CERITA NGE-BLOGKU

Friday, 14 October 2016


Pertama kali mengenal blog saat saya masih tercatat sebagai salah seorang pengajar di sebuah SDIT di Makassar di tahun 2011.  Waktu itu, Bu Asni, salah seorang teman guru,  menawarkan blog ketika saya menceritakan kesukaanku menulis. Saat bilang iya, maka detik itu juga Bu Asni segera membuatkanku email dan blog.
Maklumlah, saat itu saya belum akrab dengan dunia maya. Kesibukanku di sekolah dan  di rumah membuatku kesulitan membagi waktu, apalagi saat itu saya masih LDR-an dengan suami. Pfuh, terbayang kan repotnya.

Blog yang sudah dibuatkan Bu Asni itu seingatku hanya sempat saya isi tidak lebih dari lima tulisan. Tekadku untuk menjadikan blog semacam diary, tempat curhat-curhatan, saat remaja dulu menguap dihempas kesibukan. Akibatnya, blog-ku pun mati.

Saya kembali nge-blog ketika tinggal di Malaysia, sekitar tahun 2012.  Meski tidak terlalu aktif tapi saya sudah sempat memposting beberapa tulisan. Bahkan untuk mengaktifkan blog, saya memberanikan diri mengikuti tantangan menulis blog bersama komunitas blogger yang saya ikuti. Qadarallah, saat itu saya juga sedang digempur dengan kesibukan menulis beberapa buku. Jadinya nge-blog kembali dianaktirikan. Hikz

Semangat nge-blog kembali berkobar di tahun 2015. Alhamdulillah, berkat bergaul dengan teman-teman yang aktif nge-blog di komunitas, saya pun ikut bersemangat nge-blog. Meski masih kembang kempis diterjang factor m, malas, hehehehe.

Tulisanku saat ikut kompetisi menulis di blog http://www.haeriahsyam.com/2013/05/ngeblog-bikin-cerdas.html

Dan kini, saya kembali bertekad untuk menghidupkan kembali blog-ku. Sebagai bukti keseriusanku, saya pun mengganti domain blogku dari gratis menjadi berbayar. Ini dia….http://www.haeriahsyam.com.

Saat ini saya tengah belajar dan terus belajar untuk berusaha optimal di dunia blogger. Alhamdulillah, sarana untuk belajar sangat terbuka lebar. Tinggal kita, mau apa tidak mengambil ilmu yang tersebar tersebut, baik ilmu yang berbayar maupun free.
   
Terus terang, salah satu yang membuatku ingin kembali nge-blog adalah .... ngiler ngeliat peluang-peluang materi yang bisa diperoleh dengan nge-blog. Kebetulan nge-blog sangat dekat dengan passion-ku, menulis. Jadi mengapa tidak.....menjadi penulis yang nge-blog. Bukankah pekerjaan yang paling menyenangkan di dunia adalah hobi yang dibayar. Yap, I love writing. I can get satifaction plus material. Oh, it's a sound good.  



Alhamdulillah, meski masih jauh dari kata optimal namun blog-ku sudah bisa menghasilkan. Benar kata salah seorang master blog, salah satu jalan yang bisa ditempuh untuk mendatangkan rezeki ialah rajin meng-up load tulisan.  

Meski boleh dibilang masih bau kencur di dunia perbloggingan, namun saya ingin sedikit berbagi tips agar teman-teman blogger sudi mampir ke rumah maya kita. Senang kan kalau blog-nya banyak yang datangi. 

1. Bergabung dengan komunitas blogger/menulis
Bergabung dalam sebuah wadah komunitas tentu saja mempunyai banyak     manfaat. Selain mendapat kenalan juga mendapat ilmu yang biasanya   dibagikan secara gratis di group-group tersebut. Selain itu, komunitas juga bisa menjadi kompor , pemicu semangat menulis/nge-blog. Pastinya, saat melihat keberhasilan teman-teman di group kita juga terpacu untuk meniru/mengikuti jejak kesuksesannya. Asal jangan malah jadi minder aja, hehehe.


2. Aktif Mengisi Blog
Mengisi blog haruslah  dilakukan secara rutin oleh seorang blogger yang menginginkan blognya dikunjungi. Semakin sering semakin baik. Tentu saja, kasihan kan kalau ada blogger yang bw ke blog kita tapi ternyata postingan terbarunya satu tahun yang lalu. Duh, dijamin besok dia gak bakalan mampir lagi deh.

Satu lagi, jangan lupa untuk rajin dan sesegara mungkin menjawab komentar-komentar yang masuk. Ini akan membuat pengunjung senang dan merasa dihargai sehingga tidak kapok untuk datang lagi.

3. Rajin Blogwalking (BW)
Blogwalking  diibaratkan dengan menjalin sliaturrahmi dengan sesama
blogger. Bukankah salah satu manfaat silaturrahmi adalah menambah
rezeki. Nah, bw juga begitu. Semakin kita rajin bw, membaca dan meninggalkan jejak di postingan blogger maka akan semakin banyak juga
yang bw ke blog kita. Gak percaya? Coba saja buktikan sendiri.

