Catatan dari SHARING KEPENULISAN IIDN MAKASSAR

Friday, 3 April 2015

Alhamdulillah, kopdar IIDN Makassar kali ini lain dari biasanya. Memang biasanya bagaimana? Kalau biasanya kita kopdaran di rumah salah seorang anggota IIDN, masing-masing bawa makanan sendiri, trus ngobrol seputar penulisan (ya, iyalah namanya juga ibu-ibu doyan nulis.....). Udah itu aja.

Nah, kopdar yang lain dari biasanya ini berlangsung di TB Gramedia Mall Ratu Indah yang ada di jalan Ratulangi. Kopdarnya berlangsung di hari sabtu tanggal 28 maret 2015 dari jam 13 lebih sedikit hingga jam 15.00 wita. 


Sharing Kepenulisan IID Makassar


Kenapa di TB Gramedia? Begini, toko buku keren itu ternyata beberapa waktu yang lalu punya program sharing bareng komunitas. Nah salah satu komunitas yang diberi kesempatan sharing ialah IIDN Makassar. Tidak tanggung-tanggung, kita diberi 4 kali kesempatan untuk lebih mengenalkan IIDN pada  masyarakat Makassar dan sekitarnya.

Nah, di kesempatan pertama sharing kepenulisan bareng IIDN Makassar ini tampillah 3 penulis Makassar yang cantik-cantik (tentu saja, namanya juga ibu-ibu kalau bapak-bapak ya ganteng-ganteng seri….eh gak pake seri deh). Ketiganya bercerita tentang pengalaman mereka selama berkecimpung di dunia kepenulisan.

Sebagian buku IIDN Makassar yang berhasil mejeng di TB Gramedia


Acara yang dipandu oleh mc yang juga tidak kalah cantik, ibu Mugniar, dimulai dengan mengenalkan ketiga penulis tersebut. Dimulai dari ibu cantik, Arniyati Saleh. Ibu lulusan Fakultas Sastra UNHAS ini bercerita tentang buku antologi terbarunya yang turut meramaikan TB Gramedia, Boneka Kuntilanak. Hih, seram ya melihat judulnya? Jangan takut, di dalam buku ini masih banyak kok cerita-cerita seram lainnya. Hihihi…..

Dalam buku ini Arniyati menyumbang 3 buah cerita yang dibuatnya dalam waktu yang cukup singkat. Cerita flash fiction memang cukup singkat, sesuai dengan namanya. Tapi bukan berarti gampang lho menulis cerita kategori flash fiction. Gak percaya, coba bede bikin…..

Penulis kedua ialah Diena Rifa’ah dengan buku Merajut Benang Cahaya. Keren kan judulnya? Alumni Fakultas Farmasi UNHAS ini kesehariannya lebih tertarik dengan dunia kepenulisan ketimbang berjibaku dengan obat dan bahan kimia. Selain sebagai penulis buku, Diena juga merangkap sebagai seorang copy writer.

Di kesempatan ini, Diena berbagi cerita tentang perjalanan bukunya dari penerbit indie menjadi major. Buku Merajut Benang Cahaya mulanya diterbitkan penulisnya secara indie di Penerbit LeutikaPro. Seiring waktu, buku ini akhirnya masuk di penerbit major sehingga bisa ikut bertengger di TB Gramedia. Bersanding dengan buku-buku lainnya di toko buku terbesar di negeri ini.

Penulis ketiga ialah Umma Azura. Alumni Fakultas Tekhnik UNHAS ini sebagaimana Diena, lebih mencintai dunia kepenulisan ketimbang dunia tekhnik sebagaimana latar belakang pendidikannya. Umma Azura adalah Penanggung Jawab (PJ) buku antologi Storycake For Positive Thinking. Sebuah buku yang mengangkat kisah-kisah inspiratif keajaiban berpikir positif.

Di kesempatan ini, Umma bercerita tentang tugas seorang PJ. Dalam keseharian, Umma  juga merangkap sebagai  seorang contributor sebuah media islam serta sebagai copy writer.  
Usai bercerita tentang pengalaman para penulis, mc juga memberi kesempatan audience untuk bertanya. Audience yang terdiri dari anggota IIDN Makassar sendiri  ditambah para pengunjung toko  buku serta adik-adik dari SMA Nasional Makassar itu terasa semakin menyemarakkan acara spesial ini.

Ternyata menulis itu mengasyikkan


Add caption


Dan….para penanya diberi kejutan manis. Setiap penanya masing-masing akan diberikan satu buah buku oleh Umma Azura. Alhamdulillah, senangnya. Sudah diberi jawaban eh dikasi lagi buku. Terima kasih Umma Azura….

Akhirnya acara keren itu harus berakhir juga. Tepat pukul 3 siang (ehm, lebih sedikit sih), mc keren, si Mamak Blogger, Mugniar Marakarma menutup acara ini. Terima kasih pada ketiga penulis keren kita, pada pihak TB Gramedia MaRI, para pengunjung serta adik-adik dari SMA Nasional.

Psst, jangan sedih dan jangan bimbang. Acara sharing kepenulisan ini belum berakhir. Masih ada 3 acara sharing kepenulisan lagi. Di kesempatan berikutnya akan hadir penulis-penulis yang  tidak kalah keren yang siap berbagi pengalaman. Jadi, jangan lupa untuk datang dua minggu lagi. Pertemuan berikutnya insya Allah tanggal 11 April 2015. Kami tunggu ya….


Jadwal Sharing Kepenulisan Bersama IIDN Makassar


So, siapa bilang ibu-ibu tidak bisa menulis? Kami buktinya……
 
Sesi foto-foto usai acara




2 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...