BACAAN UNTUK ANAK SALEH

Saturday, 22 March 2014

Review Buku : Anak Saleh Kesayangan Ayah Bunda




Judul: Anak Saleh Kesayangan Ayah Bunda
Penulis: Meti Herawati
Penerbit: Sahabat Ufuk
Tahun Terbit: Oktober 2012
Halaman:128
ISBN: 978-602-18635-2-7 




Setiap orang tua pasti menginginkan anak-anaknya menjadi anak yang saleh dan salehah. Kehadiran anak yang saleh merupakan anugerah terbesar bagi para orang tua. Salah satu penyebabnya ialah doa anak yang saleh akan terus mengalir pahalanya meski kedua orang tuanya telah tiada.

Salah satu cara untuk mewujudkannya ialah dengan memberikan bacaan bergizi bagi anak. Bacaan yang akan membentuk karakter serta kejiwaan sang anak. Karena karakter anak juga dapat terbentuk dari bacaan yang dilahapnya.

Salah satu bacaan anak bergizi ialah buku “Anak Saleh Kesayangan Ayah Bunda” yang ditulis oleh Ibu Meti Herawati. Buku setebal 128 ini berisi kisah-kisah yang mengajarkan bermacam perbuatan baik yang dapat menjadi teladan bagi anak. Penyajian  kaver depan yang menawan, membuat buku ini tidak bakal ditolak oleh anak. Apalagi keseluruhan buku yang full color ilustrasi penunjang cerita yang apik.

Bagian pertama buku dimulai dengan bab “Apa itu akhlak terpuji?”. Pada bab ini, ada dua cerita yang ditampilkan yaitu Dompet Hitam dan Contekan Miko. Bab selanjutnya bertema “Akhlak Terpuji” berisi dua puluh cerita. Masing-masing adalah Rajin Beribadah, Puasa,Yuk, Jilbab Zahra, Tidak Sombong, Suka Memaafkan (Bumerang Bagi Anto), Berbakti Pada Orang Tua, Fahmi Anak Yang Berbakti, Memuliakan Tamu, Rumah Mbah Parni, Menjenguk Orang Sakit (Cepat sembuh Ilma!), Mencintai Fakir Miskin, Gemar Menolong, Ihsan, Menjaga Lisan (Si Gendut), Sabar (Kesabaran Nabi Ayyub), Mau Mendengarkan Nasehat, Akibat Melalaikan Nasihat, Rajin Bekerja, Keripik Ani, dan Gemar Berinfak
  
Bab berikutnya bertema “Jujur” dengan menampilkan dua cerita. Masing-masing adalah Gadis penjual Susu dan Kejujuran Salma. Selanjutnya tema “Hidup Sederhana” juga dengan dua cerita. Masing-masing Kesederhanaan Seorang Khalifah dan Istana Ainun. Bab  “Menepati janji” dengan  tiga cerita. Masing-masing berjudul Janji Sahabat, Mencintai Persaudaraan dan Kisah Tiga Sahabat.

Bab selanjutnya bertema   “Memanfaatkan waktu dengan baik” dengan  1 cerita yaitu Gara-Gara Game. Bab dengan tema “Bersyukur” juga dengan satu cerita yaitu Rasa Syukur Irsyad. Dan bab terakhir  “Istiqomah” dengan dua cerita, yaitu Camping dan Kejutan Untuk Pak Maman.     

Buku ini menyajikan hal yang berbeda dengan buku lainnya. Ada halaman aktivitas yang dapat diisi oleh anak. Ada kolom petikan ayat Alquran dan hadits  yang sesuai dengan isi cerita.

Dan satu lagi kelebihan buku ini, ternyata ia tak sekadar menganjurkan untuk berbuat baik (dalam hal ini berinfak). Terbukti, di kaver depan tertulis “Rp 1000 dari penjualan buku ini didonasikan untuk anak yatim/piatu”. Masya Allah.



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...