Bekal Mendongeng Untuk Anak

Tuesday, 28 January 2014

Judul: 50 Cerita Klasik Nusantara dan Dunia Paling Inspiratif (Untuk Menanamkan Kasih Sayang dan Sifat-Sifat Baik Pada Anak)
Penulis: Indri Noor, dkk
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: 2012
Halaman: 250
ISBN: 978-979-22-8702-8






 Mendengarkan dongeng adalah salah satu kegiatan yang paling disukai anak. Rasanya tak ada anak yang tidak suka dengan dongeng. Apalagi bila pendongeng tersebut mampu memainkan berbagai karakter yang ada dalam dongeng dengan bermacam suara, intonasi maupun mimik wajah yang sesuai dengan cerita yang dibawakan.
Salah satu penunjang untuk membacakan dongeng untuk anak ialah buku dongeng. Nah kini para orang tua yang ingin membacakan dongeng untuk buah hatinya tak perlu risau. Telah terbit lagi satu buku dongeng yang siap menjadi bahan rujukan anda untuk mendongeng untuk anak-anak tersayang.
Buku 50 Cerita Klasik Nusantara dan Dunia Paling Inspiratif (Untuk Menanamkan Kasih Sayang dan Sifat-Sifat Baik Pada Anak) dibagi menjadi dua tema. Bagian pertama bertajuk Legenda Klasik Nusantara dan bagian kedua bertajuk Cerita Klasik Dunia.

Pada bagian pertama yang bertajuk Legenda Klasik Nusantara memuat 25 cerita dongeng klasik yang berasal dari tanah air. Beberapa diantaranya sangat familiar karena telah sering ditemukan ceritanya, baik itu lewat media maupun dari mulut ke mulut. Dongeng dari nusantara ini dimulai dari kisah Sangkuroko dan Sangkurai, Semangka Emas, Asal Usul Telaga Warna Merdada Dieng, dan seterusnya. Termasuk    dongeng terkenal Kisah Bawang Putih dan Bawang Merah, Legenda Kota Banyuwangi, Lutung Kasarung, atau Kisah Keong Mas. 

Sedang untuk bagian kedua yang bertajuk Cerita Klasik Dunia, juga menampilkan  25 kisah dari belahan dunia. Dimulai dari kisah Si Cantik dan Si Buruk Rupa, Pangeran dan Kacang Polong, Enam Angsa Jelmaan Putra Raja dan seterusnya. Tak lupa ada kisah putri berambut panjang Ranpuzel  serta dua bersaudara Hanzel dan Gretel dalam buku ini.
 
Membaca buku dongeng memang mengasyikkan. Imajinasi seakan dibawa ke negeri Antah Berantah. Negeri yang segala yang  tak mungkin bisa saja terjadi. Bahkan hal yang tidak realistis sekaligus. Yah, namanya juga dongeng.  

Dengan ke 50 dongeng yang dihadirkan dalam buku ini merupakan modal yang cukup untuk membacakan dongeng untuk anak. Apalagi di setiap akhir cerita diselipkan sebuah pesan moral yang dipetik dari kisah dongeng yang telah diceritakan sebelumnya. Jadi, sekarang tak ada lagi alasan menolak mendongeng untuk anak. Mari mendongeng.....


6 comments:

  1. Mari mendongeng, buku yang bagus untuk para ibu muda :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, saat ini sudah banyak buku2 dongeng beredar di pasaran, Bagus-bagus lagi...

      Delete
  2. meski bukan anak2.. sy jg suka baca dongeng2 hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. membaca dongeng memang mengasikkan mba Binta...

      Delete
  3. aku penasaran kisah angsa jelmaan putra raja. huhu, keknya belum pernah baca :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo diintip bukunya biar bisa tahu ceritanya....

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...