RAGAM NASI KHAS NEGERI JIRAN MALAYSIA

Sunday, 11 June 2017


Sebagaimana halnya di Indonesia, penduduk Malaysia menjadikan sajian nasi sebagai makanan pokok sehari-hari. Tak heran bila sajian nasi di negara jiran itu juga bervariasi baik nama, rasa bahan-bahan pelengkapnya maupun hargannya.


Biar tidak penasaran, langsung saja kita lihat satu persatu, yuk.

Nasi Lemak

Sumber Gambar di sini

Ingat kuliner Malaysia, biasanya orang langsung mengingat nama Nasi Lemak. Yap, nasi lemak memang kuliner yang sangat terkenal di Malaysia. Nasi khas yang dikemas daun pisang berbentuk kerucut ini sangat mudah diperoleh di negeri jiran.   

Nasi lemak terbuat dari beras yang dimasak bersama santan. Sebagai tambahan, diberikan ikan bilis, ikan atau ayam, kacang goreng, telur, timun plus sambel yang khas.

Harga nasi lemak juga bervariasi. Semakin lengkap tambahannya semakin mahal  pula harganya.

Nasi Kandar

Sumber Gambar di Sini

Nasi kandar merupakan satu jenis nasi popular di Malaysia  yang berasal dari Pulau Pinang. Penamaan nasi kandar diambil dari cara menjual nasi ini. Jadi ceritanya, dulu nasi ini dijajakan dengan cara dikandar atau sepotong kayu panjang diletakkan/dipikul di bahu dan di sisi kanan dan kiri kayu tersebut diletakkan bakul nasi dan pelengkapnya. Saat itu penjualannya dilakukan dengan berkeliling kampung.

Nasi kandar berupa nasi putih yang disajikan dengan beragam pilihan lauk pauk. Ada berupa  kari kambing, kari kepala ikan, ikan goreng, ayam goreng berempah, udang galah goreng dan sebagainya. Konon tersedia sekitar 30 jenis lauk teman makan nasi kandar.   

Nasi  Royale

Sumber Gambar di Sini

Nasi Royale terkadang disebut juga nasi lemak royale meski sebagian orang merasa namanya lebih tepat disebut nasi kandar royale. Nasi royele berasal dari Negeri Kedah, sebuah negara bagian yang berada di sebelah utara Malaysia.

Berbeda dengan nasi lemak yang tampilannya putih, nasi royale tampil dengan warna kuning dengan tambahan kari. Untuk lauknya, tersedia banyak pilihan. Ada ayam goreng atau ayam madu, paru, telur rebus, udang goreng atau sotong goreng.

Nasi Dagang

Sumber Gambar di Sini

Nasi dagang adalah nasi khas dari negeri Pantai Timur namun yang paling terkenal adalah Nasi Dagang dari Negeri Terengganu. Nasi dagang terbuat dari campuran beras biasa dan beras pulut (ketan) yang kemudian dimasak bersama santan kelapa.

Dalam penyajiannya, nasi dagang dihidangkan bersama kuah kari atau gulai  ikan tongkol, yang oleh masyarakat Terengganu menyebutnya dengan ikan aya. Kuah kari atau gulai ikan aya ini   dimasak menggunakan rempah-rempah tertentu sehingga menimbulkan rasa yang khas. Sebagai pelengkap ditambahkan acar timun sebagai pencuci atau penyegar mulut.   

Nasi Kerabu
Sumber Gambar di Sini

Nasi kerabu juga merupakan nasi khas wilayah Pantai Timur khususnya Negeri Kelantan. Nasi kerabu sangat berbeda dengan penampakan nasi pada umumnya. Jika pada umumnya nasi berwarna putih, maka nasi kerabu berwarna biru. Wow.

Tapi, jangan khawatir, warna biru pada nasi kerabu tidaklah didapat dari pewarna berbahan kimia. Warna biru pada nasi kerabu diperoleh dari bunga telang, tanaman merambat yang bisa ditemukan di pekarangan maupun di tepi hutan. Tanaman yang termasuk suku polong-polongan dan hidup di daerah tropis.