4. Mengganti TLD (Top Level Domain) Blog
Untuk meneguhkan kesungguhan saya nge-blog, saya mengambil langkah berani (apaan sih…)  membeli domain baru untuk blog-ku. Alhamdulillah, alamat blog-ku sudah berakhiran .com kini.

Apa pentingnya sih blog berbayar, bukankah enakan yang gratisan. Jadi begini, selama ini saya juga teguh memegang prinsip kalau ada yang gratis mengapa harus berbayar. Namun ternyata prinsip saya itu tidak terlalu berlaku di sini. Buktinya, saya hanya bisa menggigit jari saat pemberi job memberikan syarat….harus TLD ya. Huah…..

Ya udah, hijrah ke yang berbayar deh. Kebetulan saat itu ada penyedia domain yang sedang promo. Jadilah, dengan modal Rp 59.000 saya pun mendapatkan alamat blog baru dengan berakhiran .com. Semoga berkah ya….

5. Men-Share Tulisan di Akun Sosmed
Punya fb, twitter, instsgram atau akun sosmed lainnya? Nah, semua itu merupakan sarana promosi yang sangat bagus untuk blog. Selain itu, tulisan kita juga bisa di-share di group komunitas yang kita ikuti.

6. Memilih Judul Yang Menarik
Peranan judul dalam sebuah tulisan mempunyai peranan yang sangat besar. Judul yang menarik merupakan daya pikat pertama, seseorang akan membaca tulisan kita. Karenanya sebisa mungkin carilah judul yang tepat untuk sebuah tulisan dan menarik tentunya.

7. Membuat Kartu Nama
Kartu nama ini berguna untuk memperkenalkan diri kita saat bertemu sesama blogger ataupun menghadiri undangan. Ide ini terbetik ketika saya menghadiri salah satu acara dan saat absensi, panitia bertanya apakah saya punya kartu nama. Nah dari situ saya berpikir perlunya seorang blogger mempunyai kartu nama. Selain terlihat lebih professional juga dapat memudahkan menjalin hubungan yang lebih jauh (sst, bukan hubungan terlarang, lho) 


Menjadi Blogger Keren


Kayaknya hampir semua blogger pengen tampil keren. Menurut Mak Diah Kusumastuti  blogger  perlu tampil keren baik dari segi penampilan diri maupun tampilan bloggernya. Blogger perlu keren untuk menarik perhatian pengunjung blog (pembaca) dan brand (perusahaan).

Sepakat, penampilan keren seorang blogger memang diperlukan jika ingin terlihat lebih profesional. Untuk tampilan diri, keren menurutku  cukuplah dengan rapi, bersih dan sopan. Kalau tampilan serba branded malah menurutku bukan keren tapi mewah.

Demikian juga untuk tampilan blogger, mestilah keren. Keren menurutku ya setidaknya pengunjung yang mampir ke blog-nya menjadi  betah, nyaman dan adem. Blog yang tampilannya terlalu ramai malah bikin pusing. Satu lagi,   isi blog haruslah selalu di up date dan mengangkat tema-tema ringan namun menarik hati. Jangan lupa, untuk komen tolong dong pengunjung dipermudah. Terus terang saya paling malas kalau udah baca terus mau komen tapi malah diminta macam-macam untuk verifikasi. Kalau sudah begini, biasanya saya langsung cabut. Daripada puyeng, hehehe.

So, bagaimana dengan diriku? Kalau saya sih....masih jauh, masih belajar sana sini. Comot ilmu dimana-mana. Mudah-mudahan suatu hari nanti saya bisa masuk dalam deretan blogger keren. Tolong diaminkan ya teman-teman....Aamiin.

Tulisan merupakan tanggapan atas tulisan Mak Diah yang dimuat di ... http://emak2blogger.com/2016/10/05/blogger-masa-kini-dituntut-keren/


36 comments:

  1. Ah jadi inget perjalanan dari awal kenal blog pas SMA sampai sekarang :) Semangat terus nulisnya Mbak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya dulu SMA belum ada blog, curhat-curhatannya pakai diary aja. Tetap semangat nge-blog....

      Delete
  2. tulisan tips blognya mba bagus nih asik bacanya, btw aku jarang bw nih mbak, tapi sekalinya bw pasti ninggalin komen. kartu nama ya.. dulu aku pernah ditanyain juga hahah, tapi ga ada karena aku pikir belum perlu tapi suatu saat nanti penting juga ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kartu nama penting lho buat blogger yang mau lebih profesional di bidang ini. Kemarin di BP ada promo pembuatan kartu nama gratis, sayang saya gak kebagian...

      Delete
  3. Kalau saya sebetulnya ngeblog sudah dati tahun 2008. Tapi ya itu dia, masih suka bergerilya kemana-mana. Buat blog banyak nggak tahunya ya cuman koleksi aja.

