Ketika IIDN Makassar Masuk Tivi

By HAERIAH SYAMSUDDIN - Kamis, Juni 12, 2014


"Sesaat lagi kita akan bersama komunitas ibu-ibu yang lain dari biasanya. Kalau selama ini kita lebih banyak tahu kalau  ibu-ibu itu doyan masak, ibu-ibu itu doyan belanja, ibu-ibu itu doyan dandan maka kali ini kita akan bersama IBU-IBU DOYAN NULIS......" demikian opening speech dari host acara I LOVE MAKASSAR (ILM) di pagi menjelang siang dari ketinggian lantai 8 Hotel Continent, Kompas TV Makassar.

Host ILM- Edwin dan Faras

Acara I LOVE MAKASSAR adalah salah satu program talk show yang ada di Kompas TV. Di kesempatan hari senin, 9 Juni 2014 acara tersebut dipandu oleh sepasang host, Edwin Darwis dan Farasta. Acaranya berlangsung dari pukul 11-12 siang waktu Indonesia Bagian Tengah.

Persiapan Bu Niar


Beberapa saat sebelum on air

Maka bergulirlah kisah seputar IIDN khususnya IIDN Makassar yang diwakili oleh Ibu Mugniar selaku korwil IIDN Makassar. Bu Niar (demikian panggilan akrab beliau) dengan gamblang menceritakan seputar kelahiran IIDN yang didirikan oleh seorang perempuan hebat, Ibu Indari Mastuti. Tak lupa dipamerkan tumpukan buku karya kami.


"Hah, banyak sekali.....semuanya ini karya ibu-ibu di sini?" Pekik Pak Hendra Bhakti,  salah seorang kru Kompas TV, setengah tak percaya. Saat itu beliau tengah  mengumpulkan buku-buku karya kami. Pak Hendra terlihat sangat kewalahan membawa buku-buku tersebut ke meja host yang sebentar akan dipajang  sebagai bukti kalau kami, para ibu memang doyan menulis.

Ternyata Para Ibu Tak Hanya Pintar Masak, Belanja dan Dandan...

Selain "mengintrogasi" Bu Niar, rupanya beberapa dari kami juga kebagian "diintrogasi". Dan, di sesi berikutnya 3 orang ibu cantik (ehem....) juga ikut ditanya-tanya. Pertanyaannya tentu saja tidak keluar dari seputaran dunia para ibu dan dunia menulis. Misalnya sejak kapan tertarik menulis, apa yang melatarbelakangi lahirnya buku kami, atau kamu kan belum jadi ibu, kok mau sih bergabung dengan para ibu? (pertanyaan ini khusus untuk Aisyah, anggota IIDN Makassar yang belum jadi ibu). 


"Pra" IIDN

Acara yang berlangsung selama kurang lebih 1 jam itu terasa sangat singkat, terlebih bagi para ibu (dan calon ibu) yang ternyata selain doyan nulis juga doyan masuk tivi, hehehe... 

Acara pun ditutup dengan quote cantik ala Bu Niar bahwa menulis itu bisa dipelajari, siapapun bisa menulis jadi tidak harus menunggu punya bakat terlebih dahulu. Dan ketika ditanya syarat apa saja yang diwajibkan bagi mereka yang ingin bergabung di IIDN khususnya IIDN Makassar, beliau menjawab:
1. Perempuan
2. Suka menulis  


Setelah acara ditutup ternyata sesi berikutnya tak kalah serunya. Sesi foto-foto. Dan kehebohan ala ibu-ibu pun terjadi....Pose dengan berbagai gaya pun memenuhi kamera ponsel para anggota IIDN Makassar. Alhamdulillah, keceriaan  terjalin antara kami dan kru Kompas TV. Bahkan Ibu Arniyati Saleh, salah seorang anggota IIDN Makassar menemukan  teman sekampungnya. Rupanya mba Faras, salah seorang host ILM berdarah Mandar seperti Bu Arni. 

Faras, si Putri Mandar
 
Alhamdulillah, proses syuting berlangsung dengan lancar. Di sela-sela penutupan, Pak Hendra sempat berbisik pada Bu Niar yang ada di sampingku bahwa mereka siap menjalin kerjasama dengan meliput atau mengundang sekiranya IIDN Makassar mempunyai acara-acara yang layak untuk diliput (sst, mudah-mudahan saya gak salah nguping. Kalau salah mohon dimaafkan, dan anggaplah itu semua adalah doa).  

Meski acara telah selesai namun kami masih betah berada di sana. Kesempatan ini kemudian kami pergunakan untuk sekalian kopdaran, maklum selama beberapa kali kopdaran tak pernah kami sebanyak ini...13 orang !!!!!!!

Dan memanfaatkan lantai paling atas Hotel Continent yang terbuka, kami pun memperkenalkan diri serta aktivitas masing-masing. Tak lupa tentu saja memanfaatkan momen ini untuk kembali berfoto-foto...Narsis terus.....

Berikut foto-foto yang terekam dalam kameraku. 

(Psst, berhasilka dapat model gratis tuk promo buku ABDULLAH DI SEKITAR RASULULLAH....Ayo, siapa mau beli, masih banyak stock....)



"Tinggal pake sorban, miripma Abdullah" kelakar Edwin


"Abdullah is the best"  ( Pak Hendra)

Narsis dari Ketinggian



Indahnya Kebersamaan

Persiapan Kru Kompas TV menyambut  Ibu-Ibu yang Doyan Nulis- Makassar












Akhirnya, terima kasih kami ucapkan kepada pihak Kompas TV yang telah mengapresiasi komunita kami dengan mengundang kami untuk hadir di acara talk show mereka. Semoga kerja sama yang telah terjalin ini tidak berhenti sampai di sini dan akan tetap berlanjut di kegiatan-kegiatan IIDN Makassar selanjutnya. 


Terima kasih Kompas TV dan tetaplah menjadi Inspirasi Makassar, Inspirasi Indonesia.




  • Share:

You Might Also Like

4 Comments

  1. Balasan
    1. tadinya mauka tulis Gadis-gadis doyan nulis, lho

      Hapus
  2. Reportase yang keren. :)

    Cocok mi, pak Hendra bilang kalo ada acara yang mau diliput, bisa kirim e-mail ke Kompas TV Makassar. Eh saya baru ingat kalo waktu itu saya ndak minta alamat e-mailnya *payah* :D

    Eh di foto itu, saat persiapan sepertinya saya sedang dipijit2 sama Aisyah dan Abby ya? Padahal itu lagi dipasangkan clip on hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti tidak salah dengarja.....cobaki bede tanya yg hubungkanki dengan pihak kompas TV, mungkin dia tahu alamatnya...

      iye di, seperti lagi dipijit2....hehehe,

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak yang baik. Happy Blogging