BETE SAAT MACET KALA MUDIK? LAKUKAN HAL BERIKUT UNTUK MENGATASINYA

Thursday, 22 June 2017

  


Bulan suci Ramadhan sebentar lagi akan berakhir. Itu berarti hari raya Idul Fitri akan segera datang menyapa umat muslim sedunia. Semua bergembira, termasuk umat muslim di Indonesia yang merupakan negara dengan populasi penduduk muslim terbanyak di dunia.

KETIKA SAHABATKU (NYARIS) MENJADI VALAKOR

Tuesday, 13 June 2017


"Gue dapat cowok baru. Keren. Dan yang paling penting...... tajir bo......" lapor Susan sahabatku.

"Nemu di mana lu?" tanyaku acuh tak acuh

"Sampah kali nemu...."tandas Susan cepat. Wajah manisnya cemberut. 

RAGAM NASI KHAS NEGERI JIRAN MALAYSIA

Sunday, 11 June 2017


Sebagaimana halnya di Indonesia, penduduk Malaysia menjadikan sajian nasi sebagai makanan pokok sehari-hari. Tak heran bila sajian nasi di negara jiran itu juga bervariasi baik nama, rasa bahan-bahan pelengkapnya maupun hargannya.

5 KULINER MAKASSAR TEMAN BUKBER YANG PAS

Wednesday, 7 June 2017

Sumber Gambar di Sini

Sebagaimana daerah lain di Indonesia, Makassar juga mempunyai sajian khas yang senantiasa ada dan meramaikan suasana berbuka puasa di Bulan Ramadhan. Sedikit koreksian, takjil sendiri sebenarnya bukan berarti makanan/minuman untuk berbuka puasa namun berarti bersegera. Entah mengapa, kini takjil diartikan agak berbeda.

ATASI JERAWAT DENGAN BAHAN ALAMI YANG MUDAH DIPEROLEH

Monday, 5 June 2017


Rasanya setiap orang pernah merasakan wajahnya dihampiri jerawat. Menganggu pastinya. Bagaimana tidak, meski kecil namun keberadaan jerawat di wajah tentu sangat menganggu. Belum lagi bila keberadaan jerawat sering dan banyak. Huah, sengsara bangets....

ADAB MEMBACA AL QURAN

Monday, 29 May 2017


Al Quran adalah kitab suci umat islam. Kitab yang sangat mulia yang berisi petunjuk hidup agar memperoleh kebaikan dan kebahagiaan dunia dan akhirat.   Al Quran adalah kalamullah atau kalam Allah. Karenanya tak ada sedikit pun kebathilan, kekurangan maupun kesalahan di dalamnya.

9 AMALAN UTAMA DI BULAN RAMADHAN

Friday, 26 May 2017



Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat dimuliakan dan dinantikan kaum muslimin sedunia. Disebut juga bulan puasa karena selama sebulan penuh umat muslim diperintahkan untuk berpuasa.

KETIKA CINTA ITU HANYA SAMPAI DI SINI

Friday, 5 May 2017


Berkunjung ke tempat teman lama, apalagi sebagai sesama perantauan, memang sangat menyenangkan. Berbagi cerita seputar kampung halaman, berbagi pengalaman saat sama-sama berada di perantauan seakan tak ada habis-habisnya dibahas dan diulik. 

SETELAH MASA 25 TAHUN KEMUDIAN

Tuesday, 25 April 2017



Plang Papan Nama Sekolah Kami
Sumber Gambar di sini

Bertemu teman lama setelah 25 tahun tak berjumpa? Huah, rasanya jangan ditanya. Deg-deg  plus, kayak orang mau apel ke rumah pacar. Padahal sewaktu sama-sama menuntut ilmu di SMEA Negeri 1 Makassar (sekarang SMKN 1) kita tidak akrab-akrab amat. Tapi kok rasanya sekarang dekat banget ya? Apa mungkin karena kami semakin dewasa? (tua, maksudnya. Hihihi)

TAMPIL KEREN DENGAN KEMEJA, SIAPA TAKUT?

Friday, 21 April 2017




Tampil Keren Dengan Kemeja, Siapa Takut?


Siapa bilang memakai kemeja itu hanya untuk mereka yang kerja kantoran? Di tahun 2017 ini, memakai kemeja sedang menjadi trend untuk kalangan anak muda loh. Kemeja banyak jenisnya kok, gak cuma formal aja. Kemeja casual juga banyak untuk kalian yang sering hangout bareng teman-teman.

Kalian ingin tampil keren dengan kemeja? Sebelum itu, simak yuk tips memilih kemeja yang pas untuk diri kita masing-masing!