    Sejak gabung di komunitas blogger, saya lumayan agak semangat ngeblog lagi. Tapi ya kadang suka moody. Hihihi. Kalo saya sejauh ini memang belum niat monetize, berjalan nyantai aja dulu sambil belajar karena ilmunya cetek. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. awalnya saya nge-blog juga buat senang-senang aja tapi gara-gara ikut terkompori dengan teman-teman blogger jadinya saya bela-belain belajar nge-blog meski sampai sekarang ilmunya masih sangat cetek.

      Delete
  4. Waaaahhhh, yang nomor 7 beluuummm...
    Makasih ya mbak tipsnya, semangaaaaatt!!! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo bikin kartu nama mba........terima kasih udah mampir

      Delete
  5. mantep tulisanya, enak dibaca,, terus berkaryaa biar banyak yg ngrasain manfaatnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih. Semoga kita diberi kemudahan untuk senantiasa menyebar kebaikan....

      Delete
  6. Saya ngeblog sejak 2007. Tapi sekian tahun ngeblog baru tau peluang itu belum lama juga hehehe

    ReplyDelete
  7. yang penting harus segera memanfaatkan peluang itu ya mba.... asyik kan bisa ngalor ngidul nulis dan menghasilkan pula. Sambil menyelam minum air (asal jangan kembung aja, hehehe)

    ReplyDelete
  8. Saya juga belum punya kartu nama, Mbak. Kemarin pas ada tawaran di BP itu saya mikirnya belum perlu, belum pede, siapalah saya sebagai blogger, hehe..
    Tapi kalau dipikir ulang emang perlu juga ya, Mbak.
    Makasih atas tanggapan dan tipsnya, Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. meski masih blogger newbie tapi pd aja mba, ayo bikin kartu nama

      Delete
  9. Selamat ya sudah dot.com
    Kalau penulis buku ngeblog, saya yakin konten2 nya oke :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, kebetulan kemarin ada promo murah ya udah ambil aja. Saya pun masih terus berusaha belajar, alhamdulillah ilmu nge-blog banyak betebaran di internet.

      Delete
  10. Kartu Namaaa.. dari dulu pengen bikin, belum jadi sampai sekarang. Padahal Kendari belum pernah ada undangan gathering atau resmi dari sebuah brand lho. Pengen buat aja biar lebih siap. Entah kapan eventnya ada. LOL

    ReplyDelete
    Replies
    1. dibikin aja mba irly jadi nanti kalau ada event blogger di Kendari, Mba Irly tinggal perlihatkan kartu namanya. Keren...

      Delete
  11. Semua sudah saya lakuin mbak sejak bertekad untuk serius jadi seorang blogger kecuali point ke 7, belum punya kartu nama. :D

    ReplyDelete
  12. Ngeblog itu memang menyenangkan ya mba, aku sampai gak bis move on dari ngeblog, hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga lagi senang-senangnya nge-blog. Asyik ternyata...

      Delete
  13. Eh sama kita Mak. Aku juga baru aktif ngeblog (lagi) tahun 2015. Moga2 banyak manfaat yang kita dapat dari ngeblog ya mak, enggak cuma dapat materi tapi juga hal2 lain seperti relasi dll :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Alhamdulillah, bw-an ternyata bikin banyak teman, nambah silaturrahmi. silaturrahmi kan memudahkan rezeki, jadi....(kok balik ke materi lagi, seeeh)

      Delete
  14. Dapat banyak ilmu dari tulisanmu ini mbak Haeriah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, senangnya kalau bisa bermanfaat

      Delete
  15. saya ngeblog dari 2010- 2011 pas itu isinya banyakan curhatt tapi lebih seneng sekarang sih karena udah ada komunitas jadi ga sepi dan bisa mampir ke blog yang lain sambil baca curhatan yang lain

    http://blueskyandme.com/2016/10/20/how-to-create-insta-worthy-selfie/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blog-ku pun banyakan masih curhat-curhatan, maklum emak-emak, hehehe. Setuju, komunitas memang bikin hidup jadi rame.....

      Delete
  16. Aku baru banget ngeblog mba masih merangkak untuk bisa berjalan mulus hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaan mba, meski udah lama nge-blog tapi masih harus belajar banget dari para master blog.

      Delete
  17. Saya juga mulai menerapkan beberapa hal di atas, Mak. Semoga makin semangat ngeblognya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Iya nih semoga semakin bersemangat....

      Delete
  18. Saya juga baru setahun ini ganti ke dotcom Mbak, tergiur krna lihat blogger2 lain yg pada bisa menghasilkan dari blognya. Pengen jd blogger keren juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mba, semoga kita bisa ikutan jadi blogger keren....

      Delete
  19. Semangat jadi blogger keren dan kece mba! passion yang menghasilkan itu rasanya bikin "nagih" hehehhee salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nge-blog memang bikin nagih. Salam kenal juga mba, terima kasih udah mampir

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...