. Untuk modal, calon pemilik usaha cukup menyediakan  kamar dengan ukuran tidak terlalu besar sehingga satu rumah dapat disulap menjadi beberapa kamar kost.

Meski membuka usaha ini terbilang mudah, namun sebaiknya pemilik rumah tidak melupakan satu hal. Usahakan agar kost-kostan anda senantiasa dalam pengawasan sehingga tidak malah berubah menjadi tempat mesum. Bukankah sudah menjadi rahasia umum bahwa daerah kost-kostan merupakan salah satu tempat terjadinya pergaulan bebas. Naudzubillah.  

Sumber; Pixabay

2.   Pengetikan
Salah satu kewajiban mahasiswa adalah membuat tugas penulisan. Jika dulu tugas ini banyak dikerjakan menggunakan mesin ketik maka sekarang lebih banyak menggunakan computer atau laptop. Tentu saja tidak semua mahasiswa mempunyai computer ataupun laptop. Atau bisa saja mereka punya namun lebih memilih yang praktis, menyerahkan ke tempat pengetikan.

Modal yang dibutuhkan untuk usaha ini juga tidak terlalu besar. Cukup seperangkat komputer, printer, kertas serta keterampilan mengetik. Mudah kan?
 
Picture by Pixabay


3.   Fotokopi dan Penjilidan
Urusan fotokopi tak bisa jauh dari urusan mahasiwa. Buku atau diklat bahan-bahan perkuliahan terkadang harganya lebih murah dibanding membeli buku atau diklat aslinya.

Begitu pula  jika musim ujian tiba maka biasanya para mahasiwa diberi tugas membuat karya tulis yang harus dijilid. Belum lagi urusan skripsi yang tentu saja membutuhkan fotokopi dan penjilidan yang tidak sedikit.

Modal untuk usaha ini boleh dibilang tidak sedikit karena harus menyediakan mesin fotokopi yang harganya cukup mahal. Belum lagi peralatan penjilidan yang juga harganya tidak murah. Namun semua modal tersebut akan sebanding dengan pemasukan. 


4.   Toko Kelontong
Toko kelontong yang menjual kebutuhan sehari-hari juga cocok dijadikan lahan penghasilan di daerah ini. Untuk itu pemilik usaha dapat melengkapi jualannya terutama untuk kebutuhan para mahasiwa. 
 
Picture by Pixabay


5.   Warung Makanan
Kebutuhan makan tentu saja merupakan kebutuhan utama setiap manusia, termasuk  mahasiswa tentunya. Alasan kepraktisan serta penghematan menjadi  alasan utama para mahasiswa lebih memilih membeli masakan masak daripada memasak sendiri. Selain itu, tidak semua mahasiwa pintar masak, lho.



6.   Servis Komputer dan Gadget serta aksesorisnya
Boleh dibilang gadget merupakan benda yang tidak terpisahkan lagi dari kehidupan manusia saat ini. Seiring semakin banyaknya pengguna gadget maka tak bisa dipungkiri juga meningkatnya kebutuhan untuk mereparasi, meng-upgrade maupun mempercantik tampilan gadget mereka.

Hal yang sama juga berlaku dengan komputer (laptop). Benda ini juga tidak bisa dipisahkan dari dinamika kehidupan para mahasiswa.  Dan tentu saja, kerusakan benda tersebut tentu lazim terjadi. Maka membuka usaha servis gadget maupun komputer termasuk usaha yang cukup menjanjikan di lingkungan ini.

Picture by Pixabay


7.   Laundry
Usaha laundry (kiloan) termasuk usaha yang laris manis yang boleh dicoba selanjutnya. Di tengah kesibukannya yang seabrek, para mahasiswa biasanya lebih memilih menyerahkan urusan pakaian kotor kepada laundry ketimbang mencucinya sendiri.
  
Modal untuk membuka usaha ini tidak terlalu besar. Cukup mesin cuci plus sabun dan pengharum. Dan tentu saja, tenaga yang cukup untuk mengerjakan pekerjaan laundry ini.  



Kebutuhan akan pulsa saat ini melebihi kebutuhan akan kacang goreng. (Ingat kan ungkapan laris bak kacang goreng, sekarang lebih pas menjadi laris bak pulsa). 

Boleh dibilang semua orang membutuhkan pulsa. Yap, kebutuhan pulsa kini bukan hanya sekadar untuk memperlancar komunikasi saja seperti bertelepon dan sms-an. Pulsa (kuota) sekarang dibutuhkan  baik untuk memperlancar browsing bahkan untuk kebutuhan penerangan alias token listrik.

Modal yang dibutuhkan untuk usaha ini juga cukup terjangkau.   Cukup hp (bahkan hp jadul sekalipun juga boleh) serta deposit pulsa yang memadai.