SUAMIKU, LELAKI TERBAIK PEMBERIAN TUHAN

Friday, 14 April 2017


Menjawab tantangan terakhir event Blogger Muslimah Sisterhood yang sebentar lagi genap sebulan, kali ini kelompok kami mengangkat tema “Melihat Kelebihan Pasangan” yang diusulkan oleh Ukhti Anggarani Ahliah Citra. Maka, saya akan menulis tentang kelebihan pasanganku. Mohon maaf kalau ada kesan pamer. Namanya juga memuji, pastinya disebutkan yang indah-indah bukan? Kalau disebut yang jelek-jeleknya itu sih namanya menghina. Hihihi.

9 HAL NGANGENIN DI BULAN RAMADHAN

Sunday, 9 April 2017


Bulan Ramadhan sebentar lagi akan menyapa umat islam. Bulan penuh berkah, yang didalamnya ada hari yang nilainya  lebih baik dari seribu bulan. Bulan yang kedatangannya selalu dinanti-nantikan umat muslim sedunia.

3 KEJADIAN TAK TERLUPAKAN

Sunday, 2 April 2017


Punya kejadian yang tak terlupakan? Kalau saya, banyak. Ada kejadian lucu yang kalau diingat kembali bikin senyum-senyum sendiri. Ada kejadian menyedihkan yang kalau diingat kembali bikin mata berkaca-kaca. Ada juga kejadian menggembirakankan yang kalau diingat jadi mau lagi dan lagi, pengen terulang kembali. 

RUMAH BERSIH DAN NYAMAN TANPA TIKUS

Tuesday, 28 March 2017


Bau bangkai

Kedamaian pagi hari terusik dengan bau busuk yang mengacaukan indera penciuman. Tidak salah lagi, ini pasti bau bangkai tikus. Tikus-tikus yang sudah lama ikut menghuni rumah bersama kami.

Kehadiran sekawanan tikus yang semakin hari semakin tumbuh subur di rumah kami tentu saja sangat meresahkan. Bagaimana tidak, rumah menjadi kotor dan jorok akibat kehadirannya. Belum lagi barang-barang lain menjadi rusak digerogoti hewan pengerat tersebut.

5 MASAKAN RUMAH YANG BIKIN KANGEN

Saturday, 25 March 2017


Kali ini saya menulis untuk menjawab tantangan mba Saptorini, Sang Penulis Tangguh dalam program Blogger Muslimah Sisterhood. Alhamdulillah, program ini sudah memasuki pekan kedua. Artinya, sudah dua pekan para member Blogger Muslimah nge-blog asyik bareng.

KIAT MENGHADAPI BAYI BARU LAHIR YANG MALAS MINUM ASI

Thursday, 23 March 2017


Putra pertamaku, Abdullah lahir beberapa saat menjelang adzan maghrib berkumandang. Kontraksi yang telah kualami sejak pagi dan terus meningkat rasa sakitnya membuat suami dan mertuaku segera membawaku ke puskesmas usai shalat dzuhur. Seperti rencananya, aku akan melahirkan di puskesmas yang memang menyediakan rawat inap untuk ibu melahirkan.  

SIAPA BILANG BELAJAR MENGENDARAI MOBIL GAMPANG?

Monday, 20 March 2017


Maaf Bu, kalau boleh tahu, sejak kapan bisa mengendarai mobil?” tanyaku iseng pada pengemudi yang duduk tepat di depanku.

Sore itu aku dan iparku menikmati layanan Grab sehabis berbelanja di Pasar Toddopuli, salah satu pasar tradisional di Kota Makassar. Pasar ini tidak terlalu jauh letaknya dari rumah kami. 

PADA SEBUAH BENTOR

Wednesday, 15 March 2017


Bentor merupakan singkatan dari becak motor. Sebuah sarana transportasi yang  merakyat. Kusebut merakyat karena selain murah juga mampu menjangkau ke berbagai sudut dan pelosok tempat. Lagipula karena digerakkan dengan tenaga motor jadinya bentor lebih cepat dibanding becak yang masih mengandalkan tenaga kayuhan kaki tukang becak.

SEORANG LELAKI DAN TAKDIRNYA

Sunday, 12 March 2017



Setiap manusia pastinya pernah merasakan kesedihan, kesukaran, kesempitan bahkan kehilangan. Itulah dinamika hidup. Tak ada manusia yang selama hidup di dunia hanya merasakan satu hal saja. Bahagia selamanya atau menderita selamanya.

7 LANGKAH MENANGANI TANTRUM

Saturday, 11 March 2017


Salah satu sumber ujian bagi orang tua adalah anak. Allah Subhanahu wata’ala berfirman yang artinya:  “Sesungguhnya hartamu dan anak-anakmu hanyalah ujian (bagimu), dan di sisi Allah-lah pahala yang besar” (QS. At-Taghabun:15).

