Perjalanan Buku Nabi Muhammad The Real Motivator (Dari Pencarian Jodoh hingga ke Frankfrut)

Sunday, 16 October 2016

Diantara buku-buku lain yang ikut ke FBF 2016

Alhamdulillah, buku solo keempatku, Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wasallam The Real Motivator tahun ini mewakili genre buku non anak ikut dalam Frankfurt Book Fair 2016 di Jerman. Tentu saja, kabar ini sangat menggembirakan. Bagi seorang penulis, tak ada yang paling menggembirakan selain bukunya beredar luas serta dapat memberi manfaat untuk banyak orang.

Buku Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wasallam The Real Motivator merupakan buku motivasi yang diambil dari kisah hidup manusia paling mulia, Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wasallam. Beliau bukan hanya seorang nabi melainkan juga menjalankan banyak fungsi lainnya. Beliau adalah sang motivator dalam kepemimpinan, beliaulah sang motivator dalam keluarga, dalam kenegaraan, bahkan dalam berhubungan dengan tetangga. 

Maka betapa meruginya jika seseorang tidak menjadikan beliau  sebagai motivasi, sang  motivator yang sebenarnya. Padahal Allah Subhanahu wa taala sendiri telah menyebutkan bahwa beliaulah sang uswatun hasanah, contoh teladan terbaik.

Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasûlullâh itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allâh dan (kedatangan) hari kiamat dan Dia banyak menyebut Allâh [QS: Al Ahzâb/33:21]

Mencari Jodoh Yang Tepat

Perjalanan kisah buku ini dimulai sejak terjalinnya kerja sama antara saya dan pihak agensi naskah, Miyaz Agency. Mulanya pihak agensi menawarkan tema buku yang akan ditulis. Ketika saya menyanggupi, saya kemudian diminta membuat contoh tulisan berdasarkan outline yang telah ada.

Setelah contoh tulisanku dirasa cocok, pihak agensi kemudian memberi waktu sekitar sebulan untuk pembuatan naskah sebanyak 120 halaman. Karena ditiga pembuatan buku sebelumnya mekanismenya tidak jauh berbeda maka saya pun langsung menyanggupi deadline tersebut. 

Hingga tanggal deadline pun tiba, 30 Juni 2014. Sepertinya saya telah beberapa hari menyerahkan naskah sesuai kesepakatan. Alhamdulillah, pihak agensi masih menolerir keterlambatan tersebut. Setelah melalui beberapa kali revisi, di tanggal 10 Oktober 2014 sebuah kabar tidak mengenakkan menyapaku. Naskah buku ini ditolak penerbit dengan beberapa pertimbangan.

Sesak, sedih bahkan hampir putus asa, itu pasti. Bukan apa-apa sih, saya merasa gimana gitu. Kok naskah ini ditolak justru setelah semuanya rampung. Kok tidak dari kemarin-kemarin. Padahal naskah ini sudah beberapa kali mengalami perombakan demi memenuhi kriteria penerbit.

Ini adalah penolakan pertamaku. Hufh, akhirnya saya merasakan juga pedihnya ditolak. Selama ini, tiga perjalanan naskahku menjadi buku berjalan lancar sejak masih diajukan sebagai judul hingga berwujud buku.

Alhamdulillah, pihak agensi tetap menyemangatiku. Mereka meminta kesediaanku, apa masih bersedia sekiranya naskah ini diajukan ke penerbit lain. Tentu saja aku menyetujui tawaran tersebut.

Meski sedih namun saya tidak mempunyai waktu untuk berlama-lama bermuram durja. Deretan deadline menungguku. Ya udah, saya fokus ke kerjaan yang ada saja.

Di penghujung tahun 2014 pihak agensi mengabarkan kalau naskahku diterima di penerbit lain, alhamdulillah mereka suka.  Saya pun langsung diminta untuk merevisi beberapa bagian kecil.

Dan tanggal 3 Maret 2015, pihak agensi mengabarkan kalau buku terbaruku telah siap terbit dan akan berada di toko Gramedia sejabotabek mulai tanggal 30 Maret 2015 dengan harga Rp 99.000. Saat itu pihak agensi memperlihatkan gambar kaver buku. Masya Allah,   cantik sekali. Saya langsung jatuh cinta dengan kavernya. Hard cover pulak. Keren……

Mulai deh, saya promosikan bukuku lewat sosmed sambil dag dig dug membayangkan seperti apa penampakannya kelak. Huah, rasanya gak sabar menunggu bukti terbitnya tiba di rumah.

Bertepatan di hari sabtu tanggal 11 april 2015, kami dari komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN) Makassar mendapat kesempatan menggelar acara sharing kepenulisan dengan para pengunjung Toko Buku Gramedia Mall Ratu Indah (MaRI) Makassar. Kebetulan hari itu merupakan season kedua yang merupakan giliranku dan Bu  Mugniar untuk sharing pengalaman kami di dunia tulis menulis.

Saya dan ketiga anakku yang tiba lebih awal di tempat acara kemudian berkeliling melihat-lihat koleksi buku. Tanpa sengaja kakiku melangkah ke bagian New Arrival, buku yang baru saja tiba. Tiba-tiba mataku menangkap sosok buku  berwarna gold. Ah, benarkah…

Ini buku baru tiba, Mba…” jelas karyawan toko buku yang sibuk menata buku-buku tersebut.

Ya Allah, ini bukuku…..” desisku. Saya pun mengambil satu dan bergegas menghampiri Bu Niar yang sedang mempersiapkan diri untuk mengisi acara sesaat lagi. Padanya kusampaikan kegembiraanku. Alhamdulillah, moment-nya kok pas banget. Pas sebentar saya menjadi salah seorang nara sumber pas buku terbaruku hadir di toko ini. Masya Allah.

