BETE SAAT MACET KALA MUDIK? LAKUKAN HAL BERIKUT UNTUK MENGATASINYA

Thursday, 22 June 2017

  


Bulan suci Ramadhan sebentar lagi akan berakhir. Itu berarti hari raya Idul Fitri akan segera datang menyapa umat muslim sedunia. Semua bergembira, termasuk umat muslim di Indonesia yang merupakan negara dengan populasi penduduk muslim terbanyak di dunia.


Sebagaimana kebiasaan yang telah terjadi secara turun temurun, salah satu kebiasaan unik yang menjadi tradisi bangsa ini adalah mudik atau pulang kampung. Tradisi mudik adalah   berkumpul bersama handai taulan di kampung halaman guna bersama merayakan suka cita hari raya Idul Fitri. Bahkan tradisi ini menjadi “wajib” bagi sebagian orang. Bagi mereka, moment hari raya adalah moment berkumpulnya keluarga besar yang di hari-hari lain akan sulit berkumpul sebagaimana di moment lebaran ini.

Sebagaimana dilansir dari Beritatrans.com (5/4/2017), Kementerian Perhubungan (Kemhub) memprediksikan jumlah penumpang dalam angkutan lebaran tahun 2017 akan mengalami kenaikan sebesar 4.85% dari tahun sebelumnya. Itu berarti, para pemudik harus bersiap-siap menghadapi kemacetan. Sebuah situasi yang tentu saja tidak menyenangkan.

Untuk mengantisipasi rasa tidak nyaman alias bete saat macet melanda tersebut, berikut beberapa hal yang dapat dilakukan pemudik.

1. Berdzikir/Membaca Al Quran

Mumpung masih berada di Bulan Ramadhan maka ada baiknya menggunakan moment macet ini dengan membaca Al Quran atau menghapalkan beberapa ayat suci Al Quran, baik itu menggunakan mushaf, terjemahan ataupun memanfaatkan aplikasi di gawai.  Atau jika tidak, anda dapat memilih membasahi lidah dengan berdzikir. Bertasbih, bertahmid dan bertakbir merupakan contoh dzikir-dzikir yang sangat mudah diucapkan. 

Insya Allah, kegiatan ini selain dapat menghilangkan bete juga akan bernilai pahala yang banyak. Terlebih masih dalam masa Ramadhan, di mana pahala setiap kebaikan dilipatgandakan.

2. Membaca Buku


Saat mempersiapkan barang-barang yang akan dibawa mudik, sempatkanlah menyelipkan beberapa buku di antara barang bawaan anda. Percayalah, buku-buku tersebut akan sangat bermanfaat untuk mengisi waktu di antara kemacetan. Biar tidak tambah mumet, pilihlah buku-buku bergenre ringan seperti novel atau komik.

3. Memanfaatkan Aplikasi Gawai

Banyaknya aplikasi yang bisa diunduh membuat fungsi gawai saat ini bukan lagi sekadar untuk menelepon atau sms belaka. Untuk menghabiskan waktu di tengah kemacetan, pemudik dapat mengoptimalkan fungsi gawainya.  Mendengarkan tilawah atau ceramah agama, bermain game, membaca atau bahkan menulis merupakan contoh aktivitas  yang dapat dilakukan di tengah kemacetan.

4. Mengajak Anak Bermain

Mudik bersama anak? Nah, agar anda dan anak tidak bete maka ciptakanlah beberapa jenis permainan yang dapat dimainkan bersama. Tentunya permainan tersebut disesuaikan dengan jenis angkutan yang anda gunakan untuk mudik. Bermain tebak-tebakan atau bernyanyi bersama,  misalnya.

Untuk anak yang masih kecil dan belum wajib berpuasa, anda dapat menyiapkan makanan dan minuman yang dapat dikonsumsinya di tengah kemacetan. 

5. Tidur



Jika anda sedang tidak ingin melakukan kegiatan apapun, maka alternatif ini dapat menjadi pilihan. Tidur. Daripada anda harus bete melihat arus kemacetan lebih waktu yang ada digunakan untuk beristirahat agar saat sampai di tempat tujuan, tubuh anda dapat lebih fresh.

Demikianlah beberapa pilihan aktivitas yang dapat dilakukan di tengah kemacetan saat mudik. Arus mudik yang diprediksi puncaknya akan berlangsung sekitar tanggal 22-24 Juni 2017 sebagaimana dilansir dari news.liputan6.com (21/6/2017). 

Fii Amanillah  (Semoga Engkau Dalam lindungan Allah)

Jangan lupa untuk menyiapkan segala sesuatunya sebelum mudik. Dan yang paling penting, jangan lupa berdoa meminta kepada Sang Khalik agar dimudahkan dan diberi keselamatan hingga tiba di tempat tujuan.

Selamat mudik. Fii Amanillah. 

2 comments:

  1. yang paling sering dilakukan pas perjalanan mudik sih biasanya zikir dan tidur, karena kalo main hp aku malah pusing. Tapi Alhamdulillah pas mudik lebaran kemarin gak kena macet. Oh iya, Gawai itu apa ya Mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah bisa mudik tanpa macet ya, mba. Gawai tuh bahasa inggrisnya gadget.

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...