Dalam penyajiannya, nasi kerabu ditambahkan ulam (lalap)  yang terdiri dari daun kesom, kacang panjang, mentimun, bawang dan taoge yang diiris halus kecuali taoge tentunya. Campuran ulam ini menghasilkan bau khas yang tentu saja menggoda selera. Sebagai lauknya, biasa ditambahkan telur asin,  ikan kering, ayam goreng, atau kerupuk plus budu (saus ikan bilis).

Meski nasi kerabu dominan berwarna biru namun ternyata nasi kerabu tak hanya bewarna biru. Terdapat juga nasi kerabu putih, nasi kerabu kuning, atau nasi kerabu hitam.



Sebenarnya masih banyak lagi nasi khas Malaysia lainnya. Misalnya nasi minyak, nasi berlauk, nasi timeng dan sebagainya. Semoga di lain kesempatan penulis berkesempatan menyajikannya juga. 

18 comments:

  1. Ngga pernah beli yang manapun, tapi dari penampakannya semua menggiurkan ya mbak, jadi laper *eh. Tapi kalo nasi lemak kadang dibuatin di rumah sama mama, rasanya enyaakk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nasi lemak katanya sama aja rasanya dengan nasi uduk (saya belum pernah nyoba nasi uduk soalnya).Semuanya memang enak...

      Delete
  2. Ya ampun jadi laper deh jam segini liatnya hihi. Aku baru tau nasi lemak aja nih ternyata banyak juga ya macamnya si nasi khas Malaysia ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh, maaf ya mba. Padahal saya postingnya malam lho.
      Iya mba, masih banyak lagi ragam nasi lainnya tapi yang paling terkenal memang nasi lemak.

      Delete
  3. Waaah, nikmat nian andai bisa mencicipinya satu persatu, ya, hehe... Nasi lemak di Malaysia, kalau di Indonesia tepatnya Nasi Uduk, yang pengolahannya sama yaitu berat yang diaron (dimasak dulu dengan santan)setelah itu baru dikukus. Bunda naksir nasi kandarnya karena ada lauk cumi. Hmmm..jadi mengundang air liur nih, untuk gak tertelah. #bisaabatalpuasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya nasi uduk dengan nasi lemak sama, Bunda (saya belum pernah nyoba nasi uduk, sih). Bunda Yati suka cumi? Ke Terengganu aja, di sini banyak cumi (sotong). Salah satu cemilan khas Terengganu yaitu Sotong celup tepung. Kriuk banget

      Delete
  4. Cuma pernah nyobain nasi lemak sih pas ke selangor dulu. Mupeng sama Nasi Kandar. ITu cumi-cuminya gedee banget. Pasti puas makannya *penggemar cumi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lauk nasi kandar memang gede-gede, Mba. Saya juga suka udang galah kriuknya.

      Delete
  5. semacam nasi liwet ga bu masakanya ? hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, Saya belum pernah makan nasi liwet, jadi gak bisa membedakannya.

      Delete
  6. Noted, kalo jadi ke Penang mau deh nyobain semua, hahahaa. Maruk atau pengen yaaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo dicoba semua, Mba, Insya Allah gak nyesel kok. Mudah-mudahan rencana ke Penang-nya jadi dan siapa tahu sempat ke Terengganu, mainlah ke rumah, hehehe

      Delete
  7. Mba Hae, aku mau pesen jadinya. Tapi pasti berat diongkos deh ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. ntar kalau ada dalam bentuk frozen tak kirimi deh, Mba....

      Delete
  8. Pernah nyoba bikin nasi lemak ja, rasanya memang enak. Yang lain belum pernah nyoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo dicoba, Mba. Semoga ada rezeki bisa main-main ke Malaysia dan menikmati kuliner negeri jiran.

      Delete
  9. paling kenal sama nasi lemak, pernah di promoin jg di upin ipin :D
    katanya mirip nasi uduk di Indinesia y

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya memang mirip nasi uduk (belum pernah nyoba nasi uduk soalnya). Hanya saja beda dipenyajian. Upin Ipin mah ikon Malaysia bangets....

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...