Mengetahui hal itu, Niar pun menemui manajer toko buku dan meminta apakah boleh buku terbaruku ikut dipajang dalam rak yang berisi buku-buku karya anggota IIDN Makassar. Dengan senang hati mereka membolehkan. Dan acara pun berlangsung dengan baik dan cukup lancar.


Nominasi Buku Terbaik IBF 2016

Daftar Nominasi

Di awal Desember 2015, saya diberitahu Mba Mia bahwa buku Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wasallam, The Real Motivator akan diikutkan dalam pemilihan buku terbaik IBF 2016.

Rasanya tidak percaya. Saya pun berandai andai. Tapi ah sudahlah, bukuku diikutkan saja rasanya sudah luar biasa. Baca juga ….http://www.haeriahsyam.com/2015/12/mari-bermimpi.html

Dan….ketika diumumkan para pemenang buku terbaik IBF 2016, seperti dugaanku, bukuku bukanlah pemenangnya. Meski demikian, saya penasaran juga pengen tahu seperti apa sih acara IBF tersebut. Maka saya pun nyasar ke web-nya.

Saat itulah saya terpaku….Masya Allah, Allahu Akbar, ternyata buku Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wasallam, The Real Motivator tercatat sebagai satu dari lima nominasi buku terbaik IBF 2016 kategori non fiksi dewasa. Alhamdulillah.


Best Seller Kategori Religion


Berada di Deretan Best Seller

Siang itu bersama suami, kami mengunjungi toko buku Gramedia di Mall Panakukang (MP). Begitu masuk, langsung saja mataku mengenali sosok buku berwarna emas yang dipajang tepat di depan pintu masuk.

“Best Seller Religion” demikian tulisan yang ada di atas rak buku. Dan bukuku termasuk dipajang di rak tersebut. Artinya….

Bukuku best seller….” Seruku pada suami.

Masya Allah, girang banget. Sayangnya saat itu saya tidak membawa hp sehingga tidak bisa mengambil gambar. Rupanya suami juga tidak membawa hp-nya karena rencana kami memang hanya sebentar di toko buku tersebut.

Sepekan kemudian barulah saya berkesempatan kembali ke toko buku tersebut. Untung saja, bukuku masih masuk kategori best seller sehingga kehadirannya belum tergantikan. Alhamdulillah

Dan kembali kabar gembira mendatangiku. Buku ini dicetak ulang. Alhamdulillah.

Sila mampir ke sini... http://www.haeriahsyam.com/2016/06/motivator-andal-itu-ternyata-nabi.html

Diboyong ke Frankfurt Book Fair 2016

kaver buku

Frankfurt Book Fair (FBF)  yang akan digelar di Frankfurt, Jerman, 19-23 Oktober 2016 merupakan sebuah pameran buku internasional terbesar dan tertua. Untuk kehadiran Indonesia  tahun ini atas undangan dari Presiden Frankfurt Book Fair setelah tahun sebelumnya menjadi tamu kehormatan di acara tersebut.
Untuk tahun ini, Indonesia  menghadirkan  tiga venue, yakni Stand Nasional, Stand Buku Anak,  dan  Agora tenda khusus untuk Indonesia. Juga ada lima panggung yang akan diisi sejumlah narasumber.  Selain itu di sana juga akan dilakukan jual beli hak cipta yang langsung dilakukan oleh co-exhibitor dan para agen penerbit.
Masya Allah, semoga saja bukuku kembali menemukan jodohnya di sana. Kebayang kan kalau buku tersebut diterjemahkan ke dalam Bahasa asing. Semoga dengan begitu, orang-orang akan semakin tahu dan mengenal siapa Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wasallam. Dan setelah mengetahui keluarbiasaan beliau, orang-orang pun jatuh cinta pada beliau. Aamiin.
Akhirul kalam, sungguh tak ada yang saya inginkan dari hadirnya buku ini selain agar buku ini dapat bermanfaat bagi banyak orang. Semoga buku ini menjadi amal jariyahku nantinya. Amal yang tidak akan pernah putus meskipun jasadku telah menyatu dengan tanah. Karena  menulis adalah caraku menciptakan keabadianku.
Kuala Nerus, 15 Oktober 2016


Sumber :

https://m.tempo.co/read/news/2016/09/29/079808368/frankfurt-book-fair-2016-indonesia-boyong-300-judul-buku

 

 


 

12 comments:

  1. Mba.. Aku takjub deh, ternyata udah nulis beberapa buku dan buku tentang agama pula.. Keren. Jadi terinspirasi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, udah ada beberapa buku. Ayo nulis buku agama mba, insya Allah bisa jadi amal jariyah

      Delete
  2. Keren banget Mbak! Iih, jadi pengen baca bukunya. Itu kalo ke frankfurt book fair begitu dalam bahasa inggris tulisannya kah Mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mba dibeli bukunya, mudah-mudahan masih ada di Gramedia kalau gak bisa beli online

      Delete
  3. Masya Allah ...keren Mba...baru tahu ih ...semoga saya bisa mengikuti :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mba, gak nyangka juga tiba-tiba diberitahu kalau bukuku ikutan rombongan ke FBF. Aamiin.

      Delete
  4. Jadi inginnn mereview hahaha. Hebat mba, alhamdulillah ya. Allah mmg Maha Besar... jikalau sudah berkendak apapun JADI. Semangat terusss :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mba. Ayo mba direview ntar saya ditag ya.....

      Delete
  5. Subhanallah mbak, aku sampe terharu bacanya. Semoga bukunya bisa nemukan jodohnya disana ya.#kayak orang juga ya,hihihi..
    Keren pastinya Kalo sudah diterjemahkan

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...