AKU DAN HUJAN

Saturday, 25 February 2017



Dulu....aku suka sekali bila hujan turun membasahi bumi. Aku ingat,  saat  masih kecil, hujan merupakan sahabat terbaik yang membuatku sangat bahagia jika ia datang menyapa. Karenanya, jangan pernah berharap aku akan membawa payung ketika mendung tiba. Aku lebih memilih membiarkan sekujur tubuhku diguyur hujan meski baju, tas dan sepatuku akan basah karenanya.

SERBA SERBI MENGURUS PASPORT BAGI LANSIA

Friday, 24 February 2017



Pagi itu, sesuai kesepakatanku dengan mama, aku menuju Kantor Imigrasi Kelas 1 Makassar yang berada di Jalan Perintis Kemerdekaan. Mulanya, Mama berniat mengajakku ke Kantor Imigrasi yang berada di Jalan Sultan Alauddin karena lebih dekat dari rumah kami. 

LEBIH NYAMAN DENGAN BERJILBAB

Monday, 20 February 2017


Tulisan ini terdapat dalam salah satu bab  dalam buku antologi "The Miracle Of Hijab". Buku yang berisi kisah-kisah para muslimah yang akhirnya memutuskan untuk berhijab, menutup aurat sebagaimana perintah Allah dan Rasul-Nya. 

Tak Ada Alasan untuk Tak Liburan Kalau Tiket Pesawat Lion Air Sudah Di Tangan

Thursday, 16 February 2017


Di trimester awal tahun ini, ada rencana liburan kemana? Untuk kamu yang merasa kurang piknik, segeralah cek harga tiket Lion Air di Traveloka, karena kamu bisa mendapatkan harga yang murah dan kalau sudah ada tiket ditangan, bagaimana mungkin menolak untuk liburan, kan?

KARENA TANGAN DI ATAS LEBIH BAIK DARI TANGAN DI BAWAH

Tuesday, 7 February 2017


Alhamdulillah sejak dulu saya selalu berusaha untuk tidak pernah menyepelekan orang lain. Siapapun dia. Apa pangkatnya. Apa pekerjaannya. Berapa penghasilannya. Dan sebagainya.

BERUBAH BERSAMA INSTITUTE IBU PROFESIONAL (IIP)

Wednesday, 1 February 2017



Menjadi seorang ibu itu gampang.Tinggal hamil dan melahirkan, setelah itu jadi ibu deh

Anggapan itu menghinggapiku ketika masih gadis. Sebuah anggapan yang sepertinya lazim menghinggapi pikiran para wanita lajang.

OPTIMIS MEMBANGUN MIMPI

Thursday, 26 January 2017


"Tukang kompor" demikian julukan sahabat-sahabatku saat kuliah dulu. Julukan ini diberikan karena keahlianku ngomporin teman-teman yang sedang hopeless. Entah karena hasil ujian dapat E, tugas perkuliahan yang sulit, dosen killer maupun habis putus (baik karena diputuskan atau memutuskan). Repotnya...giliran saya yang hopeless, hikz gak ada yang semangatin. Huhuhu....

CINTA DALAM SEPIRING PISANG GORENG



Suamiku adalah penggemar berat pisang. Pisang apa saja. Mau itu pisang raja, kepok, ambon, emas pokoknya apapun jenisnya. Tapi dari semua jenis pisang yang paling digemarinya adalah pisang raja. Suamiku juga suka sekali dengan semua olahan pisang. Mau itu dibuat gorengan, direbus maupun dibuat cake, beliau suka semuanya. Tapi dari semua olahan itu yang paling disukainya ialah pisang goreng.

CERITA MUDIK MENEGANGKAN

Wednesday, 11 January 2017


Salah satu hal yang paling menyenangkan bagi para perantau adalah bisa pulang kampung dan merayakan lebaran bareng keluarga besar di sana. Ini pulalah yang senantiasa ditanyakan keluarga besar kami setiap kali kami harus kembali ke perantauan....

SEKOLAH DI TAHUN BARU

Sunday, 1 January 2017

Bangunan Sekolah Anakku 


1 Januari 2107 adalah hari pertama anak-anak masuk sekolah setelah sejak akhir November 2016 mereka semua menikmati liburan setelah berhasil naik satu peringkat jenjang pendidikan. Si nomor dua naik kelas III Sekolah Menengah (SMP), si nomor tiga naik kelas VI, si nomor empat naik kelas IV dan si nomor lima masuk Tadika (PAUD/TK nol kecil). 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...