Picture by Pixabay

9.   Warnet
Meski kepemilikan komputer maupun laptop telah banyak menjadi kepemilikan pribadi namun keberadaan warnet tetap dibutuhkan. Warnet (warung internet) dibutuhkan untuk penggunaan internet yang lebih lancar sehingga puas rasanya klik ini itu. Tahu sendiri kan, mengandalkan internet pribadi terkadang bikin meringis sampai mau menangis saking leletnya. Apalagi  sesuai dengan perkembangan zaman, tugas-tugas mahasiswa kini semakin banyak diambil lewat internet. 

Membuka usaha dibidang ini tidak memerlukan tempat yang besar, cukup beberapa set computer serta jaringan internet yang lancar tentunya. Agar lebih hemat, pemilik cukup memasang karpet  sebagai alas duduk.
 
Gamba: Pixabay




Itulah 9 bisnis menjanjikan dekat kampus yang bisa digeluti. Mari memanfaatkan lingkungan sekitar demi kesejahteraan hidup. Alhamdulillah selalu ada peluang di sekitar kita. Yuk, jadi usahawan.


18 comments:

  1. Betul sekali.
    Usaha rumahan di atas sangat asyik dan menguntungkan dalam waktu yang tidak terlalu lama. Menghasilkan uang tanpa meninggalkan rumah ya.
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Pakde, kebetulan saya melihat sendiri bagaimana perekonomian masyarakat daerah dekat kampus merangkak dengan cepat.
      Salam kembali dari Terengganu

      Delete
  2. warnet uda pada tutup mba sejak ada modem, usaha warnetku pun tutup tahun ini hahaha teknologi semakin canggih soalnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya pesona warnet emang pelan-pelan mulai meredup ya mba. Kayaknya harus cari alternatif usaha baru ya mba Herva.

      Delete
  3. Semuanya ada di sekitar kampus. Kecuali warnet, udah pindah jadi fotokopi kayaknya :D

    ReplyDelete
  4. Yang paling bisa awet..kost-kost an sama warung makan sama kelontong ya mbak.. Paling prospektif, kost menurutku mb...nilainya akan terus naik, tp modalnya gede ☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang paling menjanjikan memang kost-kostan. Kalau beberapa tetanggaku, mereka memilih mengubah rumahnya menjadi kost-kosatan sedangkan mereka sendiri pindah ke tempat lain.

      Delete
  5. Wah saya rumahnya dekat kampus banyak kampus malah... sepertinya bisnis di atas memang cucok banget. TP it itu mainstream hingga kyknya sudah full kalau di daerah saya. Sy sempat buka warung nasi, tp ga terlalu lama yg bertahan laundry. Itu pun semakin ketat persaingannya karena banyak ibu2 rt yang jd tukang cuci jg selain laundry pun semakin menjamur :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dekat rumah pun laundry semakin hari semakin menjamur tapi pelanggan tetap lumayan. Untuk bisa bertahan, pemilik seperti harus lebih kreatif memanjakan pelanggan agar mereka tidak pindah ke lain hati.

      Delete
  6. waduh aku dekat banget dengan kampus, hampir setiap tahun rumahku didatangi pencari kost tapi kok belum tertarik bikin kost2an

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setiap orang kan punya alasan tersendiri untuk memanfaatkan atau tidak memanfaatkan peluang. Rumah mertua pun sering dikira kost-kostan karena besar padahal penghuninya juga rame, hehehe.

      Delete
  7. FBS Indonesia Broker Terbaik – Dapatkan Banyak Kelebihan Trading Bersama FBS,bergabung sekarang juga dengan kami trading forex fbsindonesia.co.id
    -----------------
    Kelebihan Broker Forex FBS
    1. FBS MEMBERIKAN BONUS DEPOSIT HINGGA 100% SETIAP DEPOSIT ANDA
    2. SPREAD DIMULAI DARI 0 Dan
    3. DEPOSIT DAN PENARIKAN DANA MELALUI BANK LOKAL Indonesia dan banyak lagi yang lainya

    Buka akun anda di fbsindonesia.co.id
    -----------------
    Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :

    Tlp : 085364558922
    BBM : FBSID007

    ReplyDelete
  8. Di sini juga masih rame warnet Mbk, buat pakai Wifi lebih cepat, apalagi kalau sekalian ngeprint dan fotocopy hehee

    ReplyDelete
  9. Betul mbak... Kalau warnet sudah agak jarang ya tapi masih ada satu, dua... Biasanya anak kost sekarang bawa laptop sendiri, tinggal beli modem, bisa deh internetan.... Mungkin bayar listriknya yang ditambahin hehehe.... Pengalaman ngekost ketauhan ibu kost saya bawa hitter disuruh nambah uang listriknya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di tempatku warnet masih lumayan ramai tapi sepertinya memang pamornya udah mulai turun ya mba. Kayaknya pemilik warnet harus mulai mencari alternatif supaya warnetnya tetap ramai. Kalau disuruh nambah, mungkin listriknya naik jadi si ibu kost nyuruh yang bawa laptop nambah biaya listrik.

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...