ATASI JERAWAT DENGAN BAHAN ALAMI YANG MUDAH DIPEROLEH

Monday, 5 June 2017


Rasanya setiap orang pernah merasakan wajahnya dihampiri jerawat. Menganggu pastinya. Bagaimana tidak, meski kecil namun keberadaan jerawat di wajah tentu sangat menganggu. Belum lagi bila keberadaan jerawat sering dan banyak. Huah, sengsara bangets....


Namun, sebelum mencoba obat-obat jerawat berbahan kimia ada baiknya mencoba obat-obatan alami yang justru banyak terdapat di sekitar kita. Meski murah meriah dan mudah didapat namun khasiatnya telah terbukti manjur. Bahkan bisa jadi lebih baik daripada obat-obat berbahan kimia karena efek sampingnya lebih sedikit bahkan tidak ada sama sekali.

Beberapa bahan alami yang manjur untuk mengobati jerawat adalah....

·        Jeruk Nipis



Jeruk nipis ternyata tidak hanya bermanfaat untuk keperluan masak memasak atau mengharumkan dan menghilangkan bau amis pada alat masak  memasak. Jeruk nipis ternyata juga ampuh sebagai obat jerawat. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi dalam kandungannya dipercaya mampu menghilangkan jerawat.

Cara penggunannya

Peras satu buah jeruk nipis hingga sekitar 1-2 sendok makan. Campur dengan madu dengan komposisi yang sama. Setelah tercampur rata, oleskan pada jerawat dan biarkan selama 10-20 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat hingga bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin hingga jerawat mengering dan sembuh.

·        Madu



Madu terkenal dengan banyaknya kandungan khasiatnya. Madu sangat baik dikonsumsi karena kandungan madu  sangat dibutuhkan tubuh.
Salah satu kandungan madu adalah antibiotic yang tinggi. Kandungan ini berguna untuk mengobati jerawat.

Cara Penggunaannya:

Ambil madu asli (hati-hati memilih madu karena di pasaran banyak beredar madu-madu palsu). Oleskan madu pada jerawat. Diamkan selama 15-30 menit. Bilas wajah dengan air bersih. Lakukan rutin untuk hasil yang maksimal.

·        Bawang Putih



Bawang putih terbukti ampuh untuk mengobati jerawat.  Bawang putih kaya akan kandungan anti septik, antioksidan, anti jamur serta anti virus. Selain itu bawang putih juga mengandung sulfur yang ampuh untuk mempercepat proses penyembuhan kulit yang terkena jerawat.

Cara Penggunaannya:

Ambil sebuah bawang putih dan potong menjadi dua bagian. Gosokkan potongan bawang putih tadi ke jerawat. Biarkan selama 5-10 menit. Bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin untuk hasil maksimal.

·        Tomat


Tomat kaya dengan kandungan vitamin terutama vitamin A dan C. kandungan vitamin tomat membuatnya sangat baik untuk digunakan sebagai obat alami menghilangkan jerawat.

Cara Penggunaannya:

Ambil satu buah tomat matang. Potong menjadi beberapa irisan  tipis-tipis. Gunakan irisan tomat tersebut untuk menutupi area jerawat di wajah. Diamkan selama 10-15 menit. Bilas dengan air bersih. Gunakan secara rutin.

Lidah Buaya


Lidah buaya (aloe vera) termasuk dalam spesies kaktus. Tanaman ini memiliki banyak manfaat karena mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh.  Manfaat tanaman ini juga telah lama dirasakan khususnya sebagai bahan baku industri farmasi dan kosmetik bahkan kini telah banyak digunakan sebagai bahan makanan dan minuman. 

Cara Penggunaannya:

Ambil daun lidah buaya yang segar  lalu tekan-tekan atau remas hingga keluar gel-nya. Oleskan gel tersebut pada kulit yang berjerawat. Bagi menjadi beberapa bagian kemudian kupas kulitnya. Ambil gel yang ada dalam daun lidah buaya. Ambil daun lidah buaya baru dan tekan untuk mengeluarkan gel-nya. Untuk hasil maksimal, lakukan proses ini dua kali sehari atau setiap hari hingga jerawat tersebut hilang.

Sebenarnya masih banyak bahan-bahan alami yang juga ampuh untuk mengobati jerawat. Namun semoga, bahan-bahan di atas mampu mengatasi masalah jerawat kita. Agar wajah kembali mulus tanpa harus berinteraksi dengan obat-obat berbahan kimia. 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...