BALADA BIJI SELASIH

Tuesday, 7 June 2016




Baru kali ini nemu biji selasih kering. Eh dua kali ding. Pertama, sewaktu masih di Makassar. Waktu itu adik mau aqiqahan dan salah satu menu wajib ada adalah es buah dan tentu saja biji selasih adalah salah satu bagian penting yang dapat mempercantik tampilan es buah.

Sayangnya, waktu itu saya tidak sempat menanyakan bagaimana mengolah biji selasih itu. Saat itu saya merasa tidak penting karena selama ini saya mengkonsumsi biji selasih yang ready to use, jadi tinggal tuang. Crut, cantik deh es buahnya. Tidak usah susah-susah lagi.


Dan, karena membayangkan tampilan cantiknya si bji selasih, saya pun memasukkan beberapa ons biji selasih ke dalam plastik bening yang telah disediakan. Saya belum berpikir bagaimana harus mengeksekusinya.

“Gampang, nanti tinggal telpon adik aja tanya bagaimana mengolahnya” pikirku saat itu.
tampilan biji selasih kering


Dan….di hari pertama Ramadhan, saya pun berniat mengeksekusi biji selasih ini. Niat menelpon adik pun kuurungkan. Saya lebih memilih bertanya pada mba Goggle, si Mr Tahu.

Sayangnya, browsing sana sini saya gak nemu cara mengeksekusi biji selasih kering. Yang ada malahan cara mengolah plus khasiatnya. Duh…gimana nih.
Sempat sih nekat mau trial and error.   Cobain ala masak agar-agar yaitu biji selasihnya dimasukkan bersamaan dengan air trus mendidih dan masak bersamaan. Atau dimasak ala sagu mutiara yaitu air didihkan terlebih dahulu setelah itu baru dimasukkan biji selasihnya.

Alhamdulllah, belum sempat saya memilih satu diantara dua cara tersebut. Saya menemukan cara mengeksekusi biji selasih kering. Meski sempat ragu tapi tak ada salahnya dicoba.

Maka saya pun mencoba cara tersebut. Saya mengambil sejumput biji selasih. Sedikit saja biar kalau eksperimennya gagal gak rugi. Biji selasih tersebut saya rendam di dalam mangkuk. Airnya juga secukupnya sekitar setengah mangkuk.
ambil sedikit saja buat percobaan


Setelah itu saya membiarkannya. Dan, beberapa menit kemudian biji selasih itu   berkembang sesuai apa yang saya harapkan. Alhamdulillah, saya berhasil mengeksekusi biji selasih kering hingga siap untuk digunakan.
Alhamdulillah, eksekusinya berhasil

Walah, ternyata gampang banget mengeksekusi biji selasih kering. Cukup direndam dan setelah itu biji selasih akan membesar sendiri dan siap untuk digunakan. Ada yang mau coba?







No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...