SESI PAMUNGKAS SHARING KEPENULISAN Bersama Penulis IIDN Makassar

Friday, 29 May 2015

Alhamdulillah, akhirnya acara sharing kepenulisan kerjasama IIDN Makassar dengan TB Gramedia MaRI Makassar tiba di penghujungnya. Acara yang digelar di sabtu siang, dimulai pukul 13-15 sore tanggal 9 Juni 2015 berlangsung di bagian depan TB Gramedia MaRI Makassar. 

Spanduk Sharing Kepenulisan  Bersama Penulis IIDN Makassar

Di acara pamungkas ini, hadir dua orang pembicara. Pertama Ibu Marisa Agustina. Icha, demikian ia biasa dipanggil adalah seorang ibu dengan tiga anak merangkap sebagai mompreneur di bidang kuliner.  Dan, satu prestasi yang sangat membanggakan baru saja diraih Icha. Beliau adalah pemenang IBF Award 2015 untuk kategori fiksi anak  dengan novel anaknya Reisha si Pengusaha Cilik.

Pembicara kedua ialah  Ibu Abby Onety. Ibu Abby kesehariannya adalah seorang guru biologi di salah satu sekolah menengah atas. Ibu guru yang hobi traveling ini   baru saja  menelorkan antologi keduanya. Hebat kan, padahal beliau baru menjajal dunia kepenulisan lho.

Dan sebagai pemandu acara, kembali ibu ketua suku kita, ibu Mugniar Marakarma yang menjadi mc nya sebagaimana pada sharing kepenulisan sesi pertama.  Ibu ketua IIDN Makassar yang menurut pengakuannya lebih suka disebut  blogger ini juga punya segudang prestasi. Salah satunya sebagai blogger terfavorit di ajang Srikandi Blogger 2014. Keren juga, kan... 

Mugniar (pegang mic), Abby Onety dan Marisa Agustina


Acara sharing kepenulisan diisi dengan pemaparan kedua pembicara terkait keterlibatan mereka dalam dunia kepenulisan. Bergantian Ibu Marisa dan Ibu Abby menjawab pertanyaan yang dilontarkan mc seputar mengapa mereka menulis, karya yang telah dihasilkan, serta bagaimana membagi waktu dan mengatur mood.  

Setelah memaparkan beberapa hal, rupanya para peserta yang hadir mulai tidak sabaran untuk berdialog langsung dengan para pembicara. Hal ini terlihat dari antusias salah seorang peserta yang kemudian bertanya padahal sesi tanya jawab belum dibuka. Akhirnya, mc kemudian memintanya bersabar dan mempersilahkan pembicara menyelesaikan pemaparannya.

Acara semakin seru ketika sesi tanya jawab kemudian dibuka. Satu persatu peserta menuntaskan rasa ingin tahunya dengan melontarkan pertanyaan. Salah satu pertanyaan yang cukup menarik ialah bagaimana menjaga membagi waktu untuk bisa tetap menulis. Maklum kedua pemateri boleh dibilang mempunyai jadwal kegiatan yang cukup ketat. Ibu Marisa, sebagaimana telah disebutkan di atas, adalah seorang irt dengan tiga anak serta seorang mompreneur dibidang kuliner. Sementara ibu Abby adalah seorang guru dengan jam terbang yang cukup tinggi. Selain mengajar mata pelajaran biologi ternyata beliau juga aktif mendirikan eskul jurnalistik di sekolahnya. Keren deh, kedua ibu kita ini.

Dengan lugas, kedua pembicara menjawab semua pertanyaan tersebut.  Terlihat bagaimana ibu Abby dengan antusias menjelaskan bahwa sesibuk apapun, ia akan menyempatkan diri untuk menulis. Meski demikian, ia tidak akan menulis di sela-sela pekerjaannya sebagai seorang pengajar. Bagaimanapun ia harus profesional. Jam-jam mengajar memang dipergunakannya full untuk para siswanya. Good teacher.

Lain lagi dengan ibu Marisa dalam menjawab pertanyaan tersebut.  Sebagai seorang irt dan mompreneur ia baru bisa menyalurkan hobi menulisnya setelah anak dan suami berada di tempat aktivitasnya masing-masing.  Sesekali mc juga ikut berbagi pengalaman untuk melengkapi jawaban dari para pembicara.

Kedua Pembicara Menjawab Pertanyaan Dengan Antusias

Dan…..sesi tanya jawab ditutup dengan sangat manis. Masing-masing peserta mendapat hadiah sebuah  buku yang disponsori oleh salah seorang anggota IIDN Makassar yang juga menjadi salah seorang pembicara di acara sharing kepenulisan sesi pertama, Umma Azura. Alhamdulillah.

Di akhir acara, Ibu Abby Onety menghadirkan sebuah tantangan untuk para peserta. Para peserta diminta membuat tulisan mengenai acara sharing kepenulisan yang baru saja berlangsung. Peserta dengan tulisan terbagus, yang penilaiannya sepenuhnya diserahkan pada Ibu Mugniar, akan mendapatkan sebuah buku. Buku tersebut adalah……Sakitnya tuh gak di sini. Oh ya, batas pengiriman sampai 31 Mei 2015. Ayo buruan ikutan….

Buku Untuk Pemenang Lomba

Akhirnya, selesai sudah acara sharing kepenulisan sesi keempat sekaligus sesi pamungkas dari empat rangkaian sesi sharing kepenulisan yang telah diadakan sejak ….. Semoga acara ini membawa manfaat bagi kita semua. Dan sampai jumpa di event-event IIDN Makassar selanjutnya. Jangan lupa untuk .....Teruslah Menulis.

Tulisan diikutkan dalam lomba mereview kegiatan Sharing Kepenulisan di TB Gramedia MaRI Makassar.Info selengkapnya ada di sini...

http://iidnmakassar.blogspot.com/2015/05/tantangan-menulis-di-sharing-kepenulisan-bersama-penulis-iidn-makassar.html